Sukses

Waspadai 7 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Diabaikan

Memahami tanda-tanda infeksi ginjal dan mencari pengobatan segera sangat penting untuk mencegah komplikasi dan memastikan pemulihan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Infeksi ginjal bisa menjadi kondisi serius dan menyakitkan yang memengaruhi jutaan individu di seluruh dunia. Meskipun kesehatan ginjal tidak selalu menjadi prioritas bagi kita, penting untuk menjaganya demi kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Memahami tanda-tanda infeksi ginjal dan mencari pengobatan segera sangat penting untuk mencegah komplikasi dan memastikan pemulihan yang baik.

Ginjal membantu menyaring produk limbah dari darah, mengatur tekanan darah dan menghasilkan urine. Infeksi ginjal terjadi ketika bakteri masuk ke dalam ginjal, biasanya melalui saluran kemih.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda dan gejala infeksi ginjal, seperti melansir dari Times of India, Selasa (28/11/2023).

1. Sakit pinggang

Bayangkan rasa sakit atau nyeri di punggung bagian bawah, tepat di atas pinggul. Ini merupakan salah satu tanda klasik infeksi ginjal.

Ini bukan hal yang biasa-biasa saja, sakit pinggang adalah ketidaknyamanan terus-menerus yang sepertinya tidak kunjung mereda.

2. Perubahan buang air besar

Coba perhatikan kebiasaan pagimu. Jika Anda tiba-tiba mendapati dirimu berlari ke kamar kecil lebih sering dari biasanya atau jika ada sensasi terbakar saat buang air kecil, ini bisa menjadi tanda bahaya. Urine Anda juga tampak berisiko atau berbau lebih kuat dari biasanya.

3. Demam dan menggigil

Konsultan -Nefrologi, Rumah Sakit Manipal, Pune-Kharadi, Ganesh N Mhetras mengatakan, "Saat ginjal Anda melawan infeksi, tubuhmu akan merespons dengan gejala mirip flu."

"Ini termasuk demam yang sepertinya tidak kunjung hilang dan itu membuatmu merasa seperti terserang pilek dan batuk secara tiba-tiba," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kelelahan dan lemah

Jika Anda merasa sangat lelah, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak, itu bisa menjadi tanda bahwa ginjalmu bekerja lembur untuk melawan infeksi.

5. Sakit perut

Infeksi ginjal tidak mengurangi dampaknya terhadap punggungmu, mereka juga bisa menyebabkan nyeri atau tekanan di perutmu. Berbeda dengan sakit perut.

 

3 dari 3 halaman

6. Darah dalam urine

Jika Anda melihat darah dalam urinemu, itu pertanda jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Meskipun penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk infeksi ginjal, penting untuk segera memeriksakannya.

7. Hubungan seksual yang menyakitkan

Infeksi ginjal bahkan bisa membuat momen paling intim menjadi tidak nyaman. Jika Anda mengalami rasa sakit saat berhubungan seksual, ada baiknya mempertimbangkan apakah infeksi ginjal bisa menjadi penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.