Sukses

Jangan Abai, 6 Masalah di Tubuh yang Beri Sinyal Tentang Kondisi Kesehatanmu

Meskipun tidak semuanya memprihatinkan, beberapa tanda umum yang diberikan tubuh kita sebagai peringatan akan masalah kesehatan yang lebih besar seringkali diabaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun tidak semuanya memprihatinkan, beberapa tanda umum yang diberikan tubuh kita sebagai peringatan akan masalah kesehatan yang lebih besar seringkali diabaikan.

Meskipun penting untuk mencari bantuan profesional jika ada sesuatu yang mengkhawatirkan, tapi ada baiknya juga memperhatikan cara tubuh Anda mencoba memberi sinyal bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuhmu. 

Berikut beberapa masalah di tubuh yang memberi sinyal tentang kondisi kesehatanmu, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (28/3/2024).

1. Terlalu banyak tidur

Gangguan ini disebut hypersomnia dan mungkin berasal dari hal-hal yang membuktikan bahwa ini bukan hanya kelelahan. 

Beberapa penyakit autoimun bisa menyebabkan perasaan ingin tertidur di mana saja. Selain itu, meminum minuman beralkohol sebelum tidur juga bisa menyebabkan efek ini.

2. Perubahan warna mata

Merasa haus terus-menerus bukanlah hal yang normal. Ada kalanya hal ini bisa dikaitkan dengan makanan yang Anda makan, jadi periksalah apakah Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau asin.

Rasa haus yang terus-menerus juga bisa menjadi tanda diabetes atau kehamilan.

3. Ingin mengunyah es 

Keinginan untuk mengunyah es bisa dijelaskan dengan mudah dan mungkin lebih dari sekedar kebiasaan. Kekurangan zat besi atau anemia bisa menjadi alasan keinginan yang tidak biasa ini.

Anda perlu menjalani beberapa tes darah untuk memeriksa dan melihat apakah Anda perlu mulai mengonsumsi suplemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mudah marah dan agresif

Ledakan amarah tidak selalu disebabkan oleh kepribadianmu. Faktanya, hal ini bisa dikaitkan dengan depresi. Sebab depresi tidak selalu hanya tentang kekurangan energi atau kesedihan, Anda juga bisa memiliki perilaku agresif. 

5. Hilangnya penciuman dan mimpi buruk

Setiap individu tentu pernah mendengar tentang penyakit Parkinson, tetapi tidak banyak dari kita yang mengetahui gejalanya. 

Gemetar, gerakan lambat, kurang tidur disertai mimpi buruk, serta perubahan bicara dan tulisan bisa menjadi tanda-tanda penyakit ini.

3 dari 3 halaman

6. Lupa dan mudah lelah

Terkadang individu salah mengartikan hal ini dengan depresi karena sepertinya Anda sangat lelah dan muak dengan segala hal sehingga Anda tidak punya tenaga untuk mengingat sesuatu. 

Sebaiknya tidak mengabaikan kondisi seperti itu karena bisa menandakan adanya masalah hormone tiroid dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.