Sukses

Ungkap Kepribadian Lewat Ilusi Optik, Otak Kiri atau Kanan yang Dominan

Ilusi optik dapat digunakan untuk menentukan sisi otak yang lebih dominan dan membantu memahami bagaimana individu memproses pikiran.

Liputan6.com, Jakarta - Otak manusia memiliki dua sisi, yaitu kanan dan kiri, yang memengaruhi cara berpikir dan memproses informasi. Ternyata, ilusi optik dapat digunakan untuk menentukan sisi otak yang lebih dominan dan membantu memahami bagaimana individu memproses pikiran.

Dengan mengetahui sisi otak yang lebih dominan, seseorang dapat memahami kekuatan dan kelemahan dalam pemrosesan informasi mereka. Selain itu, ilusi optik ini juga mengajarkan kita tentang keunikan setiap individu dan bagaimana cara mereka melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Salah satu ilusi optik yang menarik adalah gambar hewan yang dapat mengungkap sisi otak yang lebih dominan dan mengidentifikasi hewan apa yang pertama kali dilihat oleh individu.

Dalam ilusi optik ini, terdapat gambar yang menampilkan dua hewan, yaitu harimau dan monyet yang bergantung di dahan pohon. 

Jika tertarik untuk mengikuti tes kepribadian sederhana ini, Anda hanya perlu memperhatikan gambar di atas. Hewan apa yang pertama kali Anda lihat saat melihat gambar ini? Jawaban Anda dapat memberikan petunjuk mengenai sisi otak yang lebih dominan dan cara Anda memproses pikiran.

Ketahui jawabannya berikut ini seperti melansir dari Bright Side, Kamis (18/4/2024).

1. Jika Anda melihat monyet bergantung

Apakah Anda melihat monyet bergantung dalam ilusi optik tersebut? Jika ya, berarti otak bagian kananmu lebih aktif.

Orang-orang dengan otak kanan yang aktif cenderung memiliki kepribadian yang kreatif dan penuh dengan ide-ide inovatif. Mereka lebih mengandalkan intuisi ketimbang berpikir kritis saat menghadapi masalah.

Bagi mereka yang memiliki otak kanan yang aktif, setiap langkah dalam hidup dianggap sebagai pelajaran berharga, bahkan termasuk kejatuhan. Mereka menyadari bahwa perjalanan hidup lebih penting daripada tujuan akhir yang ingin dicapai.

Mereka adalah pemimpi yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Meskipun terkadang terjebak dalam dunia imajinasi, mereka juga memahami pentingnya berhadapan dengan kenyataan sesekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepribadian individu dengan otak kanan yang aktif

Terdapat beberapa ciri kepribadian yang umumnya dimiliki individu dengan otak kanan yang aktif:

  • Cenderung bersikap impulsif dalam mengambil keputusan. Anda memiliki kemampuan untuk mengambil pendekatan yang "out of the box" dan tidak takut untuk berpikir di luar batasan yang telah ditetapkan.
  • Sangat perhatian pada berbagai hal dan seringkali terjebak dalam proses "overthinking." Tindakanmu lebih didasarkan pada perasaan daripada logika.
  • Memiliki bakat yang luar biasa dalam bidang musik, seni dan segala kegiatan yang berhubungan dengan kreativitas. Anda mampu mengungkapkan diri melalui ekspresi artistik.
  • Tidak suka berpedoman pada buku panduan. Anda lebih memilih untuk menyelesaikan masalah berdasarkan intuisi yang mereka miliki.
  • Anda adalah pemimpi yang memiliki mimpi besar dalam hidup. Bagimu, mencapai tujuan hidup lebih penting daripada tujuan yang spesifik dan Anda berusaha dengan segala upaya untuk mewujudkannya.

 

3 dari 5 halaman

2. Jika melihat harimau pertama kali

Jika harimau adalah hewan yang Anda lihat pertama kali dari gambar tersebut, maka otak yang lebih dominan adalah sisi kiri Anda. 

Ini dapat berarti Anda adalah orang yang analitis, sangat berorientasi pada tujuan, dan sangat terorganisir. Saat menghadapi masalah, Anda lebih cenderung berpikir logis, kalkulatif, dan objektif.

Namun demikian, ada masa-masa saat Anda tahu telah membuat keputusan setelah banyak pertimbangan, kamu cenderung bersikeras. Anda sebaiknya mempertimbangkan pendapat orang lain.

Meskipun memiliki sifat analitis dan terorganisir, terkadang penting untuk mendengarkan sudut pandang orang lain agar dapat melihat masalah dari berbagai perspektif.

4 dari 5 halaman

Kepribadian individu dengan otak kiri yang lebih aktif

Ciri kepribadian individu dengan otak kiri lebih aktif, di antaranya:

  • Perencana, Anda cenderung bekerja dengan terorganisir dan mengikuti rencana yang telah Anda buat, seperti membuat daftar tugas.
  • Emosi dan perasaan tidak akan menghalangi Anda dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 
  • Anda juga memiliki bakat dalam bidang matematika, sains, dan pengurutan ide.
  • Anda realistis dalam menetapkan tujuan yang dapat tercapai dan memiliki pemahaman yang jelas tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya.
5 dari 5 halaman

Infografis makna tanggal lahir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.