Sukses

11 Fakta Menarik Perjalanan Karier Sakura Le Sserafim yang Dikritik Atas Penampilannya di Coachella

Baru-baru Sakura menjadi perbincangan banyak orang karena penampilan Le Sserafim di Coachella pada Sabtu (13/4) lalu. Berikut 11 fakta menarik mengenai perjalanan karier Sakura Miyawaki sebelum banjir kritikan seperti sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Miyawaki Sakura merupakan seorang penyanyi dan penari asal Jepang. Namanya tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta KPop dan JPop, sebab dia membangun karier bermusiknya di kedua genre itu. Saat ini, Sakura merupakan anggota Le Sserafim, grup vokal wanita yang berada di bawah naungan Source Music.

Baru-baru ini, namanya menjadi perbincangan banyak orang karena penampilan Le Sserafim di Coachella pada Sabtu (13/4) lalu. Meski banyak Fearnot, sebutan untuk penggemar Le Sserafim, yang mengapresiasi penampilannya, namun tidak sedikit juga penggemar KPop lain yang mengkritik penampilan mereka.

Seluruh kritik yang datang berfokus pada kualitas vokal Le Sserafim yang dianggap sangat kurang, terutama Sakura, Kazuha, dan Eunchae. Netizen menyebut masih banyak grup yang banyak girls group KPop dengan kualitas vokal yang lebih baik untuk tampil di panggung sebesar Coachella.

Menanggapi hal ini, Sakura pun angkat bicara melalui unggahan di akun Weversenya. Dalam statemennya, dia mengungkapkan bahwa dia telah memberikan penampilan terbaik meskipun tidak sempurna. Hal ini tentu mengundang reaksi dari berbagai pihak membuatnya semakin ramai dibicarakan.

Berikut 11 fakta menarik mengenai perjalanan karier Sakura Miyawaki sebelum banjir kritikan seperti sekarang.

1. Pernah Bersekolah Musik

Sakura pernah menempuh pendidikan di sekolah musik saat masih duduk di kelas bangku 3 SD. Dari sinilah dia mulai menumbuhkan kesukaan bermusiknya. Selanjutnya, dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Shigakukan, Kisarazu, Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memulai Perjalanan Karier Sejak Usia 13 Tahun

Pada usia 13 tahun, Sakura memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi ketika dia mendengar pertunjukan opera bersama ibunya. Kemudian dia pun bergabung menjadi trainee HKT48 pada Juli 2011. 

3. Memiliki Buku Foto Berjudul Sakura

Pada tahun 2015, Sakura Miyawaki merilis buku fotonya yang pertama. Buku itu berjudul Sakura dan berisi foto-foto eksklusif dari dirinya. Catatan penjualan mencetat buku tersebut laris hingga dapat menempati urutan nomor 1 di chart buku foto Oricon dan nomor 3 di bagian buku umum.

4. Pemenang Produce 48 Juara 2

Tahun 2018, Sakura berpartisipasi dalam survival show Produce 48 sebagai perwakilan HKT48. Dia pun menempati juara 2 setelah Jang Wonyoung dan berhasil debut dalam grup vokal Iz*One. Namanya pun semakin terkenal di kalangan penggemar KPop.

5. Diberi Hadiah PS4 karena Suka Bermain Gim

Dalam salah satu fansign, penyanyi kelahiran 1998 ini pernah mendapatkan PS4 dan Nintendo Switch dari salah satu penggemarnya karena Sakura sangat suka bermain game.

3 dari 4 halaman

6. Dibesarkan Tanpa Sosok Ayah Kandung

Dalam acara Knowing Brother, Sakura berbagi cerita bahwa dia tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya. Hal ini dikarenakan orang tuanya telah bercerai sejak dia berusia satu tahun.

Namun saat mengadakan handshake di Jepang, seorang laki-laki pernah menjabat tangannya dan berkata bahwa lelaki itu mendukungnya. Saat itu Sakura merasa bahwa laki-laki tersebut adalah ayahnya, sedangkan antrian setelah lelaki itu adalah neneknya alias ibu dari ayahnya.

7. Mengidolakan Irene Red Velvet

Di kalangan idol, Sakura menjadikan Irene Red Velvet sebagai idola dan role modelnya. Dia juga mengoleksi berbagai macam marchandise Irene seperti hand fan custom Irene hingga album “Summer Magic” Red Vervel versi Irene.

8. Memiliki Channel Youtube Pribadi

Setelah mengadakan konser kelulusan dari HKT48, dia membuka channel YouTube pribadi dengan nama Miyawaki Sakura. Saat ini akun tersebut sudah mendapatkan 397 ribu subscriber.

 

4 dari 4 halaman

9. Telah Berkarier Selama 13 Tahun

Setelah resmi memulai debut pada tahun 2011 lalu, tahun ini berarti akan menjadi tahun ke-13nya dalam berkarier. Sakura juga memiliki basis penggemar yang kuat karena namanya tidak hanya terkenal di kalangan penggemar KPop, namun juga JPop.

10. Melakukan Debut Kali Ketiga Bersama Le Sserafim

Pada akhir tahun 2021, Sakura menandatangin kontrak eksklusif bersama Source Music (anak perusahaan Hybe Corporation). Dia pun kembali debut dalam grup vokal Le Ssreafim bersama Chaewon, teman sejak Produce 48.

Mereka debut dengan single “Fearless” pada 2 Mei 2022. Dengan demikian, Miyawaki telah melakukan debut sebanyak tiga dalam kariernya.

11. Mendapat Banyak Kritikan Atas Vokalnya

Sebenarnya, kritik pedas atas vokalnya sudah datang jauh sebelum Le Sserafim tampil di Coachella. Sakura pernah dikritik karena suaranya yang tidak stabil saat melakukan encore di acara musik.

Banyak penggemar KPop yang merasa heran sebab bernyanyi encore berbeda dengan tampil di atas panggung pada umumnya, di mana encore lebih santai dan tidak perlu menari. Mereka berharap seharusnya Sakura bisa bernyanyi dengan lebih baik, terlebih dia sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.