Sukses

5 Manfaat Air Rebusan Daun Salam, Cegah Naiknya Gula Darah hingga Kolesterol

Tak hanya berguna menambah citarasa masakan, ternyata daun salam juga baik untuk mengontrol gula darah dan kolesterol, loh! Simak penjelasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Daun salam umumnya dikenal sebagai bumbu tambahan masak yang dapat menambah aroma dan citarasa makanan. Populasinya yang banyak ditemui di Indonesia dan harganya yang terjangkau, daun satu ini banyak sekali digunakan dalam berbagai jenis menu masakan Indonesia.

Selain aromanya yang khas pada makanan, ternyata daun salam memiliki banyak kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan. Misalnya, niacin, serat, tannin, dan vitamin C dalam daun salam yang mampu menurunkan kuantitas gliserida dalam tubuh.

Adapun manfaatnya secara langsung bagi tubuh cukup beragam. Berikut ini sederet manfaat yang bisa didapat melalui konsumsi daun salam, dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (5/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sebagai Obat Asam Urat

Dilansir dari jpnn.com, daun salam dipercaya berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Agar manfaat yang diperoleh lebih efektif, konsumsi daun salam bisa dalam bentuk air rebusannya dan diminum dua kali sehari.

3 dari 11 halaman

2. Membantu Turunkan Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, daun salam bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menstabilkan kadar kolesterol tubuh. Selain ditambahkan dalam masakan, konsumsi daun satu ini juga akan lebih efektif jika diambil air rebusannya.

4 dari 11 halaman

3. Sebagai Obat Diabetes

Menurut sumber jpnn.com, ada penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi daun salam baik bagi pasien diabetes tipe-2. Ini karena daun salam dapat membantu memperbaiki metabolisme gula darah, mengurangi LDL, dan meningkatkan HDL.

5 dari 11 halaman

4. Bantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Enzim dalam daun salam berperan untuk memperlancar proses pencernaan. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan racun-racun yang ada dalam tubuh bisa segera dibuang melalui pencernaan yang sehat.

6 dari 11 halaman

5. Mencegah Batu Ginjal

Menurut satu studi yang dilaksanakan pada tahun 2014, disebutkan bahwa daun salam bermanfaat membantu menurunkan kadar urease (salah satu jenis protein yang menjadi salah satu elemen pembentukan batu ginjal) di dalam tubuh.

7 dari 11 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Air Rebusan Daun Salam?

Waktu yang baik untuk minum air rebusan daun salam adalah di pagi hari sebelum sarapan atau di malam hari sebelum tidur.

8 dari 11 halaman

Berapa Lembar Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol?

Cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol ini sangatlah mudah. Hanya dengan merebus tiga gelas air dengan 10 lembar daun salam.

 

9 dari 11 halaman

Daun Salam Sama Jahe Obat Apa?

Dikutip dari Health Shots (23/10/2023), mengonsumsi air rebusan daun salam dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Minum Rebusan Daun Salam untuk Darah Tinggi?

Menurut Defriani (2016) mengemukakan bahwa mengkonsumsi rebusan daun salam sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

11 dari 11 halaman

Apakah Rebusan Daun Salam Bisa Mengobati Asam Lambung?

Manfaat lain dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini