Sukses

Apakah Krim Malam Bisa Mencerahkan Kulit Wajah? Begini Cara Memilih Produk yang Tepat

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah agar lebih percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, memilih produk krim malam yang tepat bisa menjadi solusinya. Yuk simak sampai akhir!

Liputan6.com, Jakarta Di tengah gencarnya industri perawatan kulit yang menawarkan berbagai produk, termasuk krim malam yang sering diklaim dapat mencerahkan kulit, penting bagi kita untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di balik klaim tersebut. 

Dalam artikel ini, akan membahas tentang efektivitas dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan krim malam untuk mencerahkan kulit, serta memberikan beberapa cara memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Dari bahan alami hingga bahan sintetis yang dihasilkan melalui penelitian ilmiah, sehingga konsumen dapat memilih produk yang tepat berdasarkan pengetahuan yang dalam merawat kulit wajah.

Yuk simak artikel ini yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Senin (15/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Apakah Krim Malam Dapat Mencerahkan Kulit Wajah?

Krim malam merupakan produk kosmetik yang memiliki beragam fungsi dan digunakan pada waktu malam, yang dapat bertindak sebagai pelembap atau sebagai perawatan. Dengan demikian, krim malam yang mengandung agen pencerah dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Tujuan utama dari perawatan kulit adalah untuk mencapai kulit yang sehat dan terjaga, sehingga terlihat cerah. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari produk yang mengklaim "memutihkan" kulit. Kulit yang putih menunjukkan kurangnya melanin, yang sebenarnya dapat mengindikasikan kurangnya kesehatan kulit. Oleh karena itu, lebih tepat jika menggunakan istilah cerah daripada putih.

Perlu diperhatikan bahwa kulit wajah tidak akan mencapai tingkat kecerahan yang diinginkan jika tidak dilindungi dengan sunscreen pada siang hari. Oleh karena itu, setelah melindungi kulit dengan sunscreen di siang hari, pengguna dapat menggunakan krim malam yang mengandung agen pencerah pada waktu malam. Beberapa contoh agen pencerah adalah vitamin C, alpha arbutin, kojic acid, atau niacinamide.

Waktu malam merupakan saat yang optimal bagi proses regenerasi sel kulit, termasuk pada area wajah. Karena itu, penting untuk menggunakan krim malam yang dapat membantu mendukung proses regenerasi kulit agar kulit wajah terlihat lebih cerah. Jadi, mari kita lanjutkan untuk menjelajahi topik ini lebih lanjut dalam pembahasan berikutnya.

3 dari 11 halaman

1. Pilih Krim dengan Kandungan Retinoid dan AHA untuk Mencerahkan Kulit Kusam

Retinoid dapat merangsang pembaharuan sel kulit dan memunculkan kulit baru dengan kualitas yang lebih baik. Efek dari retinoid atau turunannya seringkali dianggap keras pada kulit. 

Hal ini disebabkan oleh kemampuannya untuk mempercepat proses pembentukan sel kulit baru dari yang semula berlangsung setiap 40-60 hari menjadi hanya 28 hari. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kulit sering terlihat mengelupas secara terus-menerus.

Seperti yang dapat disimpulkan dari namanya, Alpha Hydroxy Acid (AHA) merupakan salah satu jenis asam yang termasuk dalam kategori agen eksfoliasi. Beberapa ragam AHA yang umum ditemui di pasaran antara lain Glycolic Acid, Mandelic Acid, dan Lactic Acid. 

Ketika AHA bekerja mengelupas kulit, sel-sel kulit mati akan terangkat. Akibatnya, kulit baru yang muncul di bawah lapisan kulit mati tersebut akan tampak lebih cerah dan berseri.

4 dari 11 halaman

2. Untuk Memudarkan Flek Hitam atau Bekas Jerawat, Pilih Krim yang Mengandung Brightening Agent

Jika mencari produk untuk mengurangi flek hitam akibat penuaan atau bekas jerawat, carilah produk yang mengandung bahan-bahan brightening agent berikut:

  • Retinoid, bertujuan untuk menyamarkan perbedaan warna kulit dengan mengurangi penyebaran melanin di kulit.
  • Alpha arbutin, berfungsi untuk menghambat aktivitas enzim yang mengendalikan produksi melanin dan mengurangi pigmentasi akibat paparan sinar UV dengan efek antioksidan. 
  • Tranexamic acid, dapat menghambat aktivitas enzim yang bertanggung jawab atas produksi melanin.
  • Vitamin C, berperan dalam menghambat aktivitas enzim yang mengontrol produksi melanin, serta mencegah oksidasi kulit untuk menghindari kerusakan sel dan penggelapan kulit.
  • Kojic acid, berfungsi untuk menyebarkan melanin ke berbagai bagian kulit sehingga konsentrasi melanin menurun dan kulit tampak lebih cerah.
  • Niacinamide, membantu menghambat perpindahan pigmen melanin untuk mengurangi pigmentasi kulit.
5 dari 11 halaman

3. Pilih Krim Malam yang Mengandung Retinoid bagi Kulit yang Sudah Aging

Masalah kulit yang terlihat kusam dan adanya flek hitam seringkali menjadi gejala penuaan. Selain itu, kulit yang mulai menua juga mungkin mengalami masalah lain seperti garis-garis halus dan kehilangan elastisitas. 

Jika ingin mengembalikan kekenyalan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, disarankan untuk memilih krim malam yang mengandung retinoid atau derivatifnya.

Retinoid dan turunannya tidak hanya merangsang regenerasi sel kulit dan mengurangi produksi melanin, tetapi juga merangsang produksi kolagen dan memperbaiki skin barrier. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika retinoid dan turunannya diakui sebagai bahan yang efektif dalam membantu mengatasi tanda-tanda penuaan. 

6 dari 11 halaman

4. Utamakan Krim Malam dengan Kandungan Hyaluronic Acid, Glycerin, Ceramide, atau Allantoin

Semua jenis kulit, termasuk yang memiliki masalah seperti kulit kusam atau flek hitam, membutuhkan kelembapan untuk merawatnya. Oleh karena itu, banyak krim pencerah juga memiliki sifat melembapkan. Dalam mencari krim pencerah yang sesuai, dapat mempertimbangkan keberadaan salah satu dari beberapa bahan berikut ini.

  • Hyaluronic acid, mampu menarik dan mempertahankan kadar air pada kulit, memberikan hidrasi yang mendalam dan membuat kulit terlihat lebih elastis.
  • Glycerin, berfungsi untuk menarik dan menjaga kelembapan kulit, memberikan tekstur yang lembut dan halus, serta melindungi kulit dari kekeringan.
  • Ceramide, sebagai komponen alami kulit, ceramide membantu memperkuat penghalang kulit dan menjaga kelembapan. Ini membantu mencegah hilangnya air dari kulit, menjaga kelembapan alami, dan mengurangi risiko iritasi serta dehidrasi.
  • Allantoin, dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan kelembapan dan mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit.
7 dari 11 halaman

Apakah Krim Malam Itu Penting?

Salah satu kegunaan krim malam adalah membantu merangsang produksi kolagen. Secara mendasar, kolagen adalah jenis protein yang memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap tampak muda. Selain merangsang produksi kolagen, night cream juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit untuk tampil lebih segar dan sehat.

8 dari 11 halaman

Apakah Krim Malam Bisa Mencerahkan Wajah?

Krim malam memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan penampilan kulit, termasuk memberikan kesan kulit yang cerah dan berseri. Selain itu, cream malam juga dapat membantu menghasilkan tekstur kulit yang halus dan lembut.

9 dari 11 halaman

Kapan Krim Malam Bekerja?

Satu dari sekian produk perawatan kulit yang menjadi pilihan utama untuk digunakan di waktu malam adalah krim malam atau night cream. Krim malam memulai proses kerjanya saat malam tiba, mendukung proses perbaikan dan regenerasi kulit secara alami.

10 dari 11 halaman

Apakah Krim Malam Boleh Dipakai di Leher?

Pastikan untuk mengaplikasikan krim malam pada area leher Anda juga. Leher seringkali menjadi indikator utama usia seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan area ini dengan menggunakan semua produk perawatan kulit secara konsisten.

11 dari 11 halaman

Setelah Pakai Krim Malam Pakai Apa?

Krim malam, atau night cream, merupakan elemen dasar dalam rutinitas perawatan kulit malam setelah penggunaan serum, sehingga tidak boleh diabaikan. Krim malam memiliki peran penting tidak hanya sebagai pelembab, tetapi juga untuk meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit sebelumnya di kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.