Sukses

Inilah Bukti Emosi Seseorang Dapat Mempengaruhi Kesehatannya

Setiap orang mengalami bermacam-macam emosi setiap harinya. Emosi tersebut pun dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh seseorang. Yuk, simak bagaimana emosi dapat mempengaruhi kesehatan!

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan American Psychological Association (APA), emosi merupakan reaksi mental yang bersifat subjektif dan melibatkan respon perilaku dan fisik. Emosi yang dialami seseorang bergantung pada cara tubuh dan pikiran individu tersebut menafsirkan situasi. Emosi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, dan kemampuan untuk mengenali serta mengelola emosi dengan baik dapat membantu mencegah dampak negatif bagi kesehatan mental dan fisik.

Berikut ini penjelasan lebih luas dan lengkap mengenai emosi dan pengaruhnya dikutip dari Health.com (27/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Macam-macam Emosiyang Dimiliki Manusia

Emosi dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu emosi dasar dan emosi kompleks. Emosi dasar meliputi perasaan bahagia, sedih, jijik, takut, terkejut atau kaget, dan marah. Sementara itu, emosi kompleks mencakup perasaan yang tidak memiliki ekspresi wajah universal, seperti perasaan iri, cinta, malu, cemburu, bersyukur, bersalah, bangga, khawatir, dan menyesal.

3 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Emosi Bekerja

Para peneliti menemukan bahwa, meskipun emosi berasal dari sistem otak seseorang, tujuannya adalah untuk menggerakkan tubuh individu tersebut. Setiap emosi yang dirasakan seseorang dirancang untuk memicu reaksi tubuh tertentu melalui rangsangan sensorik dan impuls yang terorganisir.

4 dari 11 halaman

Bagaimana Emosi Mempengaruhi Kesehatan Mental Seseorang

Dalam memahami dampak emosi terhadap kesehatan mental, penting untuk diingat bahwa tidak ada emosi yang sepenuhnya negatif atau buruk. Emosi yang negatif sebenarnya merupakan sinyal bahwa ada ketidakseimbangan yang perlu diperbaiki. Ketika seseorang dapat mengenali dan mengelola emosi tersebut dengan baik, hal tersebut menciptakan ketahanan. Sebaliknya, ketidakmampuan untuk merespons emosi negatif dapat mengakibatkan harapan yang tidak realistis, yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan mental.

5 dari 11 halaman

Bagaimana Emosi Mempengaruhi Kesehatan Fisik Seseorang

Penelitian menunjukkan adanya korelasi antara emosi positif dan kesehatan fisik. Individu yang memiliki sikap positif terhadap kehidupan umumnya memiliki kesehatan fisik yang lebih baik, termasuk tekanan darah dan kadar gula darah yang lebih rendah, serta risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Namun, para peneliti belum dapat memastikan apakah emosi positif secara langsung menyebabkan peningkatan kesehatan fisik, atau sebaliknya, memiliki kesehatan yang baik dapat menyebabkan seseorang merasa lebih positif secara emosional.

6 dari 11 halaman

Mengelola dan Mengekspresikan Emosi dengan Baik

Cara efektif untuk mengelola emosi termasuk meningkatkan kemampuan dalam mengakui perasaan, menata ulang pola pikir, menghabiskan waktu di alam, mengutamakan tidur, mencoba meditasi kesadaran, dan menerapkan teknik relaksasi.

7 dari 11 halaman

Bagaimana Emosi Dapat Mempengaruhi Kesehatan?

Emosi negatif seperti marah, kesedihan, agresi, kecemasan, kebencian, dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Emosi Dapat Berpengaruh Pada Perilaku Manusia?

Emosi mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia, karena mampu mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial.

9 dari 11 halaman

Mengapa Seseorang Dapat Dikatakan Sehat Secara Emosional?

Seseorang dapat dikatakan sehat secara emosional jika ia mampu mengelola masalah sehari-harinya.

10 dari 11 halaman

Apa hubungan perilaku mudah marah dengan kesehatan?

Orang yang sering marah cenderung lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, hingga stres kronis.

11 dari 11 halaman

Apakah emosi mempengaruhi kepribadian seseorang?

Emosi merupakan salah satu aspek yang berpengaruh cukup besar terhadap sikap manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.