Sukses

5 Tanda Ternyata Diam-diam Rekan Kerja Tidak Lagi Menyukaimu, Perhatikan Perubahannya

Tidak selalu disukai oleh setiap orang memang menjadi sebuah hal yang lumrah, salah satunya dalam lingkungan kerja. Kenali tanda-tanda rekan kerja tidak menyukaimu agar kamu bisa menentukan sikap.

Liputan6.com, Jakarta Berada dalam satu lingkungan kerja hingga kurang lebih 8 jam per hari, nyatanya tidak menjamin seluruh rekan kerja terasa seperti keluarga. Pasalnya, tetap akan ada dari mereka yang, baik secara terang-terangan maupun tersirat, menunjukkan rasa tidak sukanya padamu. 

Tentu akan lebih mudah bagimu dalam mengambil sikap ketika rekan kerja secara jelas menunjukkan bahwa mereka tidak menyukaimu. Namun, bagaimana dengan mereka yang memilih diam? Tentu hal ini akan membuatmu bertanya-tanya bingung dalam menyikapinya. 

Maka dari itu, kenali beberapa hal yang mengindikasikan bahwa rekan kerja kurang menyukai atau bahkan membencimu. Ini agar kamu bisa menentukan sikap untuk tetap profesional, sehingga tidak mengganggu jalannya pekerjaan. 

Berikut pembahasannya lebih lanjut, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (17/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Mengkritik Secara Berlebihan

Sebagai manusia, terutama dalam dunia kerja, memang sudah seharusnya terbuka dalam menerima berbagai masukan dan kritik baik dari atasan maupun rekan kerja. Namun, perlu diperhatikan betul apakah kritik yang disampaikan termasuk membangun dan bagaimana cara penyampaiannya.

Jika dalam kritiknya terlalu banyak poin yang merendahkan dan membuatmu meragukan kualitas diri, maka kamu perlu waspada. Bisa jadi ia tidak menyukai dan ingin menjatuhkan mentalitas di lingkungan kerja.

3 dari 11 halaman

2. Sering Mencari-cari Kesalahanmu

Ketika rekan kerja, baik secara langsung ataupun tidak, selalu mengungkit-ungkit kesalahan, ini bisa menjadi indikasi bahwa ia kurang menyukaimu. Dengan selalu membahas kesalahan yang pernah kamu lakukan, bisa jadi ia sedang mencoba memprovokasi rekan kerja yang lain, sehingga membuat posisimu dalam pekerjaan menjadi kurang aman.

4 dari 11 halaman

3. Nada Bicara yang Cuek dan Ketus Padamu

Meskipun tidak selalu, tetapi nada bicara yang ketus dan cuek yang ditunjukkan rekan kerja menunjukkan ketidaktertarikannya untuk berkomunikasi denganmu. Selain itu, ucapan yang selalu to the point tanpa basa-basi juga bisa menjadi pertanda bahwa rekan kerjamu sedang membatasi interaksinya denganmu. 

5 dari 11 halaman

4. Selalu Berusaha Menghindari Kontak Mata dan Interaksi denganmu

Dilansir dari businessinsider.com, seorang penulis, Lynn Taylor, mengungkapkan bahwa selalu menghindari kontak mata menjadi salah satu indikasi bahwa rekan kerja tidak menyukaimu. Mereka khawatir jika kamu akan dapat mendeteksi “kebenciannya” terhadapmu ketika terjadi kontak mata. 

6 dari 11 halaman

5. Menunjukkan bahasa Tubuh yang Kurang Baik

Menurut Kerr dalam laman businessinsider.com, bahasa tubuh rekan kerja menggambarkan perasaannya terhadapmu. Misalnya, ketika rekan kerja memandangmu dengan serius dan terlalu intens, atau sebaliknya, tidak mau melihatmu bahkan saat kamu berada di dekatnya menandakan bahwa mungkin mereka tidak menyukaimu.

7 dari 11 halaman

Lingkungan Kerja yang Toxic Seperti Apa?

Lingkungan kerja yang tidak menghargai karyawan adalah lingkungan kerja yang toxic.

8 dari 11 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Jika Lingkungan Kerja Toxic?

Salah satu langkah dalam menghadapi lingkungan kerja yang toxic adalah dengan menetapkan batas yang tegas antara kehidupan pribadi dan profesional, dengan memberikan prioritas pada prinsip keseimbangan antara kerja dan kehidupan. Hal ini penting agar kesehatan mental tidak terganggu karena kurangnya pembatasan yang jelas.

9 dari 11 halaman

Sifat Apa yang Selalu Merasa Dirinya Lebih Tinggi dari Orang Lain?

Sikap superioritas adalah ketika seseorang merasa lebih baik dari yang lain, meskipun pada kenyataannya, mereka tidak memiliki prestasi yang signifikan.

10 dari 11 halaman

Apa Akibat Membenci Orang?

Kelelahan hati dan pikiran timbul akibat kebencian, menyebabkan dampak buruk pada emosi. Ketika seseorang membenci, pikirannya terus-menerus dipenuhi dengan pemikiran negatif tentang orang lain.

11 dari 11 halaman

Apa Itu Karyawan Toxic?

Karyawan beracun cenderung mengelak dari tanggung jawab dan sering mencari alasan untuk menghindari pekerjaan yang rumit atau mengganggu. Mereka mungkin terus menyalahkan orang lain atau situasi eksternal atas ketidakmampuan mereka menuntaskan tugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.