Sukses

Cara Memasak Kulit Manggis untuk Turunkan Kolesterol, Sehat Tidak Perlu Mahal

Kulit manggis terkenal dengan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, salah satunya untuk mengontrol kolesterol tubuh. Begini penjelasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Manggis merupakan buah tropis yang banyak ditemui di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Dipercaya kaya manfaat untuk kecantikan, beragam produk seperti kosmetik, sabun, krim, dan lotion, karena kandungan senyawa-senyawa aktifnya dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Tak hanya rasa buahnya yang enak, kulit buah bernama latin Garcinia mangostana L. ini juga kaya akan manfaat kesehatan. Hal ini karena kulit manggis mengandung berbagai nutrisi, salah satunya antioksidan yang mampu melawan efek buruk radikal bebas.

Tak tanggung-tanggung, manfaat kulit buah berwarna ungu ini dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan ringan hingga berat seperti kolesterol dan kanker. Berikut ini cara memasak kulit manggis yang bisa membantu menurunkan kolesterol tubuh. Dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (4/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Di dalam kulit manggis ditemukan kandungan xanthone yang dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Sebuah penelitian juga menyebutkan jika kulit manggis bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Meski begitu, penelitian lebih lanjut tentang manfaat kulit manggis untuk pencegahan kanker masih terus berlanjut.

3 dari 11 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

Beberapa studi terhadap hewan menunjukkan bahwa kulit manggis efektif menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan dan xanthone dalam ekstrak kulit manggis yang memiliki efek sebagai anti-inflamasi.

Kandungan serat dalam kulit manggis juga baik untuk mengendalikan kadar lemak dalam darah. Lemak darah yang terkendali ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

4 dari 11 halaman

Mengontrol Gula Darah

Kandungan xanthone dalam kulit manggis juga berkhasiat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta mengontrolnya agar tetap stabil. Karenanya, tak jarang kulit manggis dimanfaatkan sebagai obat herbal yang untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes.

5 dari 11 halaman

Menutrisi Kulit

Khasiat kulit manggis untuk kecantikan salah satunya adalah untuk membantu menjaga elastisitas kulit. Sehingga, penggunaan produk kecantikan atau skincare dengan kandungan ekstrak kulit manggis akan bagus untuk menjadikan kulit lebih kencang dan awet muda. 

Manfaat kecantikan dari kulit manggis ini diperoleh dari kandungan antiradang dan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan sel akibat sinar UV.

6 dari 11 halaman

Cara Mengolah Kulit Manggis

Salah satu cara simpel untuk mengonsumsi kulit manggis adalah dengan menjadikannya teh. Berikut langkah-langkahnya dilansir dari alodokter.com.

Bahan-bahan:

  • 1 genggam kulit manggis yang sudah kering
  • 1 kantong teh celup1 batang serai
  • 1,5 liter air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Jahe secukupnya

 

Cara memasak:

Cuci kulit manggis, jahe kupas, dan serai sampai bersih.Rebus semua bahan tersebut dan tambahkan 1 kantong teh celup.Tunggu sampai mendidih dan air menyusut.Saring dan tuang ke dalam gelas.Tambahkan sedikit gula atau maduTeh kulit manggis siap disajikan.

7 dari 11 halaman

Kulit Manggis bisa Mengobati Penyakit Apa Saja?

Manfaat berikutnya dari kulit manggis adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Studi telah menunjukkan bahwa kulit manggis mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, senyawa-senyawa tersebut juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan fungsi ginjal.

8 dari 11 halaman

Berapa Kali Sehari Minum Air Rebusan Kulit Manggis?

Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari. Direbus dan dikeringkan, caranya adalah iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur di terik matahari hingga kering, hal ini bertujuan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama serta tahan terhadap jamur.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Memanfaatkan Kulit Manggis?

Kulit manggis yang sudah kering bisa diolah menjadi jus kulit manggis, wedang kulit manggis, puding kulit manggis, kopi kulit manggis, atau sekadar direbus menjadi ramuan herbal.

10 dari 11 halaman

Apakah Buah Manggis Baik untuk Asam Urat?

Khasiat antiinflamasi kulit manggis juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang seringkali terjadi pada penderita asam urat.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Kulit Manggis Direbus?

Rebus kulit manggis dalam air bersih selama sekitar 30-40 menit, dan jangan biarkan air rebusan terlalu mendidih atau terlalu lama direbus, agar kandungan nutrisi pada kulit manggis tidak hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.