Sukses

Tanda-tanda Fisik Paling Nampak Ketika Tubuh Sedang Overdosis Gula

Ada sejumlah tanda yang dapat menunjukkan kalau seseorang mengalami kelebihan gula darah. Misalnya seperti rasa mudah lapar, gerak tubuh yang lebih lamban, hingga timbulnya nyeri pada kaki.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak makan makanan manis, akan muncul tanda-tanda tubuh kelebihan gula.

Kadar gula darah yang normal adalah sekitar 70-100 mg/dL sebelum makan. Sedangkan setelah makan seharusnya kurang dari 180mg/dL. Apabila kadar gula darah melebihi kadar normal secara umum tersebut, seseorang dapat dikatakan mengalami hiperglikemia.  

kadar gula darah yang tinggi, merupakan penyebab utama penyakit diabetes. Agar dapat mengantisipasinya sedari awal, penting untuk mengetahui apa saja tanda kelebihan gula darah. 

Mengutip dari laman resmi Alodokter pada Senin (10/6/2024), berikut tanda-tanda fisik ketika tubuh kelebihan gula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Mulut Terasa Kering

Salah satu gejala kelebihan gula yang sering terjadi adalah sensasi kekeringan pada mulut. Kondisi ini umumnya dipicu oleh berkurangnya produksi air liur di dalam rongga mulut. Mulut yang kering dapat meningkatkan risiko timbulnya infeksi jamur dan bakteri pada rongga mulut.

3 dari 11 halaman

Sering Haus dan Buang Air Kecil

Tanda fisik ketika tubuh sedang kelebihan gula selanjutnya adalah sering merasa haus dan buang air kecil terus menerus. Penumpukan gula dalam darah juga dapat membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula.

Ketika ginjal tidak bisa mengimbanginya, kelebihan gula akan dikeluarkan melalui urine, sehingga buang air kecil bisa menjadi lebih sering dengan cairan yang keluar lewat urine juga lebih banyak. 

Hilangnya cairan lewat urine inilah yang menimbulkan rasa haus meski telah banyak minum.

4 dari 11 halaman

Selalu Merasa Lapar

Gejala lain dari kelebihan gula dalam tubuh adalah perasaan lapar yang terus-menerus. Pada individu yang menderita diabetes, gula yang diambil dari makanan tidak dapat diserap oleh sel-sel tubuh, menyebabkan kekurangan energi. Hal ini menyebabkan perasaan lapar yang berkelanjutan dan peningkatan nafsu makan.

5 dari 11 halaman

Penglihatan Kabur

Kelebihan gula dalam darah bisa memengaruhi cairan dan jaringan dalam tubuh, termasuk lensa mata. Akibatnya, kadar gula darah yang tinggi bisa mengganggu penglihatan pada penderitanya.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa membuat lensa mata membengkak, merusak pembuluh darah di retina mata, bahkan menyebabkan kebutaan.

6 dari 11 halaman

Perubahan Warna Kulit

Meningkatnya kadar gula darah juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap di daerah lipatan tubuh, misalnya leher atau buku-buku jari. Kondisi ini diketahui terjadi akibat resistensi hormon insulin, yang umum terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

Pada dasarnya, peningkatan kadar gula darah erat kaitannya dengan pola makan dan gaya hidup. Mengonsumsi makanan secara berlebih, tidak memperhatikan kebutuhan kalori, dan jarang berolahraga merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah secara drastis.

7 dari 11 halaman

Apa yang Dirasakan Tubuh saat Gula Tinggi?

Mudah lelah merupakan gejala gula darah tinggi yang umum terjadi. Ketika kekurangan insulin, tubuh tidak mampu menggunakan glukosa sebagai bahan bakar energi. Akibatnya, Anda akan merasa mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, dehidrasi akibat sering buang air kecil juga turut berperan sebagai penyebab kelelahan.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengurangi Kadar Gula dalam Tubuh

Cara mengurangi kadar gula dalam tubuh diantaranya adalah dengan cara berolahraga secara rutin, kelola asupan karbohidrat, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, perbanyak minum air putih, dan kelola stres.

9 dari 11 halaman

Apa Ciri-Ciri Gula Turun?

Ciri-ciri tubuh kekurangan gula adalah merasa linglung dan tidak mampu melakukan rutinitas seperti biasa, kehilangan koordinasi, bicara agak cadel, muncul “tunnel vision” pada penglihatan dan pandangan kabur, serta memiliki mimpi buruk apabila sedang tertidur.

10 dari 11 halaman

Apa Warna Air Kencing Penderita Diabetes?

Sejumlah gejala yang dialami tubuh bisa menandai diabetes. Salah satunya dapat dilihat dari warna urine. Warna kencing penderita diabetes biasanya terlihat lebih keruh.

11 dari 11 halaman

Kapan Seseorang Dikatakan Menderita Diabetes?

Seseorang bisa dikatakan memiliki penyakit diabetes, jika kadar gula darah mencapai lebih dari 200mg/dL, disertai dengan munculnya beberapa gejala, seperti sering haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, luka sulit sembuh dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini