Sukses

Kenali 5 Manfaat Membaca Buku Self-Help Setiap Hari

Sedang mencari bacaan yang berbeda? Yuk, coba baca buku self-help dan rasakan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda pikirkan saat mendengar buku self-help atau pengembangan diri? Mungkin terkesan buku dengan tema yang berat dan sulit untuk dipahami. Namun, sebenarnya tidak seperti itu. 

Buku self-help yang beredar sebenarnya bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, dan potensi yang Anda miliki. Maka tidak mengherankan banyak sekali buku self-help yang ada dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini. Lalu, jangan lupa juga untuk membacanya sampai habis, ya.

Setelah membaca buku itu, mungkin Anda sendiri akan termotivasi untuk melakukan perubahan. Tidak perlu besar-besaran, mulai dari hal terkecil pun juga bisa dilakukan. Setidaknya, cobalah untuk membaca satu self-help untuk menginspirasi Anda.

Cukup satu bab atau 20 halaman setiap hari dan dilakukannya secara rutin, bisa membuat perbedaan besar dalam cara Anda memandang diri sendiri dan dunia di sekitar Anda.

Melansir dari Mindbodygreen, Jumat (2/2/2024), berikut ini lima manfaat membaca buku self-help yang bisa didapatkan:

1. Menafsirkan Diri Sendiri dengan Lebih Positif

Ketika Anda membaca buku yang menginspirasi setiap hari, Anda membanjiri otak Anda dengan kata-kata positif dan konsep-konsep yang membangkitkan semangat. Meluangkan waktu untuk hal ini akan meningkatkan getaranmu dan membuatmu tetap dalam kondisi optimal lebih sering daripada tidak membaca buku sama sekali. 

Jadi, perasaan Anda pun akan lebih positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Terinspirasi untuk Membuat Pilihan yang Lebih Baik

Banyak buku self-help dilengkapi dengan latihan dan petunjuk yang membuat Anda berpikir tentang pilihan yang Anda buat dan alasan Anda mengambil pilihan tersebut. Evaluasi yang jujur atas hidupmu sebagaimana adanya membebaskan Anda untuk melakukan perubahan yang perlu Anda lakukan sambil tetap merasa nyaman dengan diri sendiri.

Ketika Anda menyadari pemikiran di balik tindakanmu, Anda dapat menghapus rekaman pikiran negatif Anda dan menggantinya dengan kata-kata cinta, berbagai kemungkinan yang timbul, kekuatan, dan keajaiban.

Hal ini membuatmu sangat sadar akan apa yang Anda pilih untuk mengisi harimu, sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak hal yang berhasil. Termasuk menjadi lebih sedikit melakukan hal yang gagal.

3 dari 4 halaman

3. Mengembangkan Kehidupan yang Bermanfaat

Membaca buku yang menginspirasi setiap hari bukanlah untuk memperbaiki kehidupanmu - melainkan untuk meningkatkan kehidupanmu. Inti dari buku self-help adalah mengembangkan lebih banyak apa yang Anda miliki, bukan meningkatkan apa yang Anda anggap kurang.

Saat Anda menganggap setiap buku sebagai peta harta karun untuk menemukan pengetahuan tersembunyi, Anda mengadopsi sikap ceria dan penuh rasa ingin tahu yang memungkinkan Anda menjelajahi setiap buku.

4. Menerobos keterbatasan Anda

Anda mulai percaya bahwa Anda bisa menjadi lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan mengalami lebih banyak. Kumpulan kata-kata inspiratif setiap hari memacumu untuk mengeksplorasi kemampuanmu, dan di mana letak keterbatasan Anda sehingga Anda dapat melampauinya.

Inilah cara Anda menjadi lebih kuat dan lebih baik. Di mana Anda menantang diri sendiri untuk pergi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, sehingga Anda dapat mengalami apa yang belum pernah Anda alami sebelumnya. 

4 dari 4 halaman

5. Bertumbuh Menjadi Versi yang Terbaik

Semua pemikiran positif, pengambilan keputusan, dan pilihan yang lebih baik membuat Anda haus akan pertumbuhan dan keunggulan. Anda mendapati dirimu memetakan visi hidupmu dan menyusun rencana tindakan yang membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Meskipun proyek-proyek ini belum tentu terkait dengan pekerjaan atau kariermu, proyek-proyek ini ditujukan pada bagian dirimu yang ingin merasa hidup dan puas setiap saat.

Sekalipun Anda kesulitan pada awalnya, ada baiknya Anda membaca buku yang menginspirasi setiap pagi atau pada waktu mana pun yang paling cocok untukmu. Anda dapat memperkuat kreativitas, produktivitas, citra diri positif, dan kemampuan Anda. Memulai itu sederhana, dan hanya membutuhkan komitmen untuk memulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.