Sukses

7 Bahan Aktif yang Sering Digunakan dalam Skincare dan Manfaatnya, Sudah Tahu?

Bahan aktif dalam skincare mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja untuk target permasalahan tertentu seperti mencerahkan, mengatasi jerawat, dan hiperpigmentasi.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, skincare menjadi hal yang sangat diperlukan untuk setiap orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Hal ini menjadikan industri kecantikan di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, termasuk munculnya berbagai produk skincare yang mampu menyelesaikan banyak permasalahan kulit.

Dalam skincare umumnya terdapat bahan aktif yang dikhususkan untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu. Disebut sebagai bahan aktif, sebab mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja untuk target permasalahan kulit tertentu seperti mencerahkan, mengatasi jerawat, dan hiperpigmentasi.

Tidak heran, banyak orang membeli skincare karena ingin merasakan manfaat dari bahan aktifnya. Hal ini menjadikan bahan aktif sebagai sebuah daya tarik tersendiri dari produk skincare.

Bahan aktif yang digunakan dalam skincare tidaklah sembarangan, melainkan sudah melalui tahap pengujian yang panjang terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penting untuk memilih produk skincare yang telah lolos standar BPOM, sehingga keamanannya lebih terjamin.

Berikut 7 bahan aktif yang biasa ditemukan dalam produk skincare beserta manfaatnya.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah holy grail dari semua antioksidan yang baik untuk kulit. Bagi yang memiliki permasalahan seperti kusam, hiperpigmentasi, serta kerutan, vitamin C dapat menjadi jawaban yang tepat.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meratakan warna kulit Anda, melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan, hingga bahkan memantulkan sinar UV berbahaya dari permukaan kulit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan sunscreen setelah menggunakan vitamin C di siang hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang memiliki manfaat ajaib. Kandungan ini mampu mengurangi kerutan, mempercepat pergantian sel, meratakan tekstur dan warna kulit, serta mengurangi hiperpigmentasi dan peradangan.

Retinol adalah iritan yang sangat kuat, sehingga penggunaanya perlu memperhatikan rambu-rambu yang ada. Untuk pemula, kamu bisa memilih produk dengan kandungan yang lebih rendah, serta cukup gunakan 1-2 kali seminggu. Dosis ini bisa ditambahkan jika tidak mengalami efek samping dari penggunaan produk ini.

Selain itu, retinol sebaiknya tidak digunakan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif sebab dapat membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari.

3. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan yang sangat terkenal. Sebagai bentuk vitamin B3, Niacinamide dapat memberikan manfaat besar untuk menangani peradangan serta melindungi kulit dari faktor eksternal seperti debu dan kotoran.

Tidak hanya itu, niacinamide juga telah terbukti membantu mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mengurangi kerutan, dan membatasi produksi minyak sepanjang hari. Oleh sebab itu, kandungan ini juga berperan untuk menghilangkan kulit kusam dan keriput, menjadi halus dan bersinar.

3 dari 4 halaman

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini serta meningkatkan kelembaban kulit. Tidak hanya bekerja secara luar biasa dalam mengunci kelembapan dan menjaga kulit terhidrasi sepanjang hari, asam ajaib ini juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kotoran serta debu yang menempel.

5. Ceramides

Ceramides adalah lipid esensial (asam lemak) yang dapat menjaga sel-sel kulit tetap terhidrasi dan kencang. Ceramide bekerja sebagai lapisan terluar yang menjaga kulit kamu. Oleh sebab itu, kandungan ini juga dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar UV.

Selain itu, ceramides juga membantu mengunci kelembaban, melawan peradangan, meminimalisir keriput, serta mengembalikan elastisitas kulit.

4 dari 4 halaman

6. Salicylic Acid

Salicylic Acid merupakan bahan yang sangat dibutuhkan bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat serta berminyak. Asam beta-hidroksi ini memiliki kekuatan luar biasa untuk bekerja hingga lapisan terdalam kulit dan dapat digunakan setiap hari.

Salicylic Acid memiliki khasiat untuk membersihkan minyak berlebih, kotoran, dan zat lain yang tidak diperlukan kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat membuat kulit bebas dari sebum yang menjadi salah satu penyebab utama jerawat. 

7. Vitamin E

Vitamin E juga memiliki manfaat yang tidak main-main untuk kulit. Dengan kandungan antioksidan yang kuat, vitamin E dapat melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti sinar UV dan polusi. Tidak hanya itu, kandungan ini juga membantu menyehatkan, merevitalisasi, dan meratakan warna kulit yang tidak merata.

Umumnya, vitamin E dapat ditemukan dalam sunscreen dan serum. Selain itu, bahan aktif ini juga dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk hasil lebih maksimal, penggunaannya dapat dicampur dengan vitamin C sehingga kamu bisa mendapat antioksidan yang lebih kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.