Sukses

5 Tren Gaya Hidup yang Viral Sepanjang 2023, Kamu Sempat Coba yang Mana?

Mulai dari grounding sampai Ashwagandha, beberapa tren gaya hidup ini pasti sering kamu temukan di tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pandemi COVID-19, kesehatan fisik dan kesehatan mental kita juga berubah dan mengalami dampak yang cukup signifikan, ya. Itulah kenapa, pola kesehatan kita pun menjadi lebih penting daripada sebelum-sebelumnya.

Apalagi, selama tahun 2023, Anda tentunya sering melihat berbagai tren seputar gaya hidup yang berseliweran di media sosial. Hal ini pun karena dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang berubah dan memprioritaskan kesehatan dan kebugaran mereka sebagai tindakan pencegahan di tengah tekanan keuangan.

Jadi, sejumlah tren yang berkembang diperkirakan akan ikut meningkatkan kesehatan kita sebelum pandemi.

Nah, istilah gaya hidup terkini pun juga sempat dijadikan sebagai tema konten, baik dalam bentuk tulisan atau video yang menjadi tren viral di mana-mana, termasuk TikTok.

Namun sayangnya, dengan begitu banyaknya keributan di media sosial dan ratusan produk dengan klaim berani yang muncul setiap minggunya, akan sulit untuk membedakan tren yang sebenarnya dari produk kesehatan.

Itu sebabnya, seperti yang kami himpun dari Glamour Magazine, Rabu (20/12/2023), ada sejumlah tren kesehatan dan gaya hidup yang sempat viral di tahun 2023. Akan tetapi, beberapa tren ini juga sudah disetujui oleh para ahli yang terdiri dari dokter, ahli gizi, dan pakar kesehatan sehingga bisa Anda ikuti dengan aman dan tanpa rasa takut.

Lalu, apa saja tren-tren viral itu? Apakah Anda pernah mencobanya juga? Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Grounding atau Earthing

Grounding, atau earthing seperti yang diketahui beberapa orang, berkaitan dengan menghubungkan secara listrik dengan bumi, dan semakin banyak penelitian yang menemukan beberapa manfaat kesehatan dari grounding tubuh fisik Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr Simoné Laubscher, perumus koleksi kecantikan-melalui-kesehatan WelleCo dan pendiri Rejuv Wellness, "Menyentuh elemen alam - keluar di taman, atau taman, meletakkan tangan Anda di tanah, berjalan atau duduk di rumput, berenang di laut, dan bahkan memenuhi rumah Anda dengan tanaman atau bermain dengan hewan peliharaan akan meningkatkan mikrobioma internal dan mikrobioma rumah Anda."

Namun, tidak semua orang bisa memiliki waktu untuk membumi dengan tanah, karena Anda pun juga harus menghabiskan banyak waktu sehari di rumah untuk bekerja.

Kalau sudah begini, coba pertimbangkan untuk membeli alas grounding yang bisa diletakkan di bawah laptop, atau letakkan di bawah kaki Anda saat Anda bekerja untuk mengurangi radiasi elektromagnetik.

3 dari 5 halaman

2. Mengonsumsi Ashwagandha

Herbal adaptogenik dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi stres, kecemasan, dan bahkan tingkat energi dan Ashwagandha adalah salah satu yang paling populer di TikTok saat ini.

Ini biasanya telah digunakan dalam Ayurveda selama berabad-abad sebagai cara untuk relaks dan menenangkan pikiran, mendorong tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan suasana hati Anda.

“Manfaat ashwagandha sangat luas,” jelas Sasha Parkin, Terapis Nutrisi di Wild Nutrition. “Tetapi manfaat yang membuatnya terkenal adalah dukungannya dalam pengelolaan stres dan ketahanan. Ini dapat digunakan pada periode stres fisiologis dan psikologis, jadi apakah itu stres kerja atau stres tubuh seperti ketidakseimbangan hormon, ini dapat membantu."

Ia juga menambahkan, "Sifat adaptogeniknya berarti dapat menenangkan sekaligus memberi energi secara sinergis, dan banyak pengguna merasakan kejernihan mental dan fokus yang lebih jelas. Obat ini juga telah dipelajari karena efeknya yang mendukung kekebalan tubuh dan penggunaannya pada kesuburan dan fungsi seksual wanita dan pria, meskipun tidak dianjurkan selama kehamilan.”

Jadi bagaimana sebaiknya Anda mengambilnya?

“Anda dapat meminumnya kapan saja, tergantung pada apa yang ingin Anda dukung, jika Anda mencari ketahanan sepanjang hari dengan pekerjaan atau menjaga keluarga, maka Anda dapat meminumnya di pagi hari. Jika Anda mencari bantuan untuk bersantai dan sebelum tidur maka saya akan merekomendasikannya sekitar 1 jam sebelum tidur," ucap Sasha.

Namun, sebelum mengonsumsinya, coba selalu berbicara dengan dokter umum jika Anda memiliki masalah kesehatan.

4 dari 5 halaman

3. Lymphatic drainage

Lymphatic drainage adalah pijatan lembut yang digunakan untuk merangsang sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh kita. Melalui lymphatic drainage, kita menstimulasi kelenjar getah bening, mempercepat proses detoksifikasi tubuh kita dan menghilangkan kelebihan air.

Melalui sistem limfatik, kita mengontrol jumlah air yang ditahan atau dikeluarkan tubuh kita. Siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari pijatan ini. Sebagai contoh, mereka yang mencari detoksifikasi, memperlancar peredaran darah, serta metabolisme.

Selain itu, mereka yang merasa lelah, bengkak, kembung, sembelit, menghadapi menopause, PMS, ketidakseimbangan hormon dan perawatan kehamilan, pasca melahirkan dan pasca operasi lainnya juga bisa merasakan manfaatnya.

Beberapa manfaat lymphatic drainage juga bisa dirasakan ke seluruh tubuh. Namun hal ini juga tidak tidak terbatas pada mempercepat sistem limfatik dan sirkulasi tubuh, mendetoksifikasi tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan, sehingga membuat Anda merasa lebih ringan dan sehat.

5 dari 5 halaman

4. Sustainable Food

Ketika perubahan iklim terus berdampak pada kita dan lingkungan, konsumen mencari cara untuk berkontribusi positif terhadap planet ini. Hal ini termasuk menjadi lebih sadar lingkungan dalam hal makanan.

Penelitian menunjukkan bahwa 73% orang menganggap penting untuk membeli makanan yang memiliki dampak lingkungan yang rendah. Untuk itu, meal planning atau merencanakan apa yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu cara yang dapat membantu Anda menjadi lebih sadar lingkungan.

Khususnya dalam hal makanan, karena lebih memilih mengonsumsi makan lokal dan musiman.

5. Membuat Minuman Elektrolit Sendiri

Kita semua tahu betapa pentingnya bagi kesehatan kita untuk menghidrasi tubuh dengan baik, dan kita melihat semakin banyak orang yang mencampurkan minuman elektrolit mereka sendiri di rumah untuk memaksimalkan hidrasi ini.

Namun hal ini tidak hanya membuat minuman ini lebih menarik, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, mengurangi nafsu makan, dan untuk detoksifikasi serta menyehatkan tubuh.

"Saya sarankan mengambil kendi kaca dengan 2L air, dan mencampurkannya dengan jus 1/2 buah lemon, 1/2 buah jeruk nipis, jahe (sesuai selera), daun mint segar, irisan mentimun dan 1 sdt bubuk kayu manis. Minumlah ini sepanjang hari dan hindari dalam jumlah besar pada waktu makan,” kata Dr. Simoné Laubscher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.