Sukses

Gandeng SIM, UIC College Perluas Akses ke Universitas Bergengsi

Pelajar di Tanah Air berkesempatan untuk menimba ilmu di universitas-universitas bergengsi seperti RMIT, University of London, dan University of Birmingham.

Liputan6.com, Jakarta - UIC College dan Singapore Institute of Management (SIM) bekerja sama menghadirkan program Diploma in Management Studies (DMS). Jadi pelajar di Tanah Air berkesempatan untuk menimba ilmu di universitas-universitas bergengsi seperti RMIT, University of London, dan University of Birmingham.

Jurusan Diploma in Management Studies (DMS) dari SIM membuka kesempatan bagi lulusan SMA di Indonesia untuk mengejar pendidikan tinggi di UIC College PIK Campus, Jakarta. Dalam kerjasama dengan UIC College, SIM menghadirkan program diploma in-house-nya di Indonesia, memungkinkan para siswa meraih gelar sarjana melalui universitas ternama di Singapura.

SIM bermitra dengan lebih dari 10 Universitas terkemuka secara global, seperti RMIT dari Australia, University of London, University of Birmingham dari Inggris, dan University at Buffalo, The State University of New York dari Amerika, menawarkan lebih dari 140 program akademik.

Melalui kolaborasi ini, para siswa di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan gelar dari universitas – universitas tersebut.

UIC College tidak hanya menjadi lembaga pendidikan biasa, tetapi juga pintu gerbang menuju peluang global yang tak terbatas.

Sebagai bagian dari program USG Education, UIC College menjadi pelopor dalam menyediakan program jalur persiapan dan transisi (pathway), yang memungkinkan siswa untuk memulai kuliah di tahun pertama atau kedua, lalu melanjutkan studi ke luar negeri untuk menyelesaikan gelar sarjana mereka di universitas pilihan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuliah di Jakarta dan lulus di Singapura

Program ini dimulai dengan 15 bulan perkuliahan di Jakarta, di salah satu kampus USG Education, yaitu Pantai Indah Kapuk Campus. Siswa akan mengikuti program Diploma in Management Studies (DMS) dan kemudian dapat melanjutkan proses studi dengan transisi mulus ke universitas bergengsi dunia di Singapura. Gelar sarjana dapat diraih dalam waktu 1,5 tahun. 

Berkat kerjasama antara UIC College dan SIM GE, para siswa di Indonesia dapat menempuh pendidikan berkualitas dengan biaya yang lebih terjangkau, di mana semuanya bisa dilakukan di negara yang hanya berjarak kurang dari 2 jam penerbangan dari Jakarta.

Siswa dapat menikmati penghematan biaya yang signifikan, sebesar 340 juta per tahun dibandingkan belajar langsung di negara asli universitas-universitas tersebut.

Presiden Direktur USG Education, Adhirama G. Tusin, menegaskan bahwa program ini adalah solusi yang nyaman bagi siswa Indonesia beserta orang tua mereka. Dengan memilih program UIC - SIM GE, siswa akan dilengkapi dengan pondasi akademis yang konsisten antara Jakarta dan Singapura.

"Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk meraih kesuksesan global di masa depan melalui transisi yang lancar dengan universitas mitra ternama, jalur studi yang fleksibel, bimbingan karier, penempatan magang, dan kesempatan beasiswa," ucap Adhirama, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, "Dengan membandingkan biaya kuliah dan biaya hidup secara keseluruhan, siswa dapat menghemat sekitar 30% jika memilih untuk mengikuti program ini dibandingkan dengan kuliah langsung di negara tujuan mereka."

3 dari 3 halaman

182.000 pelajar telah menempuh pendidikan melalui SIM GE

Sementara itu, Country Manager SIM - GE di Indonesia, Mohamad Johan Azman, mengatakan kemitraan dengan UIC College memungkinkan SIM GE membuka program diploma kepada masyarakat Indonesia dan memberikan kesempatan bagi pelajar untuk meraih gelar sarjana pilihan mereka di Singapura setelah lulus. 

"Program ini telah dirancang untuk menghubungkan para pelajar dengan berbagai program universitas terbaik di mancanegara, di mana SIM GE menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan terkemuka dari destinasi pilihan dan terkemuka dalam koneksi industri, kewirausahaan, dan inovasi. Antara lain, seperti RMIT di Australia, University of London di Inggris, University of Birmingham di Inggris, dan University at Buffalo, The State University of New York di Amerika Serikat. Kami bertekad untuk terus memperluas jaringan kerjasama dengan mitra global yang memiliki visi dan misi sejalan," sambungnya.

USG Education Head of Pantai Indah Kapuk Campus, Yuvin Maharuddin, mengungkapkan program Diploma in Management Studies (DMS) bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin dunia industri maupun dunia wirausaha yang inovatif.

"Selain teori manajemen bisnis, siswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh melalui studi kasus dan simulasi, sehingga memiliki bekal yg mumpuni dalam menghadapi berbagai isu nyata yg kerap muncul di dunia bisnis."

Hingga saat ini, SIM Global Education telah menarik perhatian 16.000 mahasiswa dari 50 negara. Lebih dari 182.000 pelajar telah menempuh pendidikan melalui SIM GE, dengan 30 persen dari populasi mahasiswa berasal dari mancanegara.

SIM Global Education, penyedia pendidikan tinggi global, telah ini meraih sertifikasi EduTrust Star pada tanggal 20 Agustus 2022. Sertifikasi ini diberikan kepada lembaga pendidikan swasta (PEI) di Singapura yang telah mencapai tingkat kinerja yang sangat baik dalam mengelola lembaga mereka dan menyediakan kualitas pendidikan yang luar biasa serta kesejahteraan bagi siswa.

Penghargaan EduTrust Star merupakan pengakuan atas prestasi luar biasa dalam bidang pekerjaannya dan merupakan penghargaan tertinggi dalam Skema Sertifikasi EduTrust yang dikelola oleh Committee for Private Education, bagian dari SkillsFuture Singapore. 

USG Education berkomitmen untuk menjadikan pendidikan sebagai sarana utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif. Pendidikan memainkan peran yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Noble Scholar adalah identitas USG Education yang mencerminkan wawasan yang luas, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, serta peduli akan isu sosial. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.