Sukses

Tanpa Direbus Lebih Dulu, Begini Cara Bikin Sambal Hijau ala Rumah Makan Padang yang Wangi

Aroma dan kelezatan sambal hijau disebut-sebut merupakan faktor yang membuat masakan Padang disukai banyak orang. Kira-kira bagaimana ya cara membuat sambal hijau yang wangi? Ternyata begini resepnya.

Liputan6.com, Jakarta Seenak apapun masakan padang seperti rendang, gulai ayam, gulai cincang, hingga usus sapi, rasanya tidak akan lengkap tanpa sambal hijau.

Ternyata, sambal hijau atau yang juga dikenal sebagai lado mudo ini berasal dari kuliner Melayu Riau dengan cabai hijau sebagai bahan utama. Saat ini, lado mudo lebih umum digunakan sebagai pelengkap nasi padang.

Meskipun sambal hijau ini sudah sangat umum ditemui di berbagai masakan padang, sayangnya masih banyak orang yang gagal membuatnya.

Jadi, bagaimana cara membuat sambal hijau ala rumah makan Padang yang harum dan wangi? Menurut informasi dari video YouTube yang diunggah oleh kanal Mami Cinta pada Rabu (28/02/2024), berikut ini adalah resepnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

SIapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Banyak orang yang gagal membuat sambal hijau karena menggunakan bahan yang kurang tepat. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat sambal hijau:

●     500 gram cabai hijau.

●     300 gram tomat hijau.

●     10 siung bawang merah.

●     Minyak goreng.

●     1 sdm garam.

●     1 sdm penyedap rasa.

3 dari 12 halaman

Cuci Cabai Hijau dan Tomat Hijau

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci cabai hijau dan tomat hijau hingga benar-benar bersih. Namun perlu diingat, mencuci keduanya harus dilakukan secara bergantian.

Siapkan 2 buah baskom, yang satu diisi air untuk mencuci, dan yang satu lagi untuk menaruh cabai dan tomat yang sudah dicuci.

4 dari 12 halaman

Tumis Tomat Hijau, Cabai Hijau, dan Bawang Merah

Langkah selanjutnya, tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam penggorengan. Setelah itu, masukkan tomat hijau yang sudah dicuci, lalu tumis hingga lembut.

Jika sudah cukup lembut, masukkan cabai hijau dan tumis kembali hingga cabai layu. Baru sesudah itu  masukkan 10 siung bawang merah, lalu tumis kembali hingga semua layu.

Agar cabai tetap hijau, proses penumisan tidak perlu lama-lama, sehingga aromanya bisa harum dan tidak pahit. Jika sudah selesai menumis, masukkan kembali ketiga bahan tadi ke dalam baskom.

 

5 dari 12 halaman

Tambahkan Garam dan Penyedap Rasa

Untuk memperkuat cita rasa, tambahkan satu sendok makan garam dan penyedap rasa (MSG) ke dalam baskom yang sudah terisi cabai hijau, tomat hijau, dan bawang merah.

6 dari 12 halaman

Tumbuk Seluruh Bahan Hingga Halus dan Merata

Tahap selanjutnya, tumbuk seluruh cabai, tomat, dan bawang merah yang sudah dicampur dengan garam dan penyedap rasa menggunakan sodet hingga benar-benar halus dan merata.

Perlu diingat, tahap ini memang benar-benar harus ditumbuk dan jangan diblender, karena jika diblender rasanya akan menjadi pahit.

 

7 dari 12 halaman

Siram dengan Minyak Panas

Setelah seluruh bahan sudah ditumbuk sampai halus, siram minyak goreng yang sudah dipanaskan ke dalam campuran cabai yang sudah dihaluskan tadi.

Pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu panas, karena dapat memengaruhi rasa sambal. Selain itu, minyak yang terlalu panas juga dapat berbahaya pada wadah baskom.

Jangan lupa aduk sambal hijau dengan minyak panas hingga tercampur merata. Nah, sekarang sambal hijau ala rumah makan Padang yang wangi sudah siap untuk dihidangkan.

8 dari 12 halaman

Berapa Lama Sambal Bisa Bertahan di Suhu Ruang?

Karena itu, bakteri akan berkembang dengan cepat pada rentang suhu sekitar 4 hingga 60 derajat Celcius, menyebabkan sambal tidak boleh dibiarkan melebihi waktu dua jam.

9 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Membuat Sambal agar Lebih Tahan Lama?

Tempatkan sambal di dalam kulkas. Dengan demikian, sambal dapat disimpan di dalamnya selama seminggu penuh. Metode ini dapat membuat sambal tetap segar lebih lama.

10 dari 12 halaman

Apakah Sambal Bisa Dipanaskan Kembali?

Makanan yang mengandung santan umumnya cenderung cepat basi, oleh karena itu perlu diperhatikan teknik pemanasannya. Jika tersisa sambal goreng, Anda dapat menghangatkannya kembali dengan masak hingga mendidih dengan membentuk gelembung, lalu diamkan sejenak sebelum mematikan api.

11 dari 12 halaman

Apa Perbedaan antara Sambal Mentah dan Sambal Matang?

Biasanya, hanya tomat dan terasi yang digunakan untuk membuat sambal matang, sedangkan untuk sambal mentah, variasi bahan tambahannya lebih luas, termasuk sereh, daun jeruk, jeruk limau, belimbing wuluh, dan mangga. Sambal mentah tidak dimasak sama sekali.

12 dari 12 halaman

Berapa Lama Tumis Sambal?

Biasanya, menyajikan sambal tidak memakan waktu lama, setidaknya 7 hingga 12 menit sudah cukup untuk memasaknya. Namun, penting untuk memastikan bahwa sambal yang dimasak sudah benar-benar matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.