Sukses

10 Tanda Kalau Pasanganmu Tidak Akan Selingkuh Menurut Ahli

Alih-alih mencari tanda-tanda kecurigaan pasanganmu berselingkuh, lebih baik mengetahui tanda-tanda pasangan yang tidak akan pernah berselingkuh.

Liputan6.com, Jakarta - Selingkuh menjadi salah satu perilaku yang membuat hubungan hancur. Jika kamu melakukannya, hal itu dapat menghancurkan kepercayaan, memberikan anxiety pada pasanganmu, dan seringkali hal ini susah untuk dimaafkan.

Ini seringkali terjadi karena ketidakpuasan emosional, fisik, atau psikologis dalam hubungan yang ada. Beberapa alasan umum yang mendorong perselingkuhan antara pasangan meliputi perasaan terabaikan, keinginan untuk mencari keintiman yang hilang, atau sekadar pencarian kesenangan sesaat tanpa mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang.

Jadi, di saat ada kecurigaan bahwa pasanganmu selingkuh, masuk akal jika kamu akan mencari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pasanganmu berselingkuh. Namun, tak jarang juga orang-orang menggunakan cara yang lebih destruktif, yaitu ketika ia mencurigai pasangannya berselingkuh, ia malah melakukan aksi yang sama dengan dalih untuk membalikkan keadaan.

Penting untuk diingat bahwa setiap hubungan memiliki dinamika dan tantangan sendiri. Oleh karena itu, upaya untuk mencegah perselingkuhan harus dimulai dari pembangunan hubungan yang kuat dan sehat, dengan komunikasi yang jujur ​​dan terbuka serta penghargaan terhadap kebutuhan dan perasaan masing-masing pasangan.

Dengan demikian, kita dapat mengurangi risiko perselingkuhan dan memperkuat ikatan emosional antara pasangan.

Alih-alih mencari tanda-tanda kecurigaan pasanganmu berselingkuh, lebih baik mengetahui tanda-tanda pasangan yang tidak akan pernah berselingkuh.

Di sini, para ahli berbagi tanda-tanda individu yang tak akan berselingkuh, seperti melansir dari Bestlifeonline, Kamis (14/3/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Terbuka dengan gadget yang dimiliki

Menurut pekerja sosial medis berlisensi, Steve Carleton, seseorang yang berselingkuh mungkin akan melindungi ponsel mereka, baik dengan menyembunyikannya atau melakukan langkah-langkah keamanan seperti kata sandi yang berlebihan, teknologi sidik jari, dan aplikasi terenkripsi.

Tanda jika pasanganmu cenderung tidak melakukan selingkuh, mereka akan lebih santai terhadap ponsel mereka, bahkan mereka akan mempersilahkan pasangannya untuk menggunakan ponsel yang dimilikinya.

"Karena mereka tidak memiliki alasan untuk menyembunyikan apa pun, mereka cenderung lebih santai dalam menggunakan perangkat mereka dan mereka tidak akan khawatir tentang seseorang yang mengakses informasi yang ada pada perangkat tersebut," jelas Carleton.

Jika kamu meminta atau mempertanyakan terkait penggunaan ponsel, mereka akan bersedia untuk patuh dan berbagi informasi secara detail tanpa ragu-ragu

3 dari 11 halaman

2. Tak pernah selingkuh sebelumnya

Jika seseorang tidak pernah berselingkuh di masa lalu, kemungkinan besar ia tidak akan melakukannya di masa depan.

"Ini karena perilaku seseorang di masa lalu seringkali menjadi tanda yang sangat baik untuk perilaku di masa depan, terutama dalam hal integritas dan keyakinan pribadi," ucap Marley Howard, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

Namun, perlu dicatat bahwa kamu belum tahu pasti. "Perilaku dan keadaan seseorang akan berubah seiring berjalannya waktu, dan ada banyak alasan yang dapat menyebabkan perselingkuhan," sambungnya

Tetapi, jika kamu mengalami masa-masa sulit, kamu akan tahu bahwa pasanganmu pernah setia di masa lalu, dan ini akan menunjukkan nilai positif pada hubungan kalian berdua.

4 dari 11 halaman

3. Hubungan kalian punya keintiman emosional yang tinggi

Jika hubungan di antara kalian sangat kuat, perselingkuhan kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Karena pasangan yang telah membangun hubungan emosional yang kuat akan lebih merasa puas dan terpenuhi dalam hubungan, yang dapat membantu mereka menahan godaan untuk berselingkuh.

Memiliki keintiman emosional juga berarti bahwa setiap orang merasa diterima oleh pasangannya dan tidak takut dihakimi atau dikritik

"Tanda-tanda keintiman emosional yaitu mampu mengekspresikan perasaan dan pikiran secara terbuka, mampu membicarakan ketidaksepakatan tanpa pertengkaran, merasa nyaman dan aman dalam hubungan," kata Steve Carleton.

Dalam hubungan harus adanya kepercayaan, dan pengertian. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dalam hubungan sangat dianjurkan untuk mengungkapkannya dan berkomunikasi secara terbuka tentang hal itu.

5 dari 11 halaman

4. Mereka akan meluangkan waktu dan effort yang tinggi

Menurut Deborah Gilman, PhD, pemilik dan kepala perusahaan psikolog berlisensi di Fox Chapel Psychological Services, merupakan pertanda yang baik jika pasanganmu secara aktif melakukan suatu hal demi hubungan dan meluangkan waktu yang pas untuk menghabiskan waktu bersama.

"Mereka memprioritaskan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama, melakukan pembicaraan yang bermakna dan menciptakan pengalaman bersama yang memperdalam ikatan dan hubungan," katanya.

Pasangan yang memiliki nilai, keyakinan, dan tujuan yang sama cenderung lebih fokus pada komitmen yang berkepanjangan dalam hubungan.

"Landasan bersama ini menciptakan rasa persatuan dan saling pengertian, sehingga mengurangi kemungkinan untuk mencari kepuasan di luar hubungan," tambah Gilman.

6 dari 11 halaman

5. Bersedia konsultasi ke profesional apabila dibutuhkan

Tidak ada salahnya untuk mendapatkan saran dari ahlinya, dan jika pasanganmu mencari terapi, pelatihan, atau bimbingan, maka itu adalah indikator yang baik bahwa mereka akan tetap setia. Bahkan hal ini dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dan menjaga komunikasi yang bersifat terbuka.

"Menyadari pentingnya mencari dukungan dan bimbingan dari tempat yang tepat menandakan pendekatan proaktif terhadap pertumbuhan hubungan dan mempertahankan kesehatan dalam hubungan," ucap Sejginha Williams-Abaku, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan direktur di Personal Life Wellness.

7 dari 11 halaman

6. Hubungan kalian diketahui orang lain

Terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Audrey Schoen, menunjukkan bahwa meskipun setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dengan kemesraan di depan umum atau mengunggah informasi pribadi secara online, seseorang yang berkomitmen pada suatu hubungan tidak akan menyembunyikan hal tersebut di tempat umum.

Jadi, apakah itu berarti menggandeng tanganmu di saat bersama teman-teman, atau mengunggah foto kalian berdua di media sosial, tampilan kasih sayang ini merupakan pertanda baik bahwa pasanganmu berkomitmen terhadap hubungan dan tidak menyembunyikan apa pun.

8 dari 11 halaman

7. Mereka akan menunjukkan integritas

Tidak mengherankan, seseorang yang memprioritaskan kejujuran dan moralitas dalam kehidupan sehari-harinya pasti akan membawa tingkat integritas yang sama ke dalam suatu hubungan. Dan seseorang dengan moral yang kuat tidak mungkin selingkuh.

"Mereka menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip-prinsip mereka bahkan ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit, yang di mana hal tersebut menunjukkan rasa etika yang baik dan kuat, juga mereka akan berkomitmen untuk melakukan apa yang benar," kata Gilman.

9 dari 11 halaman

8. Mereka sebelumnya terkena dampak dari perselingkuhan

Jika pasanganmu memiliki orang tua yang berselingkuh, terutama jika hal itu terjadi saat ia masih muda, dan hal itu memberikan dampak yang buruk baginya, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka telah bersumpah untuk tidak berselingkuh.

Karena pengalaman pribadi mereka membentuk nilai-nilai mereka dan memperkuat komitmennya terhadap kesetiaan, sehingga mereka cenderung tidak akan mengulangi siklus pengkhianatan

Dan individu yang sangat terpengaruh oleh perselingkuhan di masa kecilnya seringkali mengembangkan sikap yang kuat untuk menentang perilaku seperti itu.

10 dari 11 halaman

9. Mereka akan membiarkanmu masuk ke dalam kehidupannya

Tanda kuat perselingkuhan adalah kerahasiaan dan menyembunyikan suatu hal yang dapat menimbulkan kecurigaan.

Namun, ada pertanda baik jika pasanganmu menghabiskan waktu dengan teman dan keluargamu, dan mereka secara teratur melibatkan dirimu dalam kegiatan sehari-hari dalam kehidupan mereka

Mereka akan dengan bebas memberi tahu dengan siapa mereka bersama atau apa yang sedang mereka lakukan, dan mereka akan sering menggunakan kata “kami" atau "kita” di saat mereka berbicara hubungannya kepada orang lain, dan hal ini dapat meningkatkan hubungan emosional diantara kalian berdua.

11 dari 11 halaman

10. Mereka memiliki ciri-ciri kepribadian yang unik

Michelle Giordano, seorang terapis di perusahaan Live Another Day, menemukan bahwa berdasarkan pengalamannya, ada beberapa sifat yang menandakan bahwa pasanganmu cenderung tidak melakukan perselingkuhan.

Sifat-sifat tersebut adalah ketelitian, kontrol diri, empati, gaya pertahanan yang sangat aman, dan memiliki harga diri yang tinggi.

Sifat-sifat tersebut dapat diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, selaras dengan emosi orang lain, nyaman dengan keintiman emosional, percaya, dan mampu menahan godaan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sifat-sifat ini bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi apakah seseorang berselingkuh, tetapi untuk mendapatkan hasil terbaik, percayalah pada instingmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.