Sukses

Mengungkap Misteri Dua Spesies Dinosaurus Terbaru dengan Bentuk yang Unik

Peneliti temukan 2 spesies dinosaurus baru di Amerika Utara. Ditemukan di Montana dan Alberta, Canada. Hidupnya sekitar 145-66 juta tahun lalu yang dekat masa kepunahan massal, diperkirakan oleh hantaman asteroid. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman keberagaman dinosaurus di akhir periode Cretaceous.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini para peneliti mengumumkan penemuan dua jenis dinosaurus baru di Amerika Utara, yang termasuk dalam kelompok dinosaurus yang dijuluki sebagai 'ikonik dan aneh'. Informasi ini tercatat dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Papers in Palaeontology. Spesies-spesies ini ditemukan di wilayah timur Montana dan selatan Alberta, Kanada, memberikan wawasan baru mengenai ragam dinosaurus pada akhir periode Cretaceous.

Diperkirakan bahwa kedua jenis dinosaurus ini hidup sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu, mendekati peristiwa kepunahan massal yang mengakhiri keberadaan dominasi dinosaurus di Bumi. Peneliti yakin bahwa tumbukan asteroid raksasa sekitar 66 juta tahun yang lalu menjadi pemicu utama dari peristiwa tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pachycephalosaurus

Spesies-spesies baru ini termasuk dalam kelompok dinosaurus pachycephalosaurus, yang terkenal dengan ciri unik di kepala mereka. Temuan ini memberikan gambaran yang lebih kaya tentang evolusi dan adaptasi dinosaurus pada masa itu, menyajikan potongan puzzle baru dalam sejarah panjang kehidupan prasejarah di planet kita.

"Pachycephalosaurus adalah dinosaurus 'berkepala kubah'. Mereka berjalan dengan dua kaki dan memakan tumbuhan, namun yang membuat mereka begitu ikonik dan aneh adalah kebanyakan dari mereka memiliki massa tulang padat berbentuk bola besar di bagian atas kepala mereka," Cary Woodruff, ahli paleontologi di Phillip & Patricia Frost Museum of Science dan penulis penelitian tersebut, mengatakan kepada Newsweek .

"Anggota terbesar dari kelompok ini disebut Pachycephalosaurus , dan ia memiliki kubah setebal 9 inci!" Perilaku Pachycephalosaurus, termasuk fungsi kepala berbentuk kubah, merupakan topik banyak penelitian dan perdebatan ilmiah. 

“Beberapa ahli paleontologi mengira mereka menggunakan kepala berbentuk kubah untuk membenturkan kepala seperti domba bertanduk besar. Yang lain berpendapat bahwa tutup kepala yang rumit ini digunakan untuk membedakan spesies,” kata Woodruff.

“Dan kubah-kubah tersebut berkembang seiring dengan pertumbuhan hewan tersebut—kubah yang masih muda memiliki kubah yang datar hingga kecil, dan kubah tersebut akan semakin besar seiring bertambahnya usia hewan tersebut—jadi beberapa orang berpikir bahwa kubah tersebut seperti papan reklame visual untuk memamerkan hal-hal seperti identifikasi spesies, usia, dan sebagainya. , dan bahkan mungkin gender."

3 dari 7 halaman

2. Tulang Tengkorak Squamosa

Woodruff dan rekannya mengumumkan penemuan dua jenis dinosaurus berdasarkan satu tulang tengkorak bernama squamosal. Dalam penelitian mereka, spesies yang ditemukan di Montana dinamai Sphaerotholus triregnum, sedangkan yang ditemukan di Alberta diberi nama Sphaerotholus lyonsi.

Panjang kedua dinosaurus ini diperkirakan mencapai sekitar 6 kaki, mulai dari hidung hingga ekor, dengan kubah di kepala mereka seukuran jeruk. Kedua jenis dinosaurus ini termasuk dalam genus pachycephalosaurus, dan temuan ini memberikan wawasan baru tentang ciri-ciri dan perkembangan kelompok spesies Sphaerotholus yang lebih besar.

“Sebelumnya, ahli paleontologi telah menemukan tiga spesies Sphaerotholus lainnya, dan yang membuatnya unik adalah mereka memiliki tonjolan kecil runcing yang disebut simpul dalam satu baris yang mengelilingi kubah. Namun S. triregnum dan S. lyonsi memiliki beberapa baris simpul . . triregnum memiliki tiga baris dan S. lyonsi memiliki dua baris." S. triregnum dan S. lyonsi masing-masing hidup 66 juta tahun lalu dan 77 juta tahun lalu. Lingkungan yang mereka tinggali akan terlihat sangat berbeda dengan keadaan saat ini. Saat itu, kedua wilayah tersebut merupakan lingkungan yang hangat, lembab, dan subur

“Kita tidak tahu apa yang menjelaskan kedua garis keturunan ini—misalnya, apakah mereka bisa membedakan satu sama lain? Tapi kita bisa melihat bahwa garis keturunan ini tidak hanya hidup berdampingan satu sama lain, tapi mereka juga berevolusi berdampingan satu sama lain. hingga kepunahan massal yang mengakhiri kekuasaan dinosaurus non-unggas 66 juta tahun lalu,” kata Woodruff. S. triregnum dan S. lyonsi masing-masing berasal dari Formasi Hell Creek dan Formasi Taman Dinosaurus. Ini adalah dua formasi geologi yang mengandung dinosaurus yang paling banyak dipelajari di Bumi. 

Namun, ini adalah pertama kalinya salah satu spesies tersebut ditemukan, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin masih menyembunyikan lebih banyak dinosaurus kecil yang belum diketahui. 

“Formasi ini terkenal dengan dinosaurus besar seperti Triceratops dan Tyrannosaurus . Jauh lebih mudah untuk menemukan tulang dinosaurus besar yang terkikis dari bukit,” kata Woodruff. “Dan penelitian sebelumnya telah berhipotesis bahwa meskipun kita mungkin telah menemukan sebagian besar dinosaurus besar dari formasi terkenal tersebut, kita kemungkinan akan terus menemukan spesies kecil baru.”

4 dari 7 halaman

Question and Answer

1. Dari mana asal mula dinosaurus?

Kemunculan pertama dinosaurus di Bumi diduga terjadi di Amerika Selatan pada masa ketika Bumi masih menjadi satu daratan besar, yang dikenal sebagai Pangea. Dinosaurus diyakini berasal dari evolusi archosaurs, sejenis reptil yang memiliki nenek moyang yang sama dengan aves dan buaya.

 

5 dari 7 halaman

2. Sejak kapan kepunahan dinosaurus terjadi?

Dinosaurus, makhluk purba, diperkirakan punah sekitar 66 juta tahun lalu. Kepunahan ini bersamaan dengan jatuhnya asteroid seukuran 10 kilometer, yang memiliki daya hancur setara dengan 10 miliar bom atom, menyapu bersih berbagai spesies di Bumi.

 

6 dari 7 halaman

4. Apa jenis dinosaurus terakhir yang hidup di Bumi?

Chenanisaurus barbaric merupakan jenis dinosaurus terakhir yang ditemukan. Fosil dinosaurus yang lebih muda dari jenis ini ditemukan di tambang di Maroko Utara oleh para peneliti.

 

7 dari 7 halaman

5. Siapa yang pertama kali menemukan fosil dinosaurus?

Menurut catatan ilmuwan Amerika, fosil dinosaurus pertama kali ditemukan oleh seorang naturalis Inggris bernama Robert Plot pada tahun 1677. Seorang naturalis adalah peneliti yang fokus pada penyelidikan tumbuhan dan hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini