Sukses

Profil Valerina Daniel Moderator Debat Capres Perdana Pilpres 2024

Berikut profil Valerina Daniel moderator debat capres perdana pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta Dua orang jurnalis terpilih menjadi moderator untuk memandu jalannya debat Capres-Cawapres di Pilpres 2024. Salah satunya adalah Valerina Daniel. 

Valerina merupakan news anchor program Bahasa Inggris di TVRI World yang lahir pada 28November 1978. Tak hanya merupakan jurnalis perempuan, ia juga Duta Lingkungan, serta Penasihat Komunikasi dan Keberlanjutan untuk Pemerintah Indonesia. 

Valerina Daniel juga memiliki karier yang cukup panjang di bidang presenting. Ia pernah bekerja di TPI, Metro TV, BeritaSatu, SCTV, dan ANTV. Tak hanya itu, ia juga merupakan None Jakarta 1999 serta Runner Up Putri Indonesia/Miss ASEAN Indonesia 2005.

Saat SMA, Valerina pernah mengikuti program American Field Service (AFS) dan bersekolah di Kansas High School pada 1996-1997. Barulah ia kemudian melanjutkan pendidikan sarjananya di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia pada tahun 1998-2003.

Pada tahun 2009, ia melanjutkan jenjang S2 dengan mengambil jurusan Komunikasi dan Kajian Media di Monash University hingga tamat pada 2010. Dia bersekolah di sana dengan beasiswa dari Australian Leadership Awards.

Adapun debat Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali. Debat pertama bertema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua pada 22 Desember 2023 bertema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, serta infrastruktur.

Debat ketiga pada 7 Januari 2024 bertema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Berikutnya, debat keempat pada 21 Januari 2024 dengan tema energi, SDA, SDM, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Terakhir, debat kelima diselenggarakan pada 4 Februari 2024. Temanya yaitu teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan dan kebudayaan, kesehatan (post Covid-19 society), dan ketenagakerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Siapkan Kendaraan Taktis Amankan Debat Capres Malam Ini

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan, pihaknya menyiapkan kendaraan taktis untuk menjaga kelancaran debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023) malam ini.

Susatyo berujar, kendaraan taktis ini dilibatkan untuk mencegah potensi keancaman yang ada seperti teror ataupun unjuk rasa.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi. Baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan lain sebagainya," kata Susatyo kepada wartawan di Gedung KPU, MentengJakarta Pusat.

Susatyo menjelaskan, kendaraan taktis ini ia siapkan karena menduga adanya massa pendukung yang bakal berdatangan ke KPU saat debat berlangsung. 

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

8 Pernyataan KPU Terkait Debat Perdana Capres 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menjadi lokasi debat perdana para capres-cawapres nomor urut 1, 2, dan 3 hari ini, Selasa (12/12/2023).

Pada debat perdana kali ini, hanya para calon presidenlah yang beradu gagasan terkait sejumlah isu utama yang akan diangkat, yakni Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Sebelumnya, Komisioner KPU August Mellasz menjelaskan terkait kerahasiaan soal debat Pemilu presiden atau Pilpres 2024. Salah satunya dengan menyegel seluruh dokumen pertanyaan hingga nantinya dibuka saat acara dimulai.

"Pertanyaan itu akan disegel, terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke pasangan calon (paslon)," ucap August kepada wartawan, seperti dikutip Minggu 10 Desember 2023.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.