Sukses

Tanpa Dibaluri Telur, Begini Trik Goreng Otak-otak Agar Mengembang Sempurna Tanpa Meletup-letup

Otak-otak bisa mengembang dan semakin besar serta tidak meletup saat digoreng meski tanpa dibalut telur. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain siomay, otak-otak merupakan salah satu olahan ikan tradisional yang cukup digemari dan juga nikmat disantap dengan saus kacang.

Walau begitu, otak-otak khususnya yang frozen juga cocok dijadikan lauk pendamping nasi dengan tekstur yang mengembang dan renyah.

Agar bisa renyah dan mengembang, otak-otak biasanya dilumuri terlebih dahulu dengan telur sebelum digoreng.

Namun cara tersebut memiliki satu kelemahan, yakni minyak akan meletup saat digoreng sehingga tidak sedikit orang yang takut saat menggoreng.

Meski demikian, terdapat cara lain agar otak-otak memiliki tekstur yang renyah dan memgembang serta tidak meletup saat digoreng walau tidak dibalut telur.

Cara ini sangat praktis seperti yang dijelaskan oleh seorang YouTuber dengan kanal bermana Kang Batagor. Dirangkum pada Selasa (11/6/2024), berikut detail caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Panaskan Minyak

Pertama-tama, tuang minyak ke dalam wajan penggorengan. Agar bisa mengembang, minyak yang digunakan harus agak banyak sampai memenuhi sekitar setengah wajan. Nyalakan kompor dengan api sedang untu memanaskan minyak.

3 dari 10 halaman

Goreng Otak-otak

Siapkan satu bungkus otak-otak frozen yang ingin digoreng. Tanpa perlu dilbalut tepung atau telur, langsung masukkan semua otak-otak ke dalam penggorengan. Otak-otak juga tidak perlu disayat atau diiris terlebih dahulu sebelum digoreng.

4 dari 10 halaman

Aduk Otak-otak

Selama proses menggoreng, jangan lupa untuk terus aduk otak-otak dengan spatula agar minyak tidak meleutp. Selain itu agar tidak meletup, perhatikan juga kebersihan dan ukuran wajan.

5 dari 10 halaman

Angkat dan Tiriskan

Jika otak-otak sudah mulai berwarna kecoklatan dengan tekstur yang agak lebih renyah saat digoreng, segera matikan kompor untuk meniriskan otak-otak. Bisa dilihat, otak-otak terlihat mengembang meskipun tidak dilumuri dengan telur atau tepung.

6 dari 10 halaman

Kenapa Otak-otak Saat Digoreng Meletup?

Biasanya, tekstur otak-otak akan mengalami perubahan menjadi lebih padat dan kering ketika digoreng. Namun, permasalahan sering timbul ketika otak-otak meletuo atau mencipratkan minyak ketika langsung digoreng dalam minyak yang sedang panas.

7 dari 10 halaman

Berasal dari Daerah Mana Otak-otak?

Makanan yang dikenal dengan nama otak-otak merupakan salah satu kuliner khas dari Kabupaten Bintan. Lezatnya hidangan ini bukan hanya sebagai warisan tradisional semata, melainkan telah menjadi lambang dari kekayaan kuliner daerah tersebut.

8 dari 10 halaman

Mengapa Dinamai Otak-otak?

Makanan ini diberi nama otak-otak karena sifat teksturnya. Disebutkan bahwa makanan ini menyerupai otak karena warna putihnya dan kelembutannya. Sebagai akibatnya, para leluhur menyebutnya sebagai otak-otak.

9 dari 10 halaman

Otak-otak Dibungkus dengan Daun Apa?

Jika biasanya makanan ini dilapisi oleh daun pisang, di Bintan akan diolah dengan menggunakan daun kelapa yang baru dipetik. Dalam tahap pengolahan, komposisi bahan akan diperkaya dengan serutan kelapa. Dampaknya, cita rasa yang akan tersaji pada otak-otak nantinya akan lebih nikmat dan kaya akan aroma kelapa.

10 dari 10 halaman

Kenapa Otak-otak Menggunakan Ikan Tenggiri?

Biasanya, otak-otak dibuat dari daging ikan tenggiri yang dicampur dengan potongan kecil daun kucai. Selanjutnya, campuran ini dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dipanggang. Ikan tenggiri dipilih karena dagingnya tidak banyak mengandung tulang dan memiliki rasa yang lebih gurih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.