Sukses

Cara Memilih Baju Muslim untuk Anak Perempuan, Jangan Salah Pilih untuk Lebaran Nanti

Bagi Kamu yang ingin berpenampilan maksimal saat Lebaran bersama keluarga. Yuk ikuti cara berikut untuk memilih baju muslim anak perempuan yang tepat, jangan sampai salah pilih ya agar tidak menyesal!

Liputan6.com, Jakarta Bagi Kamu yang ingin berpenampilan maksimal saat Lebaran bersama keluarga. Yuk ikuti cara berikut untuk memilih baju muslim anak perempuan yang tepat, jangan sampai salah pilih ya agar tidak menyesal!

Menjelang Lebaran, kegiatan memilih pakaian bagi anak perempuan seringkali menjadi momen yang penuh antusiasme bagi para orang tua. Namun, di tengah beragamnya pilihan yang tersedia, seringkali kita merasa bingung dan khawatir memilih yang tidak sesuai atau tidak nyaman bagi si kecil. 

Baju Muslim menjadi salah satu opsi yang sering dipilih untuk merayakan Lebaran dengan khidmat. Namun, sebelum terburu-buru memilih, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan seksama bagaimana cara memilih baju Muslim yang cocok untuk anak perempuan, sehingga Kamu dapat merayakan Lebaran dengan penuh kebahagiaan. Dari pemilihan bahan yang nyaman hingga desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan si kecil.

Mari kita simak cara-cara yang tepat untuk memilih baju Muslim anak perempuan berikut, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (20/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Pilih Bahan yang Nyaman Ketika Digunakan

Memilih baju muslim dengan bahan yang sesuai akan meningkatkan tingkat kenyamanan anak saat beraktivitas. Pada masa pertumbuhan, anak-anak cenderung aktif dan mudah berkeringat. 

Berbagai jenis bahan tersedia di pasaran untuk baju muslim anak perempuan, namun, untuk memastikan kenyamanannya, penting untuk memilih produk yang terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat.

Salah satu bahan yang umum digunakan adalah katun. Bahan ini populer karena kelembutannya, sifat adem, dan kemampuannya dalam menyerap keringat, sehingga cocok untuk digunakan dalam pakaian anak-anak.

3 dari 10 halaman

2. Periksa Ukuran Baju sebelum Membelinya

Sebelum membeli baju muslim untuk putri tercinta, pastikan untuk mengecek dengan teliti ukuran yang sesuai dengannya. Penting untuk memahami ukuran tubuhnya agar tidak salah dalam memilih pakaian. Hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi tinggi badan, lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul.

Jika pertumbuhan anak terjadi dengan cepat, Kamu dapat memilih ukuran yang lebih besar dari yang biasanya digunakan. Ini akan memastikan bahwa pakaian tersebut dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Biasanya, baju muslim untuk anak perempuan tersedia dalam rentang ukuran mulai dari S hingga XXXL. Namun, ada juga produk yang menawarkan ukuran berdasarkan rentang usia, mulai dari 0 bulan hingga 14 tahun.

4 dari 10 halaman

3. Pilih Model Baju Sesuai dengan Aktivitas dan Selera

Baju muslim dengan model gamis memiliki panjang yang meliputi hingga mata kaki, menciptakan kesan elegan dan anggun. Untuk menjaga kesopanan, disarankan agar anak menggunakan legging atau celana panjang di bawahnya.

Dikarenakan kesan islami yang kental, baju muslim model gamis sangat tepat dipakai saat menghadiri pengajian bersama Bunda. Selain itu, baju ini juga cocok dikenakan saat anak belajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) atau tempat serupa.

Biasanya, kaftan dirancang dengan lipatan yang detail di bagian dada. Selain itu, karena memiliki potongan yang longgar, anak dapat bergerak dengan bebas. Ini memungkinkan mereka untuk merasa nyaman saat menghadiri acara silaturahmi di rumah saudara.

Berbeda dengan gamis dan kaftan, tunik biasanya memiliki panjang hingga pinggul atau betis, memberikan fleksibilitas bagi anak dalam memadukannya dengan berbagai jenis bawahan karena tunik adalah jenis atasan.

Kamu bisa menciptakan kesan feminin dengan memadukan tunik dengan rok. Untuk anak yang aktif, tunik bisa dipadukan dengan celana panjang yang longgar.

Karena mudah dipadukan dengan berbagai pilihan bawahan, busana muslim model ini cocok untuk digunakan saat jalan-jalan atau liburan bersama keluarga.

Jika ingin menghindari kesulitan dalam mengombinasikan busana muslim untuk anak, pilihan yang tepat adalah memilih model setelan. Terdapat dua jenis model setelan yang tersedia, yaitu setelan hijab dan setelan bawahan. Umumnya, kedua setelan tersebut memiliki warna atau motif yang serupa sehingga terlihat serasi saat dipakai bersama.

Harganya pun biasanya lebih terjangkau daripada membeli secara terpisah per item. Selain itu, model ini cocok dipakai untuk berbagai acara, baik formal, semi-formal, maupun santai.

5 dari 10 halaman

4. Cek Keamanannya sebelum Membeli agar Nyaman Dipakai

Secara umum, pakaian muslim anak telah di desain untuk memastikan keamanan mereka. Namun, ada beberapa aspek pada produk yang mungkin membuat si kecil merasa tidak nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Resleting yang tidak rapi atau sulit ditutup bisa menyebabkan kulit anak terjepit.
  • Gamis yang terlalu panjang dapat membuat anak tersandung.
  • Penting untuk memilih pakaian muslim berdasarkan kualitasnya, bukan hanya karena harganya yang murah. Kualitas yang rendah seringkali berarti pakaian mudah rusak.
  • Sebelum dipakai, disarankan untuk mencuci pakaian muslim tersebut terlebih dahulu guna menghilangkan sisa bahan kimia.
6 dari 10 halaman

Bayi Baru Lahir Pakai Baju Apa?

Minimal pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari bahan yang lembut dan memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik, seperti katun. Pastikan juga pakaian tersebut elastis dan tidak terlalu ketat agar memudahkan Anda saat mengganti pakaian bayi. Pemilihan bahan ini menjadi penting karena kadang-kadang bayi merasa tidak nyaman dengan pakaian mereka, yang bisa menjadi penyebab mereka menangis.

7 dari 10 halaman

Baju Busana Muslim Itu Apa?

Busana muslimah adalah pakaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, dan orang yang mengenakannya mencerminkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai agama dalam berpakaian.

8 dari 10 halaman

Berapa Banyak Beli Baju Bayi Baru Lahir?

Karena bayi seringkali mengganti pakaian setidaknya dua kali dalam sehari, Bunda mungkin akan memerlukan setidaknya 14 set pakaian untuk satu minggu.

9 dari 10 halaman

Apakah Tidak Boleh Membeli Perlengkapan Bayi sebelum 7 Bulan?

  • Tidak ada waktu yang pasti atau tidak pantas untuk memulai pembelian perlengkapan bayi. Sangatlah wajar untuk merencanakan daftar belanja sejak trimester pertama kehamilan dan mulai membelinya secara bertahap selama masa kehamilan.
10 dari 10 halaman

Apa Nama Baju Muslim Laki-laki?

Baju Koko adalah jenis pakaian Muslim pria yang sering dipakai dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun informal. Terbuat dari bahan kain yang ringan dan nyaman dipakai, membuatnya cocok untuk digunakan terutama di daerah yang memiliki iklim panas. Baju Koko biasanya memiliki warna netral seperti putih, hitam, atau coklat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.