Sukses

Profil dan Agama Ade Rai, Mantan Altet Binaraga yang Selalu Tampil Bugar

Liputan6.com, Jakarta I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha atau yang dikenal dengan Ade Rai adalah seorang binaragawan berkebangsaan Indonesia. Beberapa prestasi nasional dan internasional telah diraih oleh pria kelahiran Bali ini selama karirnya sebagai binaragawan.

Pria kelahiran 6 Mei 1970 ini memutuskan pensiun dari karir binaraga. Setelahi memutuskan untuk pensiun dari dunia atlet, dirinya mendirikan serta memiliki beberapa restoran, dan klub juga pusat kebugaran di Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Berbagai prestasi yang diraihnya dan menjadi cerita menarik hingga saat ini. Meski jarang tampil di layar kaca, Ade Rai tetap aktif berkarya setiap hari. Sama hal nya dengan menjaga kesehatan tubuh, dirinya tetap konsisten untuk melakukan kegiatan olahraga.

Penasaran dengan perjalanan karir seorang Ade Rai dari dulu hingga saat ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dirangkum pada Senin (12/02/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Biodata Ade Rai

Nama lengkap Ade Rai adalah I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai, lahir di Jakarta pada tanggal 6 Mei 1971.

Ade dikenal sebagai binaragawan dan selebritis. Dirinya pernah mengenyam dunia perkuliahan sebagai lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional

Di usia 10 tahun, berat Ade kecil hanya 25 kg. Meski sudah mencapai tinggi badannya saat ini (183 cm) saat remaja, Ade Rai masih memiliki tubuh langsing dengan berat hanya 55 kg.

3 dari 10 halaman

Awal Karir Ade Rai

Awalnya, Ade Rai sempat menggeluti cabang olahraga bulu tangkis, namun ternyata takdir membawanya ke dunia binaraga.

Pada tahun 1994, Ade Rai memenangkan kejuaraan nasional pertamanya di divisi kelas berat. Gelar juara pada kategori ini terus dipertahankan hingga tahun 2007.

4 dari 10 halaman

Prestasi Gemilang di Kejuaraan Dunia

Pada tahun 1995, lulusan FISIP Universitas Indonesia ini meraih prestasi internasional pertamanya yang diberi nama Mr. Asia.

Di tahun 1996, Ade Rai mengikuti kejuaraan dunia drug-free paling bergengsi saat itu, Musclemania World. Dengan persiapan yang matang, Ade Rai menjadi juara dunia Musclemania di kategori ringan dan juara umum.

5 dari 10 halaman

Sumbang Medali Emas Untuk Indonesia

Kemenangan dan gelar juara nasional membuat Ade Rai mendapat kesempatan untuk mengikuti turnamen multi event Asia Tenggara (SEA Games) tahun 1997. Ia berhasil meraih juara pertama dan menyumbang medali emas untuk Indonesia. 

Pada tahun 1998, Ade Rai kembali mewakili Indonesia di Mr. Asia Pro/Am Classic dan meraih gelar juara di sana.

Tahun 2000 merupakan tahun terakhir Ade Rai berkompetisi di turnamen binaraga internasional. Dua gelar juara dunia, Superbody Professional dan Musclemania Professional, diraih di tahun yang sama.

6 dari 10 halaman

Kehidupan Pasca Menjadi Atlet Binaraga

Meski usianya menginjak 52 tahun, Ade Rai tetap menjaga kekuatan fisik dan bentuk tubuhnya yang kencang.

Pola hidup sehat Ade Rai merupakan investasi jangka panjang. Tak heran jika ia kerap diminta menjadi model iklan, termasuk iklan minuman berenergi.

Setelah pensiun sebagai atlet, Ade Rai mulai aktif di dunia bisnis dengan membuka tempat gym, menjual produk suplemen kesehatan, dan menyelenggarakan program pelatihan sertifikasi bagi para profesional kebugaran. 

Ade Rai juga aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui olahraga melalui penerbitan buku dan majalah serta berbagai talkshow di radio dan televisi.

7 dari 10 halaman

Agama dan Kepercayaan Ade Rai

Banyak pihak yang menduga Ade Rai masuk Islam karena keikutsertaannya dalam video musik religi bertajuk Islam Itu Indah yang dirilis pada tahun 2013. Hingga saat ini perbincangan Ade tentang agama dan keyakinan Rai masih beredar. 

Namun kenyataannya Ade Rai sudah menganut agama dan kepercayaan Hindu sejak kecil.

Ade Rai sangat menjunjung tinggi agama yang dianutnya. Dirinya juga seorang pembaca Bhagavad Gita, kitab suci agama Hindu.

8 dari 10 halaman

Ade Rai Sarjana Apa?

Diketahui Ade Rai menempuh jurusan Hubungan Internasional di FISIP UI.

9 dari 10 halaman

Ade Rai Juara Dunia Apa?

Dikutip dari sumber lain, pada tahun 2000, ia berhasil meraih dua gelar Juara Dunia, yaitu Superbody Professional dan Musclemania Professional.

10 dari 10 halaman

Ade Rai SMA di Mana?

Diketahui Ade merupakan alumnus di SMA Kolese Kanisius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini