Sukses

Alasan Kenapa Seseorang Sulit Menerima Pujian dari Orang Lain

Terapis berbagi apa yang dikatakan dari kebiasaan sulit menerima pujian tentang diri Anda. Termasuk apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda menerima pujian dari seseorang, tapi malah memberikan bantahan dengan mencela diri sendiri? Seperti contohnya, saat seseorang memuji kebersihan rumah Anda, Anda justru membalasnya dengan, “Oh, jangan melihat terlalu dekat.”

Jika ini terdengar familier, mungkin ada alasan mengapa Anda kesulitan mengucapkan “Terima kasih.” Faktanya, masyarakat kita mempersulit ucapan “terima kasih” untuk menjadi sebuah kalimat lengkap.

Kenapa hal tersebut suka terjadi? Di mana Anda seperti sulit menerima pujian dan membuat Anda justru merendahkan diri. Apakah hal ini ada hubungannya dengan kesehatan mental?

Dilansir dari Huffpost, Senin (15/4/2024), terapis mengungkapkan apa artinya jika Anda kesulitan menerima pujian dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih baik dalam hal itu.

Inilah yang mereka katakan:

Sebagai masyarakat, rendah hati dianjurkan, sehingga sulit menerima pujian.

“Di AS, kita diajarkan untuk menjadi sangat rendah hati dan sejujurnya konservatif. Kami diajari bahwa menerima pujian bahkan dapat mengubah cara orang memandang kami. Ada anggapan keliru bahwa rasa syukur Anda akan disalahartikan sebagai kesia-siaan. Dan bagi perempuan dan anak perempuan, sudut pandang ini bisa menjadi lebih intens," kata Emmalee Bierly, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, salah satu pemilik The Therapy Group di Pennsylvania dan salah satu pembawa acara podcast “ShrinkChicks.” 

“Terutama ketika perempuan bersosialisasi di negara ini, kami sangat khawatir akan terlihat egois atau terlalu percaya diri. Kami sangat takut tentang apa dampaknya bagi kami. Saya menerima pujian itu, lalu saya ‘penuh dengan diri saya sendiri'," kata Bierly.

“Bagi komunitas BIPOC kami, keyakinan dan nilai-nilai budaya juga ikut berperan,” kata Dominique Mortier, psikoterapis di Bloom Psychology and Wellness di Toronto, “terutama bagi kami yang berasal dari budaya yang lebih kolektivis," sambungnya.

Dalam budaya kolektivis, orang tidak diajarkan untuk fokus pada individu karena dianggap egois.

“Jadi komunitas-komunitas tersebut, mereka memprioritaskan nilai-nilai kerendahan hati, dan menerima pujian berarti tidak bersikap rendah hati di komunitas-komunitas tersebut,” kata Mortier, sehingga semakin sulit untuk mengucapkan terima kasih atas pujian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anda Juga Memiliki Harga Diri yang Rendah

Bagi sebagian orang, tidak bisa menerima pujian bisa menunjukkan rendahnya harga diri, menurut Mortier.

“Ketika seseorang memuji kita, kita belum tentu mempercayainya,” kata Mortier.

Jadi keyakinan kita tentang diri kita sendiri juga merupakan salah satu faktornya. Misalnya, jika Anda merasa minder dengan kemampuan Anda berbicara di depan umum dan rekan kerja memuji Anda setelah presentasi besar, kemungkinan besar Anda akan menerima pujian itu dengan ragu.

Hal ini terutama berlaku bagi orang-orang yang memiliki orang tua atau pengasuh yang juga memiliki harga diri rendah, tambah Mortier.

“Mereka tidak benar-benar memiliki panutan atau seseorang yang harus diperhatikan [bagaimana mereka harus menanggapi pujian]. Dan mereka hanya akan merespons berdasarkan apa yang telah mereka pelajari atau apa yang mereka lihat dilakukan oleh pengasuh atau orang tua mereka,” katanya.

Ini seringkali merupakan respons yang menyimpang, seperti “Oh, berhenti” atau “Saya mengacaukan dua menit presentasi.”

3 dari 4 halaman

Timbul Rasa Takut karena Diperhatikan

“Kami mengalami banyak kesulitan untuk terlihat,” kata Bierly. “Bagi sebagian orang, ini bisa jadi berasal dari ruang kecemasan. 'Saya tidak suka jika orang melihat saya, saya tidak suka jika orang memberi saya perhatian, saya tidak suka menjadi pusat dari sesuatu'.”

Dan secara default, pujian menempatkan Anda sebagai pusat percakapan. Hal ini dapat menyebabkan orang mengabaikan pujian atau mengubah topik secepat mungkin agar tidak menjadi sorotan.

Pujian Tidak Memiliki Bobot yang Sama untuk Semua Orang

“Bagi sebagian orang, pujian mengubah hidup dan sangat berarti. Ini adalah cara saya mendapatkan rasa aman, cara saya dipuji, cara saya merasa dicintai,” kata Bierly.

"Namun, bagi sebagian orang, mereka benar-benar tidak peduli, dan mereka menganggap semuanya bersifat internal," tambahnya.

Apa pun yang terjadi, penting untuk mengetahui apa arti pujian bagi Anda.

“Jika Anda adalah seseorang yang membutuhkan pengakuan dan pujian, itu adalah hal yang sangat penting untuk diketahui tentang diri Anda,” jelasnya.

Dan jika Anda tidak membutuhkan kepastian seperti itu, itu juga tidak masalah.

4 dari 4 halaman

Jika Ingin Belajar Menerima Pujian, Perhatikan Perasaan Anda

“Salah satu hal yang saya minta orang lakukan adalah melacak apa yang [pujian] berikan kepada Anda,” kata Bierly.

Pikirkan kembali saat Anda menolak pujian dan tanyakan pada dirimu mengapa Anda merespons seperti itu. Misalnya, jika seseorang mengatakan sesuatu yang bagus tentang pakaian Anda dan Anda menjawab, “Harganya murah,” tanyakan pada diri Anda mengapa Anda menjawab demikian.

Apakah Anda ingin orang tersebut berhenti membicarakannya? Apakah Anda tidak ingin mereka mengiramu memiliki sesuatu yang mahal?

“Dan ketika Anda dapat menemukan atau mengidentifikasi perasaan itu, cobalah dan gunakan beberapa pemikiran untuk menangkalnya. Jadi, apa salahnya saya mengucapkan terima kasih? Apa yang saya khawatirkan yang dikatakan tentang saya? Perasaan apa yang ingin saya hindari saat menolak komentar tersebut? Mengapa saya harus mengabaikannya?” kata Bierly.

Selain itu, ingatlah bahwa pujian hanyalah pendapat satu orang — tidak harus pendapat Anda juga.

“Pemahaman besar tentang pujian adalah mengetahui bahwa orang ini berbagi sudut pandangnya dengan saya. Saya belum tentu selalu setuju dengan sudut pandang orang lain dan itu tidak masalah,” tambah Mortier. “Menerima pujian atau menyetujuinya adalah dua hal yang sangat berbeda.”

Seiring waktu, jika Anda lebih menerima pujian, Anda bisa belajar menyetujui pujian tersebut jika Anda mau. Namun sekadar berterima kasih kepada seseorang karena telah memuji rambut atau pakaian Anda tidak berarti Anda otomatis menyetujuinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.