Sukses

10 Ide Quality Time Bersama Anak yang Tidak Menguras Kantong

Quality time bersama anak adalah momen berharga di mana orang tua dan anak dapat terhubung secara mendalam. Dan berikut ialah cara-cara Anda bisa melakukan quality time bersama anak yang tidak akan menghabiskan banyak uang

Liputan6.com, Jakarta Quality time bersama anak adalah momen berharga di mana orang tua dan anak dapat terhubung secara mendalam. Ini adalah waktu yang diperuntukkan khusus untuk berinteraksi, bermain, belajar, dan saling memahami tanpa gangguan dari hal-hal lainnya.

Dalam keseharian yang sibuk, quality time seperti ini sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat antara orang tua dan anak.

Selama quality time bersama anak, fokus utama adalah memberikan perhatian penuh kepada mereka. Ini berarti mengalihkan perhatian dari pekerjaan, gadget, atau hal lain yang bisa mengganggu.

Dengan memberikan perhatian penuh, orang tua dapat benar-benar merasakan kehadiran anak dan memahami dunia mereka dengan lebih baik.

Quality time juga merupakan kesempatan yang bagus untuk mengajarkan nilai-nilai dan pelajaran penting kepada anak.

Mereka akan merasa dihargai dan dicintai saat orang tua menghabiskan waktu bersama khusus untuk mereka. Ini juga membantu membangun kepercayaan diri anak karena mereka merasa didukung dan dipahami oleh orang tua.

Tetapi tak jarang para orang tua ketika mereka memikirkan tentang beberapa hal yang menarik untuk dilakukan, mereka mulai khawatir tentang seberapa besar biayanya. Liburan yang telah dilakukan dan tagihan yang harus dibayar telah menghabiskan sebagian besar anggaran keluarga tentunya.

Tetapi bunda dan ayah, kalian tak usah khawatir akan hal itu, karena berikut ialah cara-cara Anda bisa melakukan quality time bersama anak yang tidak akan menghabiskan banyak uang, melansir dari Life Hacker, Senin (08/04/2024)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Pergi ke tempat wisata atau situs belajar dengan mencari harga diskon

Di saat masa-masa liburan tentunya bukan hanya harga tiket masuk wisata saja yang naik.

Museum, dan situs budaya lainnya juga harus mengenakan biaya masuk yang lebih mahal, dan juga seiring berjalannya waktu harga mereka pun akan naik secara signifikan.

Namun, ada beberapa cara untuk masuk dengan harga yang lebih murah.

Banyak institusi wisata atau museum yang menawarkan hari keluarga atau hari "bayar sepuasnya" beberapa kali dalam setahun.

Lakukanlah pencarian di Google seperti tempat wisata atau museum yang menawarkan harga diskon khusus untuk keluarga, atau yang lainnya. Dengan ini Anda berkesempatan tidak membayar penuh untuk melihat karya seni dan karya sejarah lainnya bersama anak Anda.

3 dari 11 halaman

2. Mendaki bukit atau gunung

Saat mendaki gunung bersama, Anda bersama anak akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara intensif tanpa distraksi dari teknologi modern.

Kalian dapat saling berbagi cerita, tertawa bersama, dan mengalami petualangan yang menyenangkan bersama-sama.

Hal ini tidak hanya memperkuat ikatan emosional, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri anak karena mereka merasa dihargai dan didukung oleh orang tua.

Selain itu, mendaki gunung juga mengajarkan anak untuk menghargai alam dan lingkungan. Mereka belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan gunung dan tidak meninggalkan sampah.

Hal ini dapat membentuk kesadaran lingkungan yang baik pada anak sejak usia dini, sehingga mereka akan menjadi generasi yang peduli terhadap kelestarian alam.

Carilah jalur pendakian atau jalan setapak yang indah di sekitar lingkungan yang dapat Anda bersama anak-anak jelajahi.

Tentunya, Anda juga harus memperisapkan bekal dan alat-alat yang proper untuk melakukan pendakian ini.

4 dari 11 halaman

3. Membiarkan anak untuk menghabiskan energi mereka

Taman trampolin merupakan cara terbaik untuk bersenang-senang dan membakar energi, tetapi tiketnya dapat bertambah mahal jika Anda membawa banyak anak.

Ada dua opsi, yang pertama, Anda membeli sendiri trampolin dengan harga yang terjangkau, atau Anda mencari tempat taman trampolin yang menyediakan diskon atau member bulanan yang dapat memberikan Anda potongan harga bahkan berkesempatan untuk mendapatkan akses masuk secara gratis

Temukan opsi yang paling sesuai dengan anggaran Anda di situs web mereka.

Atau, banyak olahraga yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak, contohnya bermain bola, bersepeda, bulu tangkis, dan lain-lain.

5 dari 11 halaman

4. Ajaklah mereka untuk berbelanja bahan makanan

Disaat berbelanja memang anak Anda akan ingin ini dan itu, tetapi cobalah untuk tidak membawa anak Anda ke dalam tempat yang dipenuhi oleh jajanan anak-anak, sebagai gantinya ajaklah mereka ke tempat lorong yang penuh dengan bahan makanan yang harus dimasak.

Dan cobalah untuk Anda memberikan pembelajaran kepada mereka terkait bahan-bahan makanan, bahkan Anda bisa untuk memberitahu anak Anda apa yang mereka inginkan untuk makan malam nanti.

Bahkan ada juga beberapa toko yang memiliki permainan di mana anak-anak dapat mendapatkan hadiah gratis. Atas usaha mereka, mereka bisa memenangkan beberapa stiker dan camilan keren.

Hal ini juga memberi mereka peran dalam perencanaan makan keluarga, yang merupakan bonus yang bagus untuk anak Anda yang pemilih soal makanan.

6 dari 11 halaman

5. Cobalah untuk membuat beberapa DIY

Jika Anda dan anak-anak Anda suka bekerja dengan tangan, luangkan waktu saat dirumah pada weekend setiap satu bulan sekali minimal untuk Anda dengan anak bisa membuat kerajinan tangan yang unik.

Banyak sekali tutorial di interne untuk membuat DIY ini, Anda bisa menyesuaikan anggaran bahan-bahan yang akan diperlukan untuk membuat DIY-nya.

Tentunya Anda harus dengan bijak memilih DIY apa yang akan dibuat sesuai dengan anggaran yang ada.

7 dari 11 halaman

6. Mengikuti kegiatan sukarelawan bersama

Jika menghabiskan waktu bersama sambil menanamkan rasa kasih sayang kepada sesama manusia (atau makhluk hidup) terdengar seperti kombinasi yang baik, lihatlah beberapa kesempatan menjadi sukarelawan di daerah Anda.

Tempat penampungan hewan atau dapur umum selalu membutuhkan uluran tangan, ditambah lagi, kegiatan ini dapat membantu memperluas perspektif anak Anda tentang dunia.

Sebelum Anda mendaftar untuk menjadi sukarelawan, pastikan organisasi tersebut tidak memiliki batasan usia, karena beberapa organisasi hanya menawarkan kesempatan bagi mereka yang berusia di atas 13 tahun.

8 dari 11 halaman

7. Menonton film bersama di rumah

Salah satu tradisi mingguan dalam rumah tangga yang bisa dilakukan dirumah adalah menonton film bersama di hari Sabtu. Anda bisa memanggang beberapa pizza dan bergiliran memilih film yang akan Anda dan anak tonton.

Ada beberapa layanan streaming yang memberikan harga diskon yang terjangkau, sehingga Anda mendapatkan quality time dirumah dengan hemat.

9 dari 11 halaman

8. Hindari restoran cepat saji dan nikmati makan siang dengan piknik

Tentunya di beberapa restoran cepat saji ada menu khusus untuk anak-anak yang juga menawarkan hadiah menarik, tetapi dari waktu ke waktu harga paket tersebut meningkat secara signifikan dan menjadi mahal.

Sebagai gantinya, belilah (atau buatlah) beberapa roti lapis dan makanan ringan, lalu pergilah ke taman setempat untuk makan siang agar Anda dan anak-anak dapat bermain dan mengobrol bersama.

10 dari 11 halaman

9. Bacakan anak-anak Anda buku cerita yang menarik

Salah satu quality time yang dapat dilakukan Anda untuk membantu anak Anda tertidur pulas, bacakanlah beberapa cerita menarik kepada mereka, contonya fabel si kancil, yang isi ceritanya menghibur.

Carilah buku-buku cerita anak-anak yang harganya terjangkau, atau juga Anda bisa membeli E-Book dengan harga terjangkau di internet, ada banyak sekali buku-buku yang mengeluarkan diskon pada saat hari-hari spesial tertentu.

11 dari 11 halaman

10. Mempelajari skill baru di internet

Quality time bersama anak dapat diisi dengan kegiatan yang mendidik dan menyenangkan, salah satunya adalah mempelajari skill baru melalui internet.

Melalui platform online, Anda bersama anak dapat belajar bersama-sama tanpa harus meninggalkan rumah. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Mempelajari skill baru secara online dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Mereka dapat belajar hal-hal baru yang mungkin tidak diajarkan di sekolah, seperti memasak, membuat kerajinan tangan, atau bahkan belajar bahasa asing. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan mereka, tetapi juga membuka wawasan tentang dunia di sekitar mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini