Sukses

Rasanya Memang Aneh, Begini Cara Rebus Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat

Meskipun kurang bisa dinikmati karena rasanya yang kurang sedap, buah mengkudu ternyata memiliki segudang manfaat loh. Begini cara tepat mengolahnya.

Liputan6.com, Jakarta Mengkudu, buah bernama latin Morinda Citrifolia ini, cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena khasiatnya yang luar biasa. Buah dengan tampilan unik satu ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang cukup tinggi. Tak jarang masyarakat memanfaatkannya selain sebagai obat, juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Tak hanya itu, buah satu ini juga sering dikonsumsi untuk menurunkan gula darah, kolesterol, asam urat, bahkan darah tinggi. Walaupun rasanya pahit, khasiat buah yang satu ini memang tidak dapat diremehkan.

Cara mengkonsumsi tanaman obat satu ini adalah dengan meminum air rebusannya. Adapun bagaimana cara merebus buah mengkudu dengan tepat agar khasiatnya tidak hilang akan dipaparkan dalam artikel ini. Dirangkum dari beberapa sumber pada Rabu (28/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Siapkan Beberapa Bahan Rebusan

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 2 buah mengkudu yang sudah matang, 400 ml air, dan 1 sdm madu untuk mengurangi rasa pahitnya nanti.

3 dari 10 halaman

2. Bersihkan Buah Mengkudunya

Cuci buah mengkudu di air mengalir hingga seluruh permukaannya benar-benar bersih. Pastikan juga buah mengkudu yang dipakai matang dari pohon dan tidak terlalu lembek agar khasiatnya bisa maksimal.

4 dari 10 halaman

3. Proses Merebus

Potong-potong buah mengkudu lalu rebus di air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Setelah sesuai durasi yang ditentukan, angkat dan saring rebusan mengkudu.

5 dari 10 halaman

4. Tambahkan Madu

Ambil air rebusan mengkudu yang sudah disaring. Tambahkan madu 1 sdm atau sesuai selera untuk mengurangi rasa pahitnya. Air rebusan mengkudu siap dikonsumsi untuk menurunkan gula darah dan asam urat. 

6 dari 10 halaman

Daun Mengkudu Mengobati Penyakit Apa Saja?

  • Mengurangi risiko kanker.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Memperlambat penuaan.
  • Meningkatkan sistem imun.
  • Menyembuhkan luka.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mencegah terjadinya penyakit kronis.
  • Mencegah TBC.
7 dari 10 halaman

Berapa Kali Sehari Minum Air Rebusan Mengkudu?

Minum air rebusan daun mengkudu sehari 2 kali selama 3 hari. Setelah itu minum secara kondisional tergantung kondisi/pengobatan yang dilakukan. Berikut ini khasiat mengonsumsi daun mengkudu untuk kesehatan tubuh.

8 dari 10 halaman

Mengkudu Sebaiknya Diminum Kapan?

Disebutkan melalui deherba.com, dosis yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi mengkudu bagi anda yang berusia di atas 16 tahun adalah meminum jus ini 2 kali sehari sebanyak 25 ml sekali minum, sebelum makan pagi dan sebelum makan malam.

9 dari 10 halaman

Apakah Buah Mengkudu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat pace/ mengkudu/ buah noni untuk mengatasi radang lambung dan membantu menambah jumlah bakteri baik dalam lambung sehingga dapat mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori yang sering menyebabkan masalah pada lambung.

10 dari 10 halaman

Apakah Mengkudu Baik untuk Ginjal?

WALAUPUN rupanya tidak seksi dan memiliki bau yang menyengat, namun buah mengkudu atau pace (morinda citrifolia) memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, reumatik, darah tinggi, diabetes, ginjal, kanker, alergi, asma, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.