Sukses

Terapkan 7 Langkah Ini Agar Bahagia Ketika Bangun Tidur

Bangun tidur merupakan hal yang sulit dilakukan, tetapi kamu dapat melakukan beberapa langkah sederhana agar bahagia ketika bangun tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan dari kamu mungkin menganggap bangun tidur merupakan hal yang sulit dilakukan. Kamu mungkin juga sudah mengetahui hal klasik, yaitu dengan meletakkan alarm jauh dari tempat tidurmu, kamu akan mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Namun, berikut ada beberapa langkah yang jarang diketahui dan mungkin bisa membuat awal harimu jauh lebih bahagia ketika bangun tidur, seperti yang dilansir dari halaman Life Hack pada Rabu (27/12/23).

1. Tertawa

Tertawa bukan hanya obat terbaik, melainkan juga merupakan peringatan terbaik. Mendengarkan lelucon yang memicu tawa akan membuat hormon endorfin mengalir deras ke dalam sistem tubuhmu sehingga kamu menjadi lebih siap untuk menjalani hari. Bila kamu tidak bisa mengumpulkan kekuatan untuk tertawa, cobalah memikirkan sesuatu yang membuatmu tersenyum.

2. Menghirup Udara Segar

Bila kamu tinggal di dekat garis khatulistiwa maka sinar matahari merupakan teman terbaikmu. Bagi kamu yang berada jauh di utara dan selatan, dapat memanfaatkan sinar matahari pagi selama musim panas, tetapi harus menyiapkan cahaya buatan ketika musim dingin tiba.

Apa pun sumbernya, memaparkan dirimu pada cahaya setelah kamu bangun dari tempat tidur akan memicu kecenderungan alami tubuhmu untuk mengasosiasikan siang hari dengan keadaan terjaga.

Jika kamu merasa sangat pusing, menghirup udara segar akan menjernihkan pikiran dan paru-parumu. Bila bisa, cobalah untuk berjalan-jalan, tetapi pastikan kamu tidak terlalu menutup diri. Suhu yang lebih dingin dan sedikit lebih tinggi akan lebih baik untuk membuatmu tetap terjaga karena memaksa jantungmu bekerja lebih keras untuk menjaga seluruh tubuhmu tetap hangat. Namun, bila kamu tidak bisa keluar, cobalah untuk membuka jendela atau pintu agar udara segar bisa masuk.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Beri Hadiah untuk Dirimu Sendiri

Salah satu cara terbaik untuk melakukan sesuatu yang kamu rasa tidak ingin dilakukan adalah dengan menciptakan insentif yang memuaskan untuk melakukannya. Jika kamu takut dengan bunyi alarm setiap pagi, rencanakan sesuatu yang menarik sebagai hadiah karena mematuhi panggilan buruknya dan benar-benar bangun dari tempat tidur.

Makanan merupakan salah satu hadiah sederhana yang bisa kamu berikan pada dirimu. Misalnya, merencanakan sarapan lezat, seperti pancake, oatmeal, atau gorengan. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga dengan santai, seperti jalan pagi.

4. Sederhanakan Rutinitas Pagimu

Pastinya, kamu tidak ingin bangun tidur dengan stres dan kepanikan. Cobalah untuk menyederhanakan rutinitas bagimu. Selesaikan sebanyak mungkin pekerjaan berat malam sebelumnya, seperti menyetrika pakaian, menyiapkan tas, dan barang apa pun yang kamu perlukan untuk hari itu. Kamu mungkin akan menyadari bahwa ketika rutinitas pagimu menjadi lebih mudah, kamu mungkin akan mulai bersemangat untuk bangun dan memulai harimu.

5. Bicaralah

Berbicara dengan seseorang merupakan salah satu cara termudah untuk memulai hari. Berbicara membuatmu mendengarkan, menafsirkan, dan merespons semua aktivitas secara alami dan lembut membut otakmu bersiap untuk hari yang akan datang.

 

3 dari 3 halaman

6. Minum Air Mineral Sebelum Tidur

Salah satu cara pasti untuk bangun dari tempat tidur adalah dengan membiarkan alam memainkan perannya. Kamu tetap harus minum 8--10 gelas air sehari, tetapi cobalah minum setidaknya satu gelas besar sebelum tidur. Bila kamu berada dalam kondisi kesehatan yang baik, kamu ungkin menganggap panggilan alam sebagai alarm alami yang kamu butuhkan.

7. Rapikan Tempat Tidurmu

Kamu pasti menyukai sprei cantik, tampilan tempat tidur nyaman yang ditutupi bantal yang menakjubkan. Mungkin kamu merasa sangat bersalah ketika naik ke tempat tidur setelah kamu berusaha untuk merapikannya. 

Yang terpenting, ingatkan dirimu mengapa kamu harus bangun dan gunakan itu sebagai motivasi diri untuk bangun di pagi hari yang sangat sulit itu. Bereksperimenlah untuk menemukan apa pun yang cocok untukmu dan kamu juga pasti akan bangun dengan bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.