Sukses

Bebas Lemak hingga Memperlancar Pencernaan, Ini 5 Manfaat Makan Makanan yang Dikukus Menurut Ahli Gizi

Tahukah Anda, kalau makanan yang dikukus bisa bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, ketahui lebih lanjut dengan membaca artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda pastinya sering mendengar pendapat ahli gizi, ahli diet, dan mungkin pakar kesehatan yang mengatakan bahwa makan makanan yang digoreng dengan minyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Sebab, hal ini bisa memicu terjadinya kadar kolesterol tinggi, kesehatan jantung, dan juga penambahan berat badan yang cukup signifikan.

Oleh karenanya, beberapa di antara mereka pun menyarankan untuk mengukus makanan. Terlebih bagi Anda yang sedang berjuang untuk diet demi mendapatkan berat badan ideal. Namun, makanan kukus tidak hanya merupakan alternatif yang sehat tetapi juga mempunyai banyak manfaat kesehatan lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari Herzindagi, Selasa (19/12/2023), Aman Puri, Founder Steadfast Nutrition, untuk memahami bagaimana kita bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi makanan kukus.

Pakar tersebut berkata, “Mengukus adalah teknik memasak yang digunakan sejak zaman kuno dan dipopulerkan di seluruh dunia melalui masakan Asia Timur dan Cina. Ini adalah cara mudah untuk memasak makanan dan mempertahankan semua nilai gizinya.”

Walaupun mungkin akan terasa sulit untuk meninggalkan makan gorengan yang sudah menjadi favorit selama ini, tapi cobalah sesekali untuk mencoba memasak makanan yang dikukus ke dalam menu harian Anda. Oleh karenanya, supaya Anda semakin yakin untuk mulai mencoba makanan kukus, ini dia lima manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. 

Siapa tahu, bisa jadi langsing dan berbonus sehat juga, kan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jadi Proses Memasak yang Bebas Lemak

Ahli menambahkan, mengukus merupakan proses memasak bebas lemak. Paling banyak seseorang memerlukan beberapa tetes minyak untuk melumasi wadah guna memastikan makanan tidak menempel di dinding atau permukaan.

Berbeda dengan menggoreng, mengukus meningkatkan kualitas makanan. Ini dianggap sebagai teknik terbaik untuk memasak makanan yang lembut sebagai alternatif dari menggoreng, roasting, dan grilling.

2. Mengunci Kelembapan di Dalam Makanan

Keuntungan lain dari mengukus adalah mengunci kelembapan di dalam makanan sehingga membuatnya tetap lembut.

Pakar tersebut berkata, “Dibandingkan dengan merebus, mengukus mempertahankan jumlah glukosinolat, senyawa fenolik, dan beta karoten yang lebih tinggi - prekursor vitamin A yang menjaga kesehatan mata. Mengukus sayuran mempertahankan fitokimia secara maksimal.”

3 dari 4 halaman

3. Bantu Memperlancar Pencernaan

Pakar menambahkan, mengukus mencegah hilangnya antioksidan dengan mencegah makanan bersentuhan langsung dengan panas. Ini mempromosikan pencernaan yang lancar.

Jika Anda mengukus daging, tauge, ikan, dan sayuran, tubuh Anda akan lebih cepat mencernanya. Ini adalah teknik memasak yang lebih baik bagi orang yang sering mengalami masalah pencernaan.

4. Mengukus Mencegah Kehilangan Nutrisi Penting

Karena mengukus berarti memasak makanan dengan uap air mendidih, makanan tidak bersentuhan langsung dengan panas, sehingga mencegah hilangnya nutrisi penting. Saat Anda merebus makanan menyebabkan vitamin C dan asam folat menguap. Namun saat dikukus, semua mineral dan vitamin tersebut tetap utuh.

Oleh karena itu, banyak resep India, Korea, dan Cina yang menyertakan makanan kukus. Sebab, ini mempertahankan rasa dan nutrisi, menjadikannya pilihan yang lebih sehat daripada makanan yang digoreng.

4 dari 4 halaman

5. Menghilangkan Mikroba

Meskipun mengukus tidak melibatkan panas langsung saat memasak makanan Anda, suhu tinggi dari air yang menguap dapat menghilangkan bakteri dan kuman dari makanan. Uap lebih panas daripada air mendidih, sehingga menjamin proses memasak yang higienis.

Puri menambahkan, “Mengukus secara keseluruhan merupakan proses yang mudah, cepat, dan serbaguna yang mengunci rasa makanan. Hidangan tersehat yang dimasak dengan cara dikukus dari India dan seluruh dunia termasuk sticky rice (Tiongkok), tamale (Meksiko), mochi (Jepang), idli, dhokla (Resep Dhokla), poha, kothimbir vadi dan sayuran jowar muthia (India), dan roti dan pangsit (Korea).”

Cobalah untuk menambahkan lebih banyak hidangan kukus ke dalam makanan Anda dan lihat perbedaannya pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda akan merasa lebih sehat dan lebih energik dari sebelumnya.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.