Sukses

Hanya Pakai 2 Bahan Dapur, Ini Cara Cuci Lap Dekil Berminyak Jadi Bersih dan Harum Kembali

Hilangkan noda minyak di lap dapur dengan dua bahan dapur ini.

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan lap dapur yang dipenuhi minyak dan noda bisa menjadi tugas yang menantang. Ruang masak sering menjadi saksi kegiatan memasak yang padat, meninggalkan bekas minyak dan noda yang sulit dihapus. Noda-noda tersebut dapat berasal dari semprotan minyak selama proses menggoreng, tumpahan bumbu yang berminyak, atau sisa-sisa hidangan yang menempel pada permukaan serbet.

Adanya lapisan minyak di lap dapur bukan hanya membuatnya terlihat kotor, tetapi juga dapat meninggalkan aroma yang kurang sedap. Membersihkan lap dapur kadang-kadang menjadi sulit karena ketahanan noda dan bau yang menyertainya. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini dan mengembalikan kebersihan lap dapur.

Seorang konten kreator YouTube dengan kanal CookEasyAndDelicious membagikan triknya dalam mencuci lap dapur tanpa menggunakan air panas. Metodenya hanya menggunakan dua bahan dapur dan terbukti efisien dalam menghilangkan noda serta memberikan aroma segar setelah proses pencucian.

Inilah trik membersihkan serbet dapur yang berminyak menurut CookEasyAndDelicious di YouTube, yang dirangkum pada hari Senin (10/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Langkah Pertama

Siapkan sebuah ember atau wadah yang memiliki kapasitas yang memadai. Isilah wadah tersebut dengan air, tidak perlu menggunakan air panas, cukup gunakan air pada suhu ruang.

3 dari 7 halaman

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya, tambahkan 2 sendok makan deterjen bubuk dan 1 sendok makan sabun cuci piring ke dalam ember atau wadah. Selanjutnya, bahan dapur yang akan digunakan dalam trik ini adalah baking soda dan cuka. Tambahkan 2 sendok makan baking soda dan cuka sesuai kebutuhan. Aduk rata semua bahan hingga tercampur secara merata.

4 dari 7 halaman

Langkah Ketiga

Letakkan lap ke dalam larutan yang telah disiapkan sebelumnya. Rendamlah selama satu hari penuh untuk memudahkan proses pembersihan. Campuran bahan dapur tersebut akan bekerja untuk menghilangkan noda dan mengatasi aroma kurang sedap pada lap dapur.

5 dari 7 halaman

Langkah Keempat

Setelah proses perendaman sepanjang hari, buang air rendamannya dan tiriskan lap dapur. Selanjutnya, sikatlah lap dengan menggunakan sikat kain.

Saat menyikat, dapat menambahkan deterjen lagi untuk memastikan noda semakin hilang. Bilas lap dengan air dan jemurlah hingga kering. Setelah proses tersebut, lap akan tampak bersih dan beraroma segar seperti baru.

6 dari 7 halaman

Apakah Kain Microfiber Bisa Dicuci?

Setelah digunakan, seharusnya lap mikrofiber segera dicuci untuk menjaga keadaannya tetap optimal. Dengan mencuci lap secara teratur, lap dapat tetap dalam kondisi yang baik dan siap digunakan kembali tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

7 dari 7 halaman

Kain Lap Microfiber untuk Apa?

Lap mikrofiber yang terbuat dari serat sintetis memiliki sejumlah fungsi yang berguna. Selain dapat digunakan untuk mengeringkan mobil yang basah, lap ini juga efektif untuk membersihkan debu, dan sering kali menjadi pilihan utama untuk mengaplikasikan lapisan wax pada permukaan mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.