Sukses

5 Manfaat Henna untuk Rambut, Samarkan Uban hingga Atasi Kerontokan

Selain menyamarkan uban, Henna juga dapat menyehatkan rambut lho. Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penuaan di berbagai organ tubuhnya. Mulai dari mengendurnya pipi, leher, hingga seluruh badan. Di samping itu, para lansia juga mengalami perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih.

Menyikapi perubahan warna rambut yang dialaminya, sebagian besar dari mereka akan menggunakan cat pewarna untuk menutupi uban. Perlu diketahui, kebanyakan pewarna yang beredar di pasaran mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak rambut.

Ada alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Kamu dapat memakai Henna untuk mengecat warna rambut tanpa mengalami kerusakan. Dengan menggunakan Henna, kamu tidak hanya menutupi uban tetapi juga mendapatkan rambut kuat.

Apa Itu Henna?

Henna merupakan pewarna alami yang berasal dari tanaman Lawsonia inermis. Pertama, daun Henna dikeringkan lalu dihaluskan dan dihaluskan hingga menjadi bubuk, untuk digunakan berbagai keperluan.

Menurut cerita legendaris, Cleopatra biasa menggunakan henna pada kukunya untuk menambah kecantikannya. Saat ini, penggunaan henna untuk menggelapkan rambut sudah menjadi hal yang lumrah menjadi praktik umum di seluruh dunia.

Bubuk Henna dikenal dengan khasiat obat dan antimikroba yang ampuh yang membantu melawan dan mencegah infeksi kulit. Bubuk henna jika dicampur dengan cairan apa pun akan mengeluarkan warna coklat kemerahan yang bahkan dapat menodai pakaian.

Berbagai manfaat bisa ditemukan dalam Henna, termasuk sebagai kesehatan rambut. Melansir laman Pink Villa pada Sabtu (16/12/2023), berikut 5 manfaat Henna untuk rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membantu Menenangkan Kulit Kepala

Henna memiliki sifat mendinginkan yang dapat membantu menenangkan kemerahan. Selain itu, sifat antijamur dan antimikrobanya dapat membantu mengatasi kulit kepala gatal dan mengatasi masalah seperti infeksi jamur dan ketombe.

2. Berguna sebagai Kondisioner Rambut

Penting mengkondisikan rambutmu untuk memberikan hidrasi pada kulit kepala, dan membuat rambut lebih mudah diatur. Henna membantu mengunci kelembapan pada rambut, bertindak sebagai kondisioner alami, dan membantumu mengatasi rambut kusut.

3. Membantu Mengembalikan Tingkat PH Kulit Kepala

Daun henna kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu menutrisi kulit kepala dan mencegah rambut rontok dengan menyeimbangkan tingkat pH alami kulit kepala. Jika kamu ingin mewarnai rambut dengan bubuk henna hanya untuk menutupi uban, kini kamu punya satu alasan lagi.

4. Membantu Mengurangi Rambut Rontok

Henna kaya akan vitamin E, komponen penting yang dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, efek antioksidan henna pada rambut dapat membantu mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Membantu Menyembunyikan Rambut Beruban

Mereka yang enggan menggunakan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia, dapat menggunakan henna untuk menyembunyikan rambut putih atau uban. Bubuk henna membantu melawan uban dini dengan meningkatkan pigmen alami rambut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengaplikasikan Henna untuk Rambut Beruban

Menggunakan henna untuk menyembunyikan rambut beruban/putih, kamu memerlukan beberapa bahan, di antaranya sebagai berikut:

  • 3 hingga 4 sendok makan bubuk henna (jumlahnya bisa disesuaikan dengan panjang rambut)
  • 3 hingga 4 gelas air
  • Mangkuk pencampur
  • Sebuah sisir
  • Sepasang sarung tangan (opsional)
  • Jus lemon
  • Topi mandi

 

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Henna pada Rambut

  1. Ambil air dan tambahkan bubuk henna ke dalamnya, pastikan untuk menambahkannya secara perlahan dan bertahap agar tidak menggumpal. Biarkan bubuk henna terendam dalam air selama 6 hingga 8 jam. Keesokan harinya, di pagi hari, tambahkan 6 hingga 8 tetes jus lemon ke dalamnya. Aduk rata untuk membentuk pasta halus.
  2. Ingatlah bahwa henna dapat menodai pakaian, oleh karena itu disarankan untuk mengenakan kain bekas saat mengaplikasikan henna pada rambut.
  3. Kenakan atasan atau kaos lama dan duduklah di depan cermin untuk membagi rambut Anda dengan benar. Untuk menghindari noda pada tangan, Anda juga bisa mengenakan sarung tangan. Ambil sikat aplikator dan mulailah mengaplikasikan henna dari akar hingga ujung, menutupi seluruh helai rambut Anda.
  4. Setelah selesai, kenakan topi mandi dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam. Bilas dengan air dingin. Jangan menggunakan sampo atau kondisioner minimal 2 hari agar warnanya mengendap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.