Sukses

Cara Cek Pengumuman SNBP 2024 dan 40 Link Mirror-nya

Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 atau pengumuman SNBP 2024 akan diumumkan pada Selasa, 26 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 atau pengumuman SNBP 2024 akan diumumkan pada Selasa, 26 Maret 2024.

SNBP menjadi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri untuk siswa yang berprestasi. Pendaftaran SNBP 2024 dibuka hingga 28 Februari 2024. Para peserta yang telah mendaftar kini tengah menunggu hasilnya.

Melansir dari laman SNPMB BPPP Kemdikbud, Senin (25/3/2024), pengumuman SNBP 2024 bisa dilihat secara online melalui portal resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pukul 15.00 WIB. Lantas, bagaimana cara mengecek pengumuman SNBP 2024? Berikut tahapannya:

Cara cek pengumuman SNBP 2024

Bagi peserta yang ingin mengecek pengumuman SNBP 2024, Anda perlu menyiapkan nomor pendaftaran yang digunakan saat registrasi. Lalu Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, seperti mengutip dari SNPMB BPPP Kemdikbud.

  • Bukan situs web https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  • Setelahnya, masukkan nomor peserta SNBP 2024 berikut tanggal lahir peserta
  • Kemudian, klik Lihat Hasil Seleksi
  • Apabila peserta dinyatakan lolos, informasi diri akan berada di header biru. Sementara yang tidak lolos ada di header merah. 

Sebagai informasi, seluruh peserta SNBP yang lulus, diwajibkan untuk melakukan verifikasi dan daftar ulang di PTN penerima.

Link mirror SNBP 2024

Selain melalui portal https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, peserta juga bisa mengecek hasil pengumuman SNBP 2024 melalui link mirror masing-masing PTN. Berikut link-nya seperti mengutip dari SNPMB BPPP Kemdikbud. 

1.  https://⁠snbp.ipb.ac.id

2.  https://⁠snbp.unair.ac.id

3.  https://⁠snbp.unnes.ac.id

4.  https://⁠snbp.untan.ac.id

5.  https://⁠snbp.untirta.ac.id

6.  https://⁠snbp.upnjatim.ac.id

7.  https://⁠snbp.its.ac.id

8.  https://⁠snbp.unej.ac.id

9.  https://⁠snbp.unhas.ac.id

10. https://⁠snbp.uho.ac.id

11. https://⁠snbp.unm.ac.id

12. https://⁠snbp.uns.ac.id

13. https://⁠snbp.unesa.ac.id

14. https://⁠snbp.ung.ac.id⁠

15. https://⁠snbp.ulm.ac.id

16. https://⁠snbp.itb.ac.id

17. https://⁠snbp.ugm.ac.id

18. https://⁠snbp.unib.ac.id

19. https://⁠snbp.unpad.ac.id

20. https://⁠snbp.unp.ac.id

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Link mirror lainnya

 

21. https://⁠snbp.isbi.ac.id

22. https://⁠snbp.unud.ac.id

23. https://⁠snbp.unimal.ac.id

24. https://⁠snbp.undiksha.ac.id

25. https://⁠⁠snbp.usk.ac.id

26. https://⁠snbp.ut.ac.id

27. https://⁠snbp.unimed.ac.id

28. https://⁠snbp.undip.ac.id

29. https://⁠snbp.uny.ac.id

30. https://⁠snbp.utu.ac.id

31. https://⁠snbp.upnvj.ac.id

32. https://⁠⁠snbp.unja.ac.id

33. https://⁠snbp.unand.ac.id

34. https://⁠snbp.itk.ac.id

35. https://⁠snbp.unram.ac.id

36. https://snbp.unsri.ac.id

37. https://snbp.unsika.ac.id

38. https://snbp.usu.ac.id

39. https://snbp.ui.ac.id

40. https://snbp.unsrat.ac.id

 

3 dari 3 halaman

Strategi Ampuh Lolos SNBP 2024 di Kampus Impian

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, suatu sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang fokus pada prestasi calon mahasiswa. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan melalui evaluasi prestasi akademik yang didasarkan pada penilaian rapor, serta pencapaian akademik dan non-akademik siswa.

SNBP memberi kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta memberikan kesempatan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dengan kuota minumum 20% dengan biaya ditanggung pemerintah.

 Dikutip dari laman resmi Universitas Negeri Yogjakarta pada Rabu (24/1/2024), rapor yang digunakan dalam seleksi SNBP adalah rapor semester satu sampai semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Siswa yang dinyatakan eligible pada SNBP 2024 dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN. Jika tidak lulus pada pilihan program studi pertama, maka mereka akan dipertimbangkan dalam seleksi untuk program studi pilihan kedua. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk melakukan pemilihan jurusan dengan penuh pertimbangan.

Lantas, apa saja strategi yang dapat dilakukan oleh siswa kelas 12 agar berhasil dalam SNBP? Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2024), berikut ulasannya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.