Sukses

Profil dan Fakta Menarik Darma Mangkuluhur, Putra Tommy Soeharto yang Dikabarkan Tengah Bangun Lapangan Golf Rp1,2 Triliun

Darma Mangkuluhur menjadi perhatian publik karena rencananya untuk membangun lapangan golf dengan nilai proyek mencapai Rp1,2 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Darma Mangkuluhur, anak sulung dari keluarga Tommy Soeharto, kini sedang menjadi sorotan publik setelah kabar mengenai rencananya untuk mengalokasikan dana sebesar Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Rencana investasi tersebut direncanakan akan dilaksanakan melalui PT Intra Golflink Resorts (IGR), sebuah perusahaan di mana cucu Soeharto tersebut menjabat sebagai komisaris. Sebelumnya, Darma Mangkuluhur telah memiliki tiga lapangan golf, yaitu Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

Penasaran dengan sosok Darma Mangkuluhur? Berikut adalah profil dan fakta menarik tentangnya yang disusun pada Jumat (19/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Profil Darma Mangkuluhur

Darma Mangkuluhur Hutomo adalah anak sulung dari Tommy Soeharto dan Ardia Pramesti Regita Cahyani, yang dikenal sebagai Tata Cahyani. Lahir pada tanggal 8 Agustus 1998, saat ini Darma telah berusia 25 tahun.

Dikabarkann bahwa Darma memiliki pasangan bernama Patricia Schuldtz, seorang bule yang bekerja sebagai DJ dan influencer. Tidak hanya itu, Darma juga dikenal memiliki semangat petualangan yang besar. Kegiatan traveling dan berwisata bersama teman-temannya kerap terlihat dilakukannya.

3 dari 11 halaman

Pendidikan Darma Mangkuluhur

Darma menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di Overseas Family School, Singapura, pada 2016. Setelah itu, pada tahun 2019, ia lulus dengan gelar sarjana dari EU Business School di Barcelona, Spanyol.

4 dari 11 halaman

Sukses di Usia Muda

Darma, yang berasal dari keluarga Soeharto, memiliki keuntungan menerima warisan kekayaan dan jaringan bisnis dari Keluarga Cendana. Saat ini berusia 25 tahun, Darma telah terlibat dalam berbagai jenis usaha bisnis, baik yang diwarisi dari ayahnya maupun yang dikelolanya sendiri.

Salah satu usaha yang sedang dijalankannya adalah Lounge In The Sky Jakarta, sebuah restoran fine dining pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman makan mewah di ketinggian lebih dari 50 meter. Selain itu, Darma juga memiliki Boca Rica Tapas Bar & Lounge, sebuah restoran dengan tema Spanyol.

5 dari 11 halaman

Warisi Bisnis sang Ayah

Darma kini menempati jabatan sebagai anggota dewan di PT Wisma Purnayudha Putra, perusahaan properti yang dimiliki oleh Tommy Soeharto yang tanggung jawabnya meliputi pengelolaan Mangkuluhur City Office Tower.

Selain itu, Darma juga menjabat sebagai Presiden di PT Humpuss Land, sebuah perusahaan yang bergerak dalam sektor properti, konstruksi, dan real estate. PT Humpuss Land merupakan bagian dari Humpuss Group.

6 dari 11 halaman

Punya Hobi di Dunia Balap

Selain mengurus bisnisnya, Darma juga mencapai kesuksesan dalam dunia balap. Sejak berusia 6 tahun, Darma Mangkuluhur telah menjadi bagian dari Junior Racing Team di bawah naungan Humpuss Group, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Tommy Soeharto.

Kiprahnya sebagai pembalap sungguh cemerlang, mengikuti berbagai kompetisi dan kejuaraan balap baik di tingkat nasional maupun internasional. Di antaranya mencakup Asia Karting Open Championship (2012), Asia Formula Renault 2.0 Enduro Race (2013), dan 6 seri Asia Cup Formula Master (2014), Asian Renault (2015) dan balapan nascar Renault Clio (2015).

7 dari 11 halaman

Tommy Soeharto Punya Anak Berapa?

Di Masjid At-Tin di Taman Mini Indonesia Indah, Tommy, yang berusia 34 tahun, menikah dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani, yang biasa dipanggil 'Tata', yang saat itu berusia 22 tahun, pada tanggal 30 April 1997. Tata adalah keturunan Mangkunegara V. Pasangan ini dikaruniai dua anak, yaitu Dharma Mangkuluhur dan Radhyana Gayanti Hutami.

8 dari 11 halaman

Mangkuluhur City Tower Milik Siapa?

Perusahaan properti eksklusif dan premium, Wisma Purnayudha Putra, berlokasi strategis di pusat Jakarta. Mangkuluhur City Office Tower menjadi salah satu aset yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan ini.

9 dari 11 halaman

Boca Rica Punya Siapa?

Darma juga mengoperasikan usaha restoran dengan gaya Spanyol yang dinamakan Boca Rica Tapas Bar & Lounge.

10 dari 11 halaman

Darma Mangkuluhur Sekolah di Mana?

Dharma menempuh pendidikan menengahnya di Overseas Family School, Singapura pada tahun 2016. Selanjutnya, ia melanjutkan studinya di EU Business School, Barcelona, Spanyol, dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2019.

11 dari 11 halaman

Saham Tommy Soeharto Apa Saja?

Beberapa dari portofolio saham Tommy Soeharto meliputi PT Fortune Indonesia Tbk. (FORU), PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk. (BSML), PT Maja Agung Latexindo Tbk. (SURI), dan PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.