Sukses

Profil dan Agama Andre Onana, Sosok Kiper Manchester United

Andre Onana merupakan kiper Kamerun berbakat yang memikat dunia dengan keterampilan luar biasa di lapangan. Tidak hanya terkenal karena kiper andal, tetapi juga karena ramah, rendah hati, dan perjalanan spiritualnya yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Andre Onana adalah seorang kiper memesona yang berasal dari Kamerun, ia telah menarik perhatian dunia karena bakatnya yang sangat luar biasa di lapangan sepak bola.

Tidak hanya terkenal karena kemampuannya sebagai kiper yang handal saja, tetapi juga karena kepribadiannya yang ramah dan rendah hati. Selain itu, agama dari Andre juga ternyata menjadi hal yang menarik perhatian publik.

Oleh karena itu, yuk simak profil dan agama Andre Onana, yang dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (27/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Profil dan Biodata Andre Onana

Nama lengkap : Andre Onana

Tanggal lahir : 02 April 1996

Tempat lahir : Nkol Ngok, Kamerun

Usia : 27 tahun

Kebangsaan : Kamerun

Klub : Manchester United

Nomor Punggung : 24

Posisi : Kiper

Tinggi badan : 190 cm

Andre Onana yang lahir pada tanggal 2 April 1996 adalah pemain sepak bola profesional Kamerun yang sempat bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Eredivisie Ajax dan tim nasional Kamerun. 

Onana adalah seorang pribadi yang hangat dan rendah hati. Ia kerap membagikan momen kesehariannya dengan keluarga, teman, dan rekan setimnya di platform media sosial seperti Instagram. Selain itu, ia juga aktif dalam kegiatan sosial, terutama dalam penyuluhan tentang bahaya HIV.

Menurutnya, keluarga memiliki nilai penting dalam hidupnya. Ia juga sering berbagi kisah masa kecilnya di Kamerun serta perjuangannya menjadi seorang pemain sepak bola profesional.

3 dari 11 halaman

Agama Andre Onana

Berita tentang perpindahan agama Andre Onana menjadi Muslim sempat menghebohkan publik pada tahun 2019. Sebelumnya, Onana dikenal sebagai sosok yang religius dan mengungkapkan keberpihakannya terhadap agama Kristen. 

Namun setelah beberapa bulan mempelajari dan menelaah tentang agama Islam, ia memutuskan untuk memeluk agama tersebut.

4 dari 11 halaman

Kemampuan serta Karakteristik Andre Onana

Andre Onana dikenal karena kemampuan refleksnya yang luar biasa dan keberaniannya dalam menghadapi para pemain lawan di area gawang. Selain itu, keahlian kaki yang cakap dalam mengoper bola memungkinkannya untuk membantu membangun serangan dari lini belakang. 

Kepribadiannya yang tenang dan sifat kepemimpinannya di lapangan membuatnya dihormati oleh rekan-rekan setimnya.

5 dari 11 halaman

Perjalanan Karier Andre Onana

Akademi Barcelona

Pada usia 14 tahun, Andre Onana memulai perjalanan karier sepak bolanya dengan bergabung di Eto'o Academy sebelum kemudian memutuskan untuk berpindah dan bergabung dengan La Masia, akademi sepak bola yang dikelola oleh Barcelona. Selama rentang waktu lima tahun mulai dari 2010 hingga 2015, Onana mengukir pengalamannya bersama tim muda Barcelona dari tingkat U-16 hingga U-19.

Bergabung ke Ajax

Setelah itu, Ajax memilih untuk merekrutnya dari Barcelona dengan biaya transfer sekitar 150 ribu euro pada Januari 2015. Di Ajax, karier Andre Onana terus meroket berkat penampilannya yang mengesankan. Ia telah tampil sebanyak 148 kali dalam pertandingan liga domestik bersama Ajax, menunjukkan performa yang memukau selama berada di klub tersebut.

Dihukum karena kasus doping

Pada 30 Oktober 2020, Andre Onana terlibat dalam skandal doping setelah hasil tes menunjukkan adanya Furosemide, suatu zat terlarang oleh Badan Anti-Doping Internasional (WADA). Akibatnya, Onana dijatuhi sanksi larangan bermain selama 1 tahun baik di level klub maupun timnas. Ia menyatakan bahwa ia secara tidak sengaja mengonsumsi obat yang sebenarnya milik istrinya.

Cemerlang di Inter

Pada tahun 2022, Andre Onana bergabung resmi dengan Inter Milan. Ia menunjukkan performa yang luar biasa, bahkan mampu menggantikan peran kiper utama sebelumnya, Samir Handanovic. Ia pun sukses menjadi kiper utama Inter Milan dan membawa Inter hingga ke partai final Liga Champions. Prestasi gemilangnya membuat Manchester United tertarik untuk merekrutnya ke Old Trafford, mengisi posisi kiper yang ditinggalkan oleh De Gea.

6 dari 11 halaman

Prestasi dan Penghargaan

Selama di Ajax

  • Eredivisie: 2018/2019, 2020/2021
  • KNVB Cup: 2018/2019, 2020/2021
  • Johan Cruyff Shield: 2019
  • UEFA Europa League runners-up: 2016/2017

Selama di Inter Milan

  • Coppa Italia
  • Piala Super Italia

Selama di Timnas Kamerun

  • 2021 Africa Cup of Nations juara ketiga

Individual

  • Indomitable Lion of the Year (Cameroonian footballer of the year): 2018
  • Best African Goalkeeper: 2018
  • Eredivisie Team of the Year: 2018/2019
  • CAF Team of the Year: 2019
  • IFFHS CAF Men Team of The Year: 2020
7 dari 11 halaman

Apakah Andre Onana Seorang Gelandang?

Andre Onana digambarkan menyerupai ‘gelandang bertahan’ dalam laporan Pengamat Teknis UEFA tentang Liga Champions 2022-23. Hal ini karena dia kerap menjadi kreator serangan dari lini belakang atau tengah lapangan. Akan tetapi dia sebenarnya adalah kiper.

8 dari 11 halaman

Berapa Jumlah Kebobolan Andre Onana?

Sejauh ini, Andre Onana sudah memainkan enam laga kompetitif bersama Manchester United dan sudah mengalami kebobolan sebanyak 14 kali.

9 dari 11 halaman

Siapa Pemain Terbaik di Manchester United?

Bruno Fernandes menempati posisi puncak dalam daftar pemain terbaik Manchester United di Premier League 2022/2023.

10 dari 11 halaman

Siapa Kakak Andre Onana?

Kesuksesan Andre Onana menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini tidak lepas dari sosok kakak kandungnya, yakni Nnana Onana. Bahkan, awal mula Andre Onana terjun ke dunia sepak bola adalah berkat kakaknya.

11 dari 11 halaman

Siapa Kiper Tertinggi di Dunia?

Andries Noppert (Belanda) - 203 cm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini