Sukses

Ketahui 6 Manfaat Serum Rambut dan Cara Tepat Menggunakannya

Serum rambut digunakan untuk memberikan kelembutan dan perlindungan tambahan pada rambut. Ketahui manfaat serum rambut lainnya dan bagaimana cara tepat menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut memiliki peran penting dalam penampilan diri seseorang. Selain dijadikan ekspresi diri, rambut yang sehat juga dianggap sebagai aspek yang memperindah penampilan dan menunjukkan kebersihan serta perhatian kepada diri sendiri. Oleh karena itu, merawat rambut dengan baik dapat dianggap sebagai upaya untuk mempertahankan “mahkota” dalam diri seseorang.

Salah satu produk yang dapat digunakan untuk merawat rambut adalah serum rambut. Serum memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah memberikan kelembutan dan perlindungan tambahan pada rambut. Penggunaan serum rambut dapat membantu Anda mengurangi kerusakan rambut akibat styling atau sinar matahari.

Selain itu, ada berbagai macam manfaat yang bisa didapat dari penggunaan serum rambut. Dilansir dari Pinkvilla pada Sabtu (22/11/2023), manfaat serum rambut tersebut diantaranya,

1. Mengontrol Rambut

Serum rambut dapat secara efektif mengurangi rambut kusut dan menjinakkan rambut yang sulit diatur, menjadikannya lebih halus dan mudah untuk diatur.

2. Meningkatkan Kilau Rambut

Serum rambut dapat menambah kilau sehat pada rambut kusam sehingga tampak lebih cerah dan berkilau.

3. Melindungi Rambut dari Panas

Banyak serum rambut yang mengandung sifat pelindung panas, yang berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat alat penata rambut yang panas seperti pengering rambut, dan alat pelurus rambut.

4.  Melembabkan Rambut

Serum rambut mengandung bahan yang dapat mengembalikan kelembapan pada rambut kering atau rusak, sehingga dapat membantu mengembalikan kelembutan dan viralitasnya.

5. Perlindungan UV

Serum rambut dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV, membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan pemudaran warna pada rambut yang diwarnai.

6. Manfaat Jangka Panjang

Penggunaan serum rambut secara teratur dapat memberikan perbaikan kesehatan rambut jangka panjang, seperti peningkatan retensi kelembapan dan mengurangi kerusakan rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Serum Rambut untuk Berbagai Jenis Rambut

Jenis serum rambut yang paling cocok untuk berbagai jenis rambut bergantung pada kebutuhan dan masalah rambut. Berikut beberapa panduan memilih serum rambut yang tepat untuk berbagai jenis rambut:

1. Rambut Kering atau Rusak

Carilah serum yang menghidrasi dengan bahan-bahan seperti minyak argan, shea butter, atau gliserin untuk melembabkan dan memperbaiki rambut rusak.

2. Rambut Kering

Anda dapat memilih serum anti kusut yang membantu menghaluskan dan menjinakkan rambut yang rawan kusut.

3. Rambut Halus atau Tipis

Pilihlah serum yang memberikan volume dan kelembapan tanpa menyebabkan rasa berminyak.

4. Rambut Keriting atau Bergelombang

Pilih serum yang dirancang khusus untuk rambut keriting atau bergelombang untuk meningkatkan kelembutan dan mengurangi rambut khusus.

5. Rambut Lurus

Serum dengan formula ringan dapat menambah kilau alami dan melindungi rambut lurus dari kerusakan akibat panas tanpa membuatnya berminyak.

6. Rambut Berminyak

Pilih serum yang bebas dari bahan yang mengandung minyak, atau pilih serum yang memiliki efek mattifying untuk mengontrol minyak berlebih.

7. Rambut yang Diwarnai

Pilih serum yang mengandung pelindung warna dengan filter UV yang dapat membantu menjaga kecerahan rambut yang diwarnai dan mencegah pemudaran.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Memilih Serum Rambut yang Tepat?

Memilih serum rambut yang tepat untuk jenis rambut spesifik Anda memerlukan pertimbangan kebutuhan dan karakteristik rambut Anda. Berikut cara memilih serum yang sesuai:

1. Identifikasi Jenis Rambut Anda

Tentukan apakah Anda memiliki rambut halus, kasar, keriting, lurus, berminyak, atau kering. Memahami jenis rambut Anda sangat penting karena akan menentukan jenis serum yang paling cocok dengan rambut Anda.

2. Tentukan Masalah Rambut Anda

Identifikasi masalah utama rambut Anda, seperti rambut kusut, kering, ujung bercabang, kerusakan akibat panas, atau tidak berkilau.

3. Baca Label Produk

Carilah serum yang diberi label untuk mengatasi kekhawatiran khusus Anda untuk mendapatkan semua manfaat serum pada rambut.

4. Periksa Kandungan Serum

Periksa daftar bahan untuk mengetahui komponen yang bermanfaat untuk rambut Anda seperti minyak argan, minyak kelapa, keratin, atau vitamin E. Hindari serum dengan bahan yang dapat memperburuk masalah rambut Anda.

5. Pertimbangan Tujuan Penggunaan Serum

Pikirkan tujuan rambut jangka panjang Anda. Beberapa serum mungkin akan memberikan manfaat tambahan seperti meningkatkan pertumbuhan rambut atau perlindungan warna pada rambut. Pilih serum yang akan membantu Anda mencapai tujuan perawatan rambut Anda.

4 dari 4 halaman

Anjuran Penggunaan Serum Rambut

Penting untuk mengikuti beberapa hal dalam menggunakan serum rambut. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau:

1. Mencuci Rambut Terlebih Dahulu

Langkah awal menggunakan serum rambut adalah mencuci rambut terlebih dahulu. Hal ini membuat kandungan yang terdapat pada serum akan diserap lebih efektif oleh rambut Anda.

2. Gunakan Jumlah yang Tepat

Gunakan beberapa tetes serum pada rambut. Penggunaan serum rambut secara berlebihan akan memperburuk kesehatan rambut Anda. 

3. Pemanasan

Sebelum mengoleskan serum ke rambut, gosokkan terlebih dahulu di antara telapak tangan Anda untuk menghangatkan dan mengaktifkan bahan pada serum sehingga akan memberikan efek yang maksimal.

4. Pilih Serum yang Tepat untuk Jenis Rambut Anda

Pertimbangkan jenis rambut dan tujuan dari penggunaan serum pada rambut Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik seperti anti kusut, berkilau, pelindung panas, atau melembutkan rambut.

5. Baca Petunjuk Produk

Selalu ikuti petunjuk pada label produk sebelum menggunakannya.

6. Konsultasikan dengan Profesional

Jika Anda memiliki masalah rambut tertentu atau tidak yakin serum mana yang harus digunakan, konsultasikan dengan penata rambut atau dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.