Sukses

Waspada, 5 Aktivitas Ini Perlahan Membunuh Kualitas Sperma

Laki-laki memainkan peran yang sama dalam pembuahan, dan berbagai faktor gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan reproduksi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Kesuburan bukan hanya menjadi masalah bagi perempuan. Laki-laki memainkan peran yang sama dalam pembuahan, dan berbagai faktor gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan reproduksi mereka.

Mulai dari tempatmu menyimpan ponsel hingga caramu bersantai setelah bekerja, kebiasaan ini mungkin memengaruhi lebih dari sekadar rutinitas harianmu. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa aktivitas yang perlahan membunuh kualitas sperma, seperti melansir Times of India, Rabu (17/4/2024).

Apakah kebiasaan menggunakan ponsel memengaruhi spermamu?

Pernah terpikir di mana Anda menyimpan ponsel cerdasmu? Jika ukurannya pas di saku depanmu, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali.

Paparan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel dalam waktu lama, terutama jika disimpan di dekat organ reproduksi, berpotensi membahayakan kesehatan sperma. Jadi, sebelum Anda memasukkan ponsel ke dalam saku, pikirkan dua kali di mana ponsel itu diletakkan. 

Bagaimana lingkungan kerjamu bisa membahayakan kesuburanmu? 

Bekerja di depan laptop sambil berada di pangkuanmu mungkin tampak nyaman, namun hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang tidak terlihat pada kesuburanmu.

Panas yang dihasilkan laptop bisa meningkatkan suhu skrotum, sehingga berdampak negatif pada produksi dan kualitas sperma. Pertimbangkan untuk menggunakan meja atau membeli meja kecil untuk melindungi kesehatan reproduksimu saat Anda bekerja.

Hubungan antara BMI dengan kesehatan sperma 

Mempertahankan berat badan yang sehat tidak hanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan, itu juga memainkan peran penting dalam kesuburan pria.

Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan korelasi signifikan antara obesitas dan kesehatan sperma.

Pria dengan BMI tinggi tidak hanya berisiko lebih besar memiliki jumlah sperma lebih rendah, tetapi juga lebih mungkin tidak menghasilkan sperma sama sekali. Jadi, memperhatikan angka-angka pada skala tersebut mungkin bisa meningkatkan peluangmu untuk membuahi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak mandi air panas, bak mandi dan jacuzzi

Meskipun berendam santai di pancuran air panas, baik mandi, atau jacuzzi menjadi cara sempurna untuk melepas lelah, hal ini bisa membahayakan kesuburanmu. 

Paparan suhu tinggi dalam waktu lama, seperti di bak mandi air panas, bisa menurunkan produksi dan kualitas sperma untuk sementara. Jadi, jika Anda sedang mencoba untuk memiliki anak, sebaiknya batasi waktumu berada di perairan yang beruap. 

 

3 dari 3 halaman

Ancaman tersembunyi bagi kesuburan pria

 

Merokok dan pengunaan narkoba tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatanmu secara keseluruhan, mereka bisa berbahaya bagi sistem reproduksimu. Bahkan merokok dalam jumlah sedang pun bisa menyebabkan penurunan jumlah dan motilitas sperma. 

Paparan asap rokok tidak hanya berdampak pada kesuburanmu, namun juga pasanganmu. Jadi, jika Anda mencoba memulai sebuah keluarga, menghentikan kebiasaan ini merupakan langkah maju yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.