Sukses

11 Buku Favorit Barack Obama 2023, Cocok untuk Anda Baca

Barack Obama sering kali membagikan daftar buku bacaannya kepada masyarakat, yang menjadikan dirinya memiliki pemikiran hebat. Lantas, apa sajakah buku yang dibacanya?

Liputan6.com, Jakarta - Di balik kecerdasan seseorang, mereka memiliki daftar buku bacaan favorit yang menjadi acuannya dalam mengembangkan pikiran. Tak terkecuali Barack Obama, mantan presiden yang terkenal kepintarannya itu seringkali menghabiskan waktu di depan buku bacaan yang menarik.

Melalui hobinya tersebut, Barack Obama menjadikan buku sebagai tradisi untuk berbagi rekomendasi, di setiap akhir tahun melalui sosial medianya. Lalu, apa sajakah buku favorit yang menjadi bacaannya di sepanjang tahun 2023 ini?

Melansir laman CNBC, Kamis (28/12/2023), Barack Obama membagikan daftar buku yang bisa dijadikan referensi bacaan di tahun ini.

“Jika Anda mencari buku baru selama liburan, cobalah salah satunya. Dan jika bisa, berbelanjalah di toko buku independen atau periksa di perpustakaan setempat,” tulis Obama.

1. The Kingdom, the Power, and the Glory oleh Tim Alberta

Jurnalis pemenang penghargaan dan staf penulis untuk The Atlantic menindaklanjuti buku terlarisnya di New York Times, American Carnage, dengan ulasan yang tepat waktu, dilaporkan dengan cermat, dan mendalam mengenai perpecahan yang mengancam kehancuran gerakan evangelis Amerika.

Umat ​​Kristen Evangelis mungkin adalah kelompok yang paling terpolarisasi—dan paling sedikit dipahami—yang hidup di Amerika Serikat saat ini. Dalam buku barunya yang sangat penting, The Kingdom, the Power, and the Glory, jurnalis Tim Alberta, yang juga seorang penganut Kristen dan putra seorang pendeta evangelis, melukiskan potret gerakan evangelis Amerika yang luas dan sangat meresahkan.

Melalui sudut pandang para televangelis dan pengkhotbah di kota kecil, para selebritass yang menghidupkan kembali gereja, dan pengunjung gereja sehari-hari, Alberta menceritakan kisah tentang iman yang direndahkan oleh rasa takut sesaat, sebuah janji yang dirusak oleh akal-akalan partisan, dan sebuah reputasi yang ternoda oleh skandal yang tiada henti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. The Maniac oleh Benjamin Labatut

Maniac menempatkan von Neumann di tengah triptych sastra yang dimulai dengan Paul Ehrenfest, seorang fisikawan Austria dan teman Einstein, yang putus asa ketika dia melihat sains dan teknologi menjadi kekuatan tirani.

Hal itu berakhir seratus tahun kemudian, dalam pertarungan antara Go Master Korea Selatan Lee Sedol dan program AI AlphaGo, sebuah pertemuan yang mewujudkan pertanyaan sentral dari proyek paling ambisius yang belum selesai dari von Neumann---penciptaan mesin yang dapat bereproduksi sendiri, sebuah kecerdasan yang mampu untuk berkembang melampaui pemahaman atau kendali manusia.

Sebuah karya yang indah dan momentum yang luar biasa, The Maniac menghadapkan pembaca pada pertanyaan-pertanyaan terdalam yang kita hadapi sebagai suatu spesies.

3. How to Say Babylon: A Memoir oleh Safiya Sinclair

Dengan gaung dari Educated and Born a Crime, How to Say Babylon adalah kisah menakjubkan tentang perjuangan penulis untuk melepaskan diri dari didikan Rastafarian yang kaku, di mana mereka diatur oleh pandangan patriarki ketat ayahnya dan kendali represif terhadap masa kecilnya, untuk menemukan suaranya sendiri sebagai seorang wanita dan penyair.

3 dari 6 halaman

4. Poverty, by America oleh Matthew Desmond

Matthew Desmond, pemenang penghargaan Pulitzer, Evicted, menata ulang perdebatan mengenai kemiskinan dengan membuat argumen baru untuk menguatkan tentang mengapa kemiskinan masih ada di Amerika, lewat buku Poverty, by America.

Amerika Serikat dikenal negara terkaya di dunia, namun masih memiliki masalah kemiskinan lebih banyak dibandingkan negara demokrasi maju lainnya. Hal inilah yang memancing penulis untuk menulis buku Poverty, by America.

Dalam buku tersebut, sosiolog terkenal Matthew Desmond memanfaatkan ilmu sejarah, penelitian, dan laporan orisinal untuk menunjukkan bagaimana orang Amerika yang kaya membuat masyarakat miskin tetap miskin, dalam keadaan sadar maupun tidak.

5. The Wager oleh David Grann

Dari penulis terlaris #1 New York Times, Killers of the Flower Moon, sebuah kisah yang membalik halaman tentang kapal karam, kelangsungan hidup, dan kebiadaban, yang berpuncak pada pengadilan militer yang mengungkap kebenaran yang mengejutkan.

Narasi yang kuat mengungkapkan makna yang lebih dalam dari peristiwa di Taruhan, menunjukkan bahwa bukan hanya kapten dan kru yang diadili, tetapi juga gagasan tentang kerajaan.

4 dari 6 halaman

6. Chip War oleh Chris Miller

Sejarawan ekonomi, Chris Miller, menjelaskan bagaimana semikonduktor memainkan peran penting dalam kehidupan modern dan bagaimana Amerika Serikat menjadi dominan dalam desain dan manufaktur chip, serta menerapkan teknologi ini pada sistem militer.

Kemenangan Amerika dalam Perang Dingin dan dominasi militer globalnya berasal dari kemampuannya alam memanfaatkan kekuatan komputasi secara lebih efektif dibandingkan kekuatan lainnya.

Namun di sini juga, Tiongkok sedang mengejar ketertinggalannya, dengan ambisi pembuatan chip dan modernisasi militer yang berjalan seiring. Amerika telah membiarkan komponen-komponen utama dalam proses pembuatan chip terlepas dari genggamannya, sehingga berkontribusi tidak hanya terhadap kekurangan chip di seluruh dunia namun juga Perang Dingin baru dengan musuh negara adidaya yang sangat ingin menjembatani kesenjangan tersebut.

7. The Vaster Wilds oleh Lauren Groff

Novel baru Lauren Groff merupakan kisah petualangan yang mendebarkan dan dongeng yang mendalam tentang upaya menemukan cara hidup baru di dunia yang menyerah pada gejolak kolonialisme.

The Vaster Wilds adalah sebuah karya dengan kekuatan nyata dan bersifat profetik, yang menceritakan kisah Amerika dalam bentuk mini, melalui seorang gadis di titik balik dalam sejarah, yang menanyakan bagaimana dan apakah kita dapat beradaptasi dengan cukup cepat untuk menyelamatkan diri kita sendiri.

5 dari 6 halaman

8. Humanly Possible oleh Sarah Bakewell

Humanisme adalah tradisi pemikiran luas yang menempatkan kemanusiaan, semangat budaya, dan tanggung jawab moral sebagai pusat kehidupan kita.

Pandangan dunia humanistik yang jernih dan mencerahkan sekaligus kaleidoskopik dan sangat ambigu, telah mengilhami orang selama berabad-abad untuk membuat pilihan berdasarkan prinsip pemikiran bebas, penyelidikan intelektual, perasaan sesama manusia, dan optimisme.

Dalam sejarah baru yang luas ini, Sarah Bakewell, yang merupakan seorang humanis seumur hidup, menerangi masalah humanisme yang sangat pribadi, individual, dan manusiawi serta membawa pembaca pada petualangan intelektual yang besar.

9. The Best Minds oleh Jonathan Rosen

The Best Minds adalah kisah brilian dan memilukan Jonathan Rosen tentang tragedi di Amerika. Ini adalah kisah tentang ikatan keluarga, persahabatan, dan komunitas, serta iming-iming solusi utopis.

The Best Minds adalah versi ekstrem dari sebuah cerita yang secara tragis sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Di tangan penulis yang berbakat dan berdedikasi, Jonathan Rosen, maknanya akan bergema secara luas.

6 dari 6 halaman

10. All the Sinners Bleed oleh S.A. Cosby

Titus Crown adalah sheriff kulit hitam pertama dalam sejarah Charon County, Virginia. Dalam beberapa dekade terakhir, Charon hanya melakukan dua pembunuhan.

Setelah bertahun-tahun bekerja sebagai agen FBI, Titus tahu lebih baik dari siapa pun bahwa meskipun kampung halamannya mungkin tampak seperti negeri minuman keras, roti jagung, dan tanaman merambat berbau harum, rahasia selalu tersembunyi di bawah permukaan.

Kemudian setahun setelah terpilihnya Titus, seorang guru sekolah dibunuh oleh mantan siswanya dan siswa tersebut ditembak mati oleh wakil Titus. Rahasia-rahasia yang membusuk itu kini terbuka dan siap menghancurkan kota tersebut.

11. The Heaven & Earth Grocery Store oleh James McBride

The Heaven & Earth Grocery Store menjadi buku terlaris yang menjadi pemenang penghargaan buku nasional, serta salah satu buku favorit Barack Obama.

Berawal di tahun 1972, di mana para pekerja di Pennsylvania menggali fondasi untuk pembangunan, hal terakhir yang mereka harapkan adalah menemukan kerangka besar di dasar sumur.

Ketika para tokoh menjadi tumpang tindih, hal tersebut menjelaskan betapa kerasnya berjuang hidup di pinggiran kota untuk bertahan hidup. Lalu, kebenaran terungkap tantang apa yang terjadi di Chicken Hill dan peran kelompok kulit putih di dalamnya.

Lewat buku ini, McBride menunjukkan betapa masa kelam, cinta, dan komunitas adalah hal-hal yang menopang hidup manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.