Sukses

Foto-foto Pernikahan, Profil dan Agama Anisha Rosnah yang Resmi Menjadi Istri Pangeran Abdul Mateen dengan Mahar Rp11,7 Juta

Pangeran Brunei Darussalam Abdul Mateen resmi menikahi pujaan hatinya, Anisha Rosnah.

Liputan6.com, Jakarta Abdul Mateen, pangeran muda dari Kerajaan Brunei Darussalam menjadi pusat perhatian publik karena pesonanya yang rupawan.

Pernikahannya dengan Dayang Anisha Rosnah, pada Kamis (11/1/24) pun sempat menghebohkan warganet. Dayang Anisha Rosnah atau yang dikenal dengan nama Anisha Rosnah, juga menjadi topik perbincangan di berbagai media sosial setelah Abdul Mateen membagikan foto mereka di Instagram.

Oleh karena itu, yuk simak profil dan agama hingga potret pernikahan Anisha Rosnah dan Pangeran Abdul Mateen yang dirangkum dari berbagai sumber, pada Jumat (12/1/24).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Profil Anisha Rosnah

Nama Lengkap: Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam

Nama Panggilan: Anisha Rosnah

Tanggal Lahir: 6 November 1994

Profesi: Pengusaha dan Publik Figur

Pasangan: Pangeran Abdul Mateen

Saudara: 3 bersaudara

Anisha Rosnah berasal dari keluarga terpandang. Kakeknya, Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim, merupakan penasihat penting bagi Sultan Hassanal Bolkiah. Kakek Anisha Rosnah diangkat sebagai penasihat umum untuk Yang Mulia Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam pada tahun 1971 sampai 2005, hal ini yang membuat kakeknya dekat dengan lingkungan kerajaan.

Anisha Rosnah melanjutkan pendidikannya di Universitas Bath di Inggris. Kemudian ia mengaplikasikan pengetahuannya dalam bisnis fashion. Ia aktif mengelola bisnis fashion bernama Silk Collective, sambil mengurus bisnis travel-nya yang bernama Authentinerary.

3 dari 11 halaman

Agama Anisha Rosnah

Anisha Rosnah menganut agama Islam. Hal ini terlihat saat acara pengajian jelang pernikahannya dengan Pangeran Abdul Mateen.

Anisha Rosnah tampil cantik mengenakan hijab berwarna putih dan tenun khas Brunei Darussalam. Pada kesempatan tersebut, Anisha Rosnah juga menunjukkan keahliannya dalam membaca Al-Qur'an.

4 dari 11 halaman

Profil Pangeran Abdul Mateen

Nama Lengkap: Abdul Mateen ibni Hassanal Bolkiah

Nama Panggilan: Abdul Mateen

Tanggal Lahir: 10 Agustus 1991

Tempat Lahir: Begawan, Brunei Darussalam

Ayah: Sultan Hassanal Bolkiah

Ibu: Hajah Mariam

Akun Instagram: @tmski

Pangeran Abdul Mateen merupakan putra keempat dari Sultan Hassanal Bolkiah dan Datin Paduka Seri Mariam Abdul Aziz.

Meski ia dikenal dengan nama singkatnya, nama lengkap Pangeran Abdul Mateen adalah Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda 'Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah.

Abdul Mateen mengikuti kursus kedinasan di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris, dan dirinya tercatat sebagai kandidat termuda yang diterima di lembaga pendidikan militer tersebut. Setelah lulus dari kursus komisioning sebagai perwira kadet, ia naik pangkat menjadi Letnan Dua pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, Pangeran Abdul Mateen meraih gelar Bachelor of Arts dengan jurusan politik internasional dari King’s College University, London.

5 dari 11 halaman

Acara Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah

Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjalani prosesi akad nikah, pada Kamis (11/1/24) di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Sultan Hassanal Bolkiah, kerabat, dan undangan turut hadir dalam prosesi tersebut. Acara pernikahan mereka dirayakan dengan meriah selama 10 hari, dimulai dengan lamaran kerajaan atau Majlis Istiadat Bersuruh Diraja pada 7 Januari 2024.

6 dari 11 halaman

Mahar Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah

Pada prosesi akad nikah, Pangeran Abdul Mateen dengan tegas menyampaikan ijab kabul dan memberikan mahar sejumlah 1.000 ringgit tunai atau yang setara dengan Rp11,7 juta kepada Anisha Rosnah.

7 dari 11 halaman

Apakah Pangeran Marteen Sudah Menikah?

Pada tanggal 7 Januari 2024, proses lamaran dan penerimaan Titah Kerajaan diadakan sebagai bagian dari pembukaan upacara pernikahan Prince Mateen dan Anisha Rosnah. Pernikahan ini secara resmi diumumkan dan kabarnya akan disertai dengan penampilan musisi istana.

8 dari 11 halaman

Abdul Mateen Anak Siapa?

Anak ke-10 dari Sultan Brunei Hasanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen, adalah anak ke-4 dari mantan istri Sultan, Puan Mariam Binti Abdul Aziz. Pada tahun 2003, Sultan dan Puan Mariam resmi bercerai.

9 dari 11 halaman

Kenapa Brunei Darussalam Terpisah?

Pada awalnya, Sarawak berada di bawah pemerintahan Kesultanan Brunei. Namun, campur tangan James Brooke meningkatkan kekuatan Sarawak, bahkan sampai pada titik di mana Sarawak "menggulingkan" Brunei. Dampaknya, pada tahun 1884, wilayah Brunei direbut dan terbagi menjadi dua bagian.

10 dari 11 halaman

Berapa Banyak Istri Sultan Brunei?

Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Abdul Mateen, yang dikenal dengan nama 'Melayu,' dilahirkan pada 10 Agustus 1991 dan saat ini berusia 32 tahun. Adalah rahasia umum bahwa Sultan Hassanal Bolkiah memiliki 12 anak dari tiga istri yang berbeda.

11 dari 11 halaman

Siapa Anisha Rosnah?

Anisha Rosnah, yang berusia 29 tahun, adalah cucu dari Isa bin Awang Ibrahim, penasihat utama Sultan Hassanal Bolkiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini