Sukses

Tanpa Direbus Dua Kali, Ini Cara Bikin Kolak Singkong yang Empuk dan Legit

Kolak singkong yang biasanya keras kini dapat dibuat agar empuk dan legit. Ini caranya.

 

Liputan6.com, Jakarta Kolak singkong merupakan hidangan yang diminati banyak orang. Rasanya yang manis, membuat lidah seperti ketagihan. Meski begitu, tidak seperti kolak pisang, kolak singkong tidak cukup mudah ditemui di pinggir jalan walau saat bulan puasa sekalipun.

Selain itu, kolak singkong juga cenderung memiliki tekstur yang agak keras jika dibuat sendiri di rumah. Namun, hal itu bisa diatasi jika kolak singkong dimasak dengan metode yang tepat.

Seorang YouTuber dengan kanal resep bunda yustin memiliki cara tersendiri dalam membuat kolak singkong yang empuk dan legit. Bahkan, ia tidak merebus kolak singkong dua kali.

Dirangkum pada Senin (10/6/2024), berikut adalah langkah-langkah membuat kolak singkong yang empuk dan legit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masak Gula Merah

Pertama-tama, masukkan 200 gram gula merah dan 50 gram atau setara 3 sdm gula pasir ke dalam panci. Tambahkan juga 250 ml air ke dalam panci, lalu nyalakan kompor untuk mulai memasak.

Sambil dimasak, aduk terus sampai rebusan gula merah larut dan tercampur rata. Jika rebusan sudah berbusa dan berubah warna jadi merah-kecoklatan, matikan api kompor lalu angkat dan sisihkan.

3 dari 10 halaman

Rebus Singkong

Siapkan sekitar 1 kg singkong yang sudah dikupas dan dicuci, lalu potong kecil-kecil. Usahakan potongan singkong jangan terlalu besar agar kolak singkong bisa empuk.

Setelah itu, rebus potongan-potongan singkong dalam air mendidih. Tambahkan 3 lembar daun pandan dan saringan rebusan gula merah, lalu aduk-aduk dan tunggu sampai matang.

Adapun rebusan gula merah harus disaring untuk menghindari kotoran atau pasir yang tertinggal pada gula merah.

4 dari 10 halaman

Tambahkan Santan dan Garam

Jika larutan kuah sudah menyusut, maka berarti singkong sudah matang dan cukup empuk. Sesudah itu, masukkan 1 liter santan dan ¼ sdt garam, lalu aduk terus sampai matang dan tercampur sempurna.

5 dari 10 halaman

Kolak Singkong Sangat Empuk dan Manis

Setelah kolak singkong sudah matang dan mendidih, segera matikan kompor dan tuangkan di atas piring.

Sekarang, kolak singkong yang empuk, manis dan legit sudah siap disantap untuk takjil berbuka puasa. Sajikan kolak singkong selagi hangat agar semakin nikmat.

6 dari 10 halaman

Apa Itu Kolak Singkong?

Makanan yang menyegarkan dan populer adalah kolak singkong, yang sering kali terbuat dari rebusan umbi-umbian seperti ubi jalar, pisang, dan nangka, atau kadang-kadang singkong. Kolak ini disajikan dengan kuah manis dan gurih yang terbuat dari gula merah, gula kelapa, atau gula Jawa yang dicampur dengan santan.

7 dari 10 halaman

Apakah Manfaat Singkong Bagi Kesehatan?

Singkong memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat selain kalori. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengontrol tingkat gula dalam darah.

8 dari 10 halaman

Apakah Kolak Bisa Dipanaskan?

Disarankan untuk memanaskan bahan-bahan kolak yang telah dicampur dengan kuah santannya secara bersamaan. Anda bisa memanaskan kolak pisang menggunakan api sedang tanpa perlu memisahkan bahannya.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Kolak Bertahan?

Letakkan kolak ke dalam wadah kedap udara, lalu simpan di dalam lemari es. Masa penyimpanan kolak adalah hingga tiga hari.

10 dari 10 halaman

Kolak Termasuk Jenis Makanan Apa?

Kolak, yang juga dikenal sebagai kolek, merupakan sajian manis khas Indonesia yang terdiri dari gula aren atau gula kelapa, santan, serta daun pandan sebagai bahan utamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini