Sukses

Hati-hati, Ternyata Stres Bisa Jadi Pemicu Susah BAB

Anda sering merasa stres lalu terserang konstipasi? Inilah fakta yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, rasanya kita tidak benar-benar lepas dari tekanan hingga dapat menyebabkan stres. Seperti misalnya terkait tumpukan tugas dari pekerjaan yang tidak ada habisnya, tiba-tiba bertengkar dengan pasangan hanya karena meributkan hal-hal sepele, keluarga yang sakit, hingga barang-barang di rumah yang habis dan Anda tidak memiliki stoknya. Tidak jarang, kemacetan di jalan pun tidak bisa dihindari.

Akibat yang timbul dari hal ini salah satunya perut yang tidak terasa penuh dan tidak merasa nyaman. Bahkan, Anda pun juga menyadari sudah berhari-hari tidak Buang Air Besar atau BAB.

Lantas, apakah benar stres bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit? Berdasarkan informasi dari PureWow, Kamis (1/2/2024), Dr. Vicente Mera yang merupakan kepala Penyakit Dalam di SHA Wellness Clinic di Altea, Spanyol, akan menjelaskannya kepada Anda.

Termasuk apakah kesibukan yang Anda jalani saat ini mungkin bertanggung jawab terhadap masalah pencernaan yang terjadi, seperti sembelit atau konstipasi. Yuk, simak bersama!

Apa Penyebab Sembelit?

Menurut Dr. Mera, sembelit—suatu kondisi yang terjadi ketika tinja melewati saluran pencernaan terlalu lambat sehingga menyebabkan saluran pencernaan mengering dan mengeras—memiliki banyak kemungkinan penyebab.

Termasuk penyumbatan di usus besar atau rektum, robekan kecil di sekitar anus, penyumbatan pada saluran pencernaan. usus, kanker usus besar, penyempitan usus besar, masalah pada otot panggul dan masih banyak lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Stres Dapat Menyebabkan Sembelit?

Seperti disebutkan sebelumnya, hormon berperan penting dalam mengatur sistem pencernaan. Jika Anda bertanya-tanya apakah stres bisa menyebabkan sembelit, jawabannya adalah ya. Hormon stres, khususnya, dapat secara langsung mempengaruhi proses tubuh yang berkontribusi pada buang air besar, jelas Dr. Mera.

“Situasi stres memicu pelepasan hormon yang disebut epinefrin dari kelenjar adrenal, yang berperan dalam respons tubuh melawan atau lari,” jelas dokter.

Hal ini penting karena ketika respons fight-or-flight terjadi, aliran darah diarahkan ke organ-organ vital seperti jantung dan otak, sehingga memperlambat pencernaan.

“Lebih jauh lagi, stres meningkatkan keberadaan corticotropin-releasing factor (CRF) di usus, yang dapat menyebabkan peningkatan intestinal permeability [dan] dapat mengubah bakteri sehat di usus, sehingga berdampak pada pergerakan usus yang normal.”

Memang benar, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Expert Review of Gastroenterology and Hepatology menyimpulkan bahwa pelepasan CRF dapat menyebabkan sembelit dengan bekerja langsung pada usus serta melalui central nervous system (CNS), dan dikaitkan dengan disfungsi motilitas, permeabilitas, dan peradangan di saluran pencernaan.

Terlebih lagi, Dr. Mera menunjukkan bahwa stres juga dikaitkan dengan faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan sembelit—yaitu “orang cenderung memiliki pola makan yang buruk, kurang minum air, dan kurang berolahraga saat stres.”​

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Sembelit Saat Stres

Anda stres, atasan Anda stres, ibu Anda stres, dan semua stres itu membuat Anda semakin stres sehingga Anda baru menyadari bahwa sudah berhari-hari Anda tidak juga Buang Air Besar.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya, tergantung apakah masalah sembelitnya kronis atau tidak. Pertama, para ahli merekomendasikan untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat dalam hal pola makan dan olahraga serta cukup tidur, yang dapat membantu mengatasi sembelit dan stres yang mungkin menjadi penyebabnya atau tidak.

Mencari perbaikan yang lebih cepat?

“Sembelit sesekali dapat diobati dengan obat pencahar yang dijual bebas,” kata Dr. Mera.

Jika sembelit Anda kronis, Anda sebaiknya menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mungkin mendapatkan solusi yang dapat diberikan dengan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda dan dokter mencurigai bahwa stres adalah penyebab sembelit kronis, sebaiknya Anda fokus pada kesehatan mental daripada hanya mengobati gejala somatik.

“Dalam kasus kecemasan atau depresi, mencari bantuan dari terapis atau terapis perilaku kognitif sangat penting,” kata Dr. Mera, menambahkan bahwa “antidepresan dosis rendah seperti selective serotonin reuptake inhibitors dan tricyclic antidepressants dapat membantu mengurangi kecemasan yang menyebabkan sembelit sehingga mempengaruhi neurotransmiter di otak dan usus.”​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.