Sukses

Tanpa Pakai Baking Soda, Ini Trik Goreng Jamur Krispi yang Lebih Awet dan Tetap Nikmat

Jamur tiram yang renyah bisa dibuat agar awet dan tetap lezat meski tanpa baking soda. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain tumis dan tongseng jamur, salah satu olahan jamur yang paling banyak diminati adalah jamur krispi. Dengan harganya yang terjangkau, jamur krispi sangat nikmat dimakan sebagai cemilan atau sebagai pendamping lauk utama.

Selain itu, jamur krispi juga akan semakin lezat jika ditambahkan dengan beragam bumbu atau dicocol dengan sambal. Salah satu cara yang paling umum agar jamur krispi bisa renyah dan tahan lama adalah dengan baking soda.

Walau begitu, ternyata ada cara lain yang tidak menggunakan baking soda, seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Dapur Azizam Samarinda. Dirangkum pada Selasa (11/6/2024), berikut langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Potong Kecil-kecil Jamur Tiram

Pertama-tama jamur tiram harus dibersihkan dengan kain terlebih dahulu sebelum dipotong kecil-kecil. Karena tekstur jamur tiram cukup lembek, maka jamur bisa dipotong dengan tangan saja.

Tujuan jamur harus dipotong kecil-kecil adalah agar teksturnya bisa lebih krispi saat digoreng. Usahakan juga untuk gunakan jamur tiram karena memiliki tekstur yang lebih mekar seperti kipas.

3 dari 10 halaman

Buat Adonan

Ternyata, YouTuber satu ini hanya menggunakan tepung terigu untuk membuat jamur jadi lebih krispi dan tahan lama.

Masukkan tepung terigu baik yang protein rendah atau sedang secukupnya ke dalam wadah yang agak besar.

Setelah itu, tambahkan bumbu yang meliputi ½ sdt garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan ketumbar bubuk.

Tanpa ditambahkan air, aduk campuran terigu dan bumbu tersebut dengan sendok hingga membentuk adonan yang tercampur rata.

4 dari 10 halaman

Campurkan Jamur pada Adonan

Langkah berikutnya, masukkan seluruh potongan jamur pada adonan yang sudah tercampur rata tadi. Aduk-aduk terus dengan tangan sampai seluruh bagian jamur tiram benar-benar terlumuri dengan adonan.

5 dari 10 halaman

Goreng Jamur Tiram

Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api besar, lalu masukkan jamur tiram ke dalam penggorengan hingga benar-benar terendam minyak. Tunggu sampai jamur tiram kering pada penggorengan.

Jika sudah kering, aduk jamur tiram sampai teksturnya jadi krispi sebelum diangkat dan ditiriskan. Namun, jangan aduk terlalu lama agar jamur tidak gosong.

Jika sudah cukup kering, tiriskan jamur untuk diletakkan di atas piring. Sekarang, jamur krispi yang nikmat dan tahan lama sudah siap untuk disantap.

6 dari 10 halaman

Kenapa Jamur Lembek?

Kandungan air yang tinggi pada jamur bisa membuatnya menjadi lembek usai proses pengolahan. Agar hal tersebut dapat dihindari, tidak perlu mencuci jamur. Cukup bersihkan dengan lap bagian luar menggunakan tisu kering.

7 dari 10 halaman

Berapa Kalori Jamur Crispy?

Pada  250 gram jamur crispy, terdapat  kalori sekitar 100 kkal. Dalam jumlah yang sama, kalori jamur crispy jauh lebih kecil dibanding jamur enoki crispy yang mencapai 357 kkal.

8 dari 10 halaman

Kenapa Jamur Tidak Boleh Dicuci?

Jamur mempunyai kemampuan untuk menyerap dan menampung air, bahkan dalam jumlah yang besar. Membersihkan jamur sebelum dimasak akan menyebabkan kelembaban pada jamur dan mengurangi citarasa yang dihasilkan. Apabila jamur tidak cukup bersih setelah dibeli, bersihkan debu dan kotoran dengan menggunakan tisu kering atau kain bersih sebelum dimasak.

9 dari 10 halaman

Kenapa Jamur Crispy Pahit?

Walaupun dikatakan lebih baik untuk kesehatan, ternyata proses menumis jamur tanpa minyak atau dengan sedikit minyak akan mengakibatkan jamur mudah terlalu gosong dan memiliki rasa yang pahit. Kejadian ini disebabkan oleh sifat jamur yang dengan mudah menyerap cairan, termasuk minyak.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Jamur Tahan dalam Kulkas?

Jamur yang telah dibungkus dalam kantong kedap udara atau wadah yang tertutup dapat disimpan di dalam lemari es atau pada suhu ruang. Ketika disimpan pada suhu ruang, jamur dapat bertahan selama 1 hingga 2 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.