Sukses

8 Drakor yang Sempat Kontroversial dan Alasan di Baliknya, Salah Satunya Ada Squid Game

Alur dan tema drakor ini sempat dipermasalahkan oleh banyak penonton. Adakah yang sudah kamu tonton?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri kalau drama Korea (drakor) memang telah menjadi booming dan favorit masyarakat selama dua dekade terakhir. Terutama karena ada banyaknya layanan streaming legal dan produksi beberapa judul orisinal mereka sendiri. 

Selain itu, bisa dibilang bahwa ada banyak tema yang ditampilkan drakor cukup segar, seperti tentang fiksi sejarah, horor, zombie, romansa fantasi, perjalanan waktu, dan juga komedi. Ditambah tokoh-tokoh yang menawan, wardrobe yang menarik, dialog yang memikat, sehingga menambah daya tarik orang-orang untuk menontonnya.

Meskipun begitu, ternyata ada juga beberapa serial yang sempat menimbulkan kontroversi, baik ketika episode tersebut sudah ditayangkan hingga baru mulai diproduksi. Mulai dari penempatan produk, hingga provokasi sejarah, perampasan budaya, termasuk referensi yang tidak sensitif terhadap penyakit kronis. 

Sebagaimana dihimpun dari Movie Web, Rabu (13/3/2024), berikut daftar drakor kontroversial yang menjadi berita utama dan banyak dikritik karena telah menimbulkan kehebohan di kalangan penonton. Apakah Anda pernah menontonnya?

1. Snowdrop

Drama romantis aksi kelam Snowdrop, berlatar tahun 1987 dan dibintangi oleh Jung Hae-in, Jisoo BLACKPINK, dan Yoo In-na, ditayangkan di JTBC dari Desember 2021 hingga Januari 2022. Premisnya sendiri memicu kontroversi, karena berakar pada negara tersebut.

Di mana masyarakat tengah memperjuangkan demokrasi, dan menampilkan mata-mata Korea Utara yang jatuh cinta pada pelajar Korea Selatan yang telah menyelamatkannya. Lebih dari 200.000 warga mengajukan petisi untuk pembatalannya karena memutarbalikkan fakta agar sesuai dengan narasi romantis dan menggambarkan musuh dengan cara yang kharismatik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Doctor Cha

Drama medis dan keluarga Netflix dan JTBC Doctor Cha dibintangi oleh Uhm Jung-hwa sebagai Cha Jeong-suk dan Kim Byung-chul sebagai Seo In-ho. Dalam episode ketujuh, calon mertua pasien Crohn menuduhnya menyembunyikan “penyakit yang sangat mengerikan” dan menyatakan bahwa penyakit itu bersifat genetik. Meskipun itu adalah jenis peradangan usus yang belum terbukti memiliki pola pewarisan.

Representasi yang keliru ini memicu komentar seperti “Jika Anda tidak tahu tentang penyakit ini, jangan menulis tentangnya” dan “Jika ini bukan drama medis, Anda harus menghapus kata ‘dokter’ dari judulnya.”

JTBC meminta maaf, dengan menyatakan, “Adegan itu dimaksudkan untuk menangani kasus spesifik seorang pasien yang menderita komplikasi kronis di antara berbagai gejala penyakit Crohn. Namun, kami mengakui bahwa penjelasan kami tidak cukup sehingga dapat menyebabkan diskriminasi terhadap penderita penyakit ini.”

3. Narco-Saints

Terinspirasi oleh Narcos and Narcos: Mexico dari Netflix dan berdasarkan peristiwa nyata, Narco-Saints atau The Accidental Narco yang terdiri dari 6 episode berpusat pada Kang In-gu (Ha Jung-woo), seorang pengusaha yang dipaksa bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional untuk menjatuhkan Jeon Yo-hwan (Hwang Jung-min), seorang gembong narkoba Korea Selatan yang beroperasi di Suriname.

Pemerintah Suriname, mengajukan keluhan resmi mengenai gambaran negatif negara tersebut. Menurut The Hollywood Reporter, Menteri Luar Negeri Albert Ramdin berkata, “Suriname tidak lagi memiliki citra yang muncul dalam serial tersebut atau tidak lagi berpartisipasi dalam praktik semacam ini.”

3 dari 5 halaman

4. Racket Boys

Dibuat oleh Studio S (SBS) dan Pan Entertainment, Racket Boys adalah drama olahraga dewasa yang dibintangi oleh Lee Jae-in sebagai Han Se-yoon, Kim Sang-kyung sebagai Yoon Hyeon-jong, dan Oh Na-ra sebagai Ra Yeong-ja. Di episode 5, Han Se-yoon yang sedang bertanding bulutangkis di Jakarta, ibu kota Indonesia, dan pelatihnya Fang (Ahn Nae-sang) mengeluhkan venue dan fasilitasnya.

Para pemain Indonesia dan penonton stadion juga tidak digambarkan dengan baik. Akun Instagram SBS kemudian dibanjiri keluhan dari pemirsa Indonesia yang menuntut permintaan maaf dan penghapusan beberapa adegan.

SBS hanya menjawab dengan “Kami tidak bermaksud menghina negara, pemain, atau penonton tertentu. Kami akan memastikan untuk lebih berhati-hati dalam syuting episode berikutnya.”

5. Joseon Exorcist

Drama periode supernatural Joseon Exorcist mendapat kecaman setelah hanya menayangkan dua episode. Banyaknya alat peraga, makanan, minuman keras, dan ketidakakuratan sejarah Tiongkok menyusahkan penonton dan kritikus. Merek menarik sponsor mereka dan 156.000 orang menandatangani petisi yang menyerukan pembatalan drama tersebut.

Serial ini kemudian dihentikan pada 6 Maret 2021, bahkan sebelum syuting selesai.

4 dari 5 halaman

6. Squid Game

Film thriller survival dan horor Netflix yang memenangkan banyak penghargaan dan multi-nominasi, Squid Game, berkisah tentang serangkaian kompetisi anak-anak yang mematikan dengan kontestan dewasa yang kesulitan secara finansial.

Meskipun sukses secara global dan kritis, acara ini mengalami beberapa kebocoran. Pertama ada delapan digit nomor telepon asli pada kartu nama undangan, yang mendorong ribuan pemirsa yang gila untuk menghubunginya dan melecehkan pria tak bersalah yang sebenarnya terkait dengan itu. 

Netflix kemudian menyarankannya untuk mengganti nomornya, tapi ia berdalih hal itu tidak mungkin karena terkait dengan bisnisnya. Akhirnya, adegan yang menampilkan angka-angka itu diedit.

Kemudian di salah satu adegan yang menampilkan Kim Joor-yeong sebagai Han Mi-nyeo dan Heo Sung-tae sebagai Jang Deok-su di bilik toilet, tidak disukai oleh penonton konservatif Korea Selatan. Belum lagi banyak yang menganggap keseluruhan acara tersebut dikritik habis-habisan karena “kekerasan dan adegan berdarah yang tidak perlu."

5 dari 5 halaman

7. Backstreet Rookie

The Korea Communications Standards Commission menerima lebih dari 7.000 keluhan setelah beberapa episode pertama Backstreet Rookie ditayangkan. Di mana mereka mengkritik objektifikasinya terhadap perempuan muda.

Berdasarkan webtoon berperingkat R dengan nama yang sama dan dibintangi oleh Ji Chang-wook sebagai Choi Dae-hyun dan Kim Yoo-jung sebagai Jung Saet-byul, komedi romantis ini berpusat pada anak di bawah umur yang bekerja shift malam di sebuah toko serba ada, di mana dia dan manajer dewasa jatuh cinta.

8. Mr. Queen

Fantasi sejarah dan komedi romantis Mr. Queen, dibintangi oleh Shin Hye-sun sebagai Ratu Cheorin dan Kim Jung-hyun sebagai Raja Cheoljong, berpusat pada seorang ratu yang tiba-tiba menemukan tubuhnya diambil alih oleh jiwa seorang pria modern.

Meskipun pertukaran gender saja sudah membuat banyak orang terkejut, 700 pemirsa yang mengajukan keluhan kepada The Korea Communications Standards Commission sebagian besar marah karena Catatan Nyata Dinasti Joseon, yang dianggap sebagai harta nasional, dicap sebagai “tabloid belaka” di serial tersebut.

Belum lagi penulis novel asli Tiongkok yang menjadi dasar karya ini dikenal selalu melukiskan negaranya secara negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.