Sukses

5 Tanda Pasangan Tidak Mau Berkomitmen denganmu

Berikut beberapa tanda pasangan tidak mau berkomitmen denganmu

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang siap dan mau berkomitmen dengan orang lain—baik itu sekadar monogami atau bertunangan. Berita bagus? Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang tidak akan pernah berkomitmen pada Anda.

Aura De Los Santos, psikolog klinis di E-Health Project, memiliki pengalaman lebih dari sembilan tahun membantu klien mengatasi masalah kencan mereka dan bekerja dengan pasangan dalam masalah komitmen. Dia mengatakan sangat penting untuk memperhatikan petunjuk-petunjuk ini sehingga Anda dapat mengetahui apakah hubungan yang Anda investasikan begitu banyak waktu dan energi memiliki masa depan atau tidak.

“Anda mungkin terlalu berharap untuk mengambil langkah selanjutnya dalam hubungan Anda dengan orang tersebut ketika orang tersebut tidak benar-benar menginginkannya,” jelasnya. "Tanda-tanda ini memungkinkan Anda memikirkan rencana Anda daripada membuang-buang waktu."

De Los Santos mengungkapkan lima tanda utama tersebut. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Mereka mengubah topik pembicaraan saat Anda mencoba memajukan hubungan

Perhatikan bagaimana pasangan Anda berperilaku ketika Anda membicarakan topik tentang komitmen—misalnya, membicarakan tentang pernikahan impian Anda atau menanyakan apakah dia ingin tinggal bersama pada akhirnya.

Jika mereka cenderung selalu mengubah topik pembicaraan setiap kali Anda berbicara tentang langkah selanjutnya dalam hubungan Anda, De Los Santos mengatakan itu adalah tanda bahaya besar bahwa mereka tidak nyaman dengan gagasan komitmen.

Penting juga untuk memperhatikan apa yang mereka katakan ketika topik umum tentang komitmen muncul. Misalnya, jika dia mengatakan sesuatu yang sarkastik atau pesimis saat teman Anda bertunangan, itu pertanda kuat bahwa dia tidak tertarik untuk menikah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka tidak akan memperkenalkan Anda kepada orang yang mereka sayangi

Saat Anda mulai membayangkan masa depan bersama seseorang, wajar jika Anda ingin dia bertemu teman dan keluarga Anda. Lagi pula, jika pasangan Anda ingin memainkan peran besar dalam sisa hidup Anda, Anda mungkin ingin memastikan mereka rukun dengan orang yang Anda cintai.

Jadi, jika Anda sudah lama berkencan dengan pacar Anda saat ini dan dia tampaknya tidak tertarik untuk memperkenalkan Anda kepada lingkaran dalamnya—atau lebih buruk lagi, dia secara aktif menghindari untuk mengizinkan Anda bertemu—De Los Santos mengatakan itu adalah petunjuk lain bahwa mereka mungkin menghindari komitmen.

Tentu saja, penting untuk diingat bahwa tidak ada batas waktu yang "tepat" untuk bertemu teman dan keluarga pasangan Anda—beberapa orang mungkin merasa siap setelah beberapa minggu berkencan, sementara yang lain mungkin ingin menunggu beberapa bulan.

Jika Anda tidak yakin dengan posisi pasangan Anda, coba tanyakan dengan santai kapan dia mungkin ingin memperkenalkan Anda. Jika mereka bereaksi dengan panik atau mencoba mengalihkan pembicaraan ke topik lain, itu adalah tanda bahaya.

 

3 dari 4 halaman

3. Mereka menarik diri saat Anda mendekat

Mungkin pasangan Anda menghilang selama beberapa hari setelah Anda melakukan percakapan yang mendalam dan intim dengannya. Atau, mungkin dia mulai bersikap dingin dan menjaga jarak setelah pertama kali bertemu dengan saudara Anda. Sekarang Anda bertanya-tanya: Apa penyebabnya?

Menurut De Los Santos, bertindak seperti ini saat Anda mulai dekat adalah tanda bahwa mereka takut akan komitmen dengan Anda.

“Anda mungkin merasa mereka menjauh dari Anda,” jelasnya. Seseorang yang bersemangat untuk berkomitmen pada Anda akan bersandar pada keintiman seperti ini, bukan lari darinya.

4. Mereka tidak menyertakan Anda dalam rencana masa depan

Perhatikan saat pasangan Anda berbicara tentang masa depan—apakah itu perjalanan yang ingin mereka lakukan tahun ini, pernikahan yang mereka undang, atau acara lain yang ingin mereka hadiri.

Jika mereka tidak pernah menyebut Anda selama percakapan ini, De Los Santos mengatakan itu berarti mereka secara sadar atau tidak tidak menyertakan Anda dalam rencana mereka. Ini adalah tanda jelas bahwa mereka mungkin tidak melihat hubungan Anda semakin maju.

 

4 dari 4 halaman

5. Mereka memprioritaskan hal dan orang lain

Cara pasangan Anda menghabiskan waktunya dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang prioritasnya. Apakah mereka meluangkan waktu untuk mencari kesempatan bertemu Anda meskipun jadwalnya sibuk? Atau apakah mereka hanya menelepon atau mengirim SMS di menit-menit terakhir pada Sabtu malam ketika mereka tidak punya rencana lain?

“Menghabiskan waktu bersama pasangan adalah hal mendasar untuk memperkuat ikatan,” kata De Los Santos pada Best Life. Jadi, jika pasangan Anda sepertinya punya banyak waktu untuk berteman atau melakukan aktivitas lain—tetapi malah membuat alasan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama Anda—itu tandanya dia menghindari ikatan dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.