Sukses

Hukuman Penjara Terlama Sepanjang Sejarah, Bahkan Melampaui Seumur Hidup

Orang yang melakukan pelanggaran peraturan di sebuah negara pasti akan menerima hukuman, salah satunya adalah hukuman penjara. Berikut hukuman penjara terlama di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang melakukan pelanggaran peraturan di sebuah negara pasti akan menerima hukuman. Hukuman yang diberikan oleh masing-masing negara kepada pelaku pelanggaran berbeda-beda. Jenis hukuman yang diberikan yakni sesuai dengan peraturan apa yang dilanggar.

Salah satu jenis hukuman yang diberikan yakni hukuman kurungan atau penjara. Waktu pelaku dipenjara didasarkan pada tindak kejahatan yang dilakukan. Biasanya hukuman tersebut mulai dari bulan, tahun, puluhan tahun hingga hukuman mati.

Namun ada juga hukuman penjara terlama bahkan sampai melampaui seumur hidup. Dikutip dari beberapa sumber pada Senin (20/11/2023), berikut hukuman penjara terlama yang pernah ada di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Chamoy Thipyaso (Thailand)

Chamoy Thipyaso menerima hukuman penjara selama 141.078 tahun pada 1989. Dia terbukti menipu lebih dari 16.000 orang di Thailand melalui skema piramida. Secara keseluruhan, skema piramida yang dijalankannya mampu meraup keuntungan bernilai USD200-300 juta. Beberapa korbannya adalah anggota kerajaan Thailand.

3 dari 11 halaman

Otman el-Gnaoui, Jamal Zougam dan Emilio Suarez Trashoras (Spanyol)

Hukuman penjara terlama juga dialami oleh seorang teroris bernama Otman el-Gneoui. Ia dijatuhi hukuman selama 42.925 tahun penjara oleh pengadilan Spanyol karena pembunuhan massal dalam keterlibatannya di pemboman kereta Madrid 2004 yang merenggut 191 nyawa.

Tidak hanya Otman, kaki tangannya, Jamal Zougam dan Emilio Suarez juga divonis penjara selama 42.922 tahun.

4 dari 11 halaman

Charless Scott Robinson (Amerika Serikat)

Charles Scott Robinson awalnya dijatuhi hukuman penjara 5.000 tahun. Namun akhirnya pengadilan Amerika Serikat memutuskan dengan enam tuduhan yang kemudian dia dijatuhi hukuman 30.000 tahun pada 1994. Dia terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis berusia tiga tahun.

5 dari 11 halaman

Allan Wayne McLaurin, Darron Bennalford Anderson (Amerika Serikat)

Kedua penjahat ini menerima hukuman penjara selama 21.000 tahun akibat perbuatannya yaitu melakukan beberapa tindak kriminal.

Kedua penjahat ini melakukan serangkaian kejahatan mengerikan, termasuk penyerangan seksual terhadap seorang wanita tua selama beberapa jam setelah mereka menabrakkan mobilnya di jalan di Kabupaten Tulsa.

Pelanggaran lainnya termasuk penculikan, pencurian, dan perampokan. McLaurin mengajukan banding dan hukumannya dikurangi 500 tahun. Tak mau kalah dengan Allan, Anderson juga mengajukan banding namun justru vonisnya ditambah 9.500 tahun. 

6 dari 11 halaman

Dudley Wayne Kyzer (Amerika Serikat)

Dudley Wayne Kyzer mendapat vonis hukuman 10.000 tahun. Dia terbukti membunuh istrinya, Diane Kyzer, ibu mertuanya, Eunice Barringer, dan Rick Pyron, seorang mahasiswa ketika perayaan Halloween pada 1976. Pada 1977, dia dijatuhi hukuman mati namun dibatalkan. Akhirnya pengadilan memutuskan untuk memvonis hukum 10.000 tahun.

7 dari 11 halaman

Pidana Penjara Paling Lama Berapa?

Dalam pasal 12 ayat (4) KUHP menyebutkan pidana penjara selama waktu tertentu sekali-kali tidak boleh melebihi 20 tahun. 

8 dari 11 halaman

Apa Hukuman Penjara Seumur Hidup?

Menurut ahli hukum Roeslan Saleh dan Achmad Ali, pengertian hukuman penjara seumur hidup adalah terpidana menjalani masa waktu hukuman sampai sepanjang hidupnya.

9 dari 11 halaman

Apakah Pidana Penjara Seumur Hidup Bisa Bebas?

Terpidana yang dikenai hukuman seumur hidup sebetulnya masih punya peluang untuk bebas. Peluang diperoleh melalui upaya hukum yang bersifat istimewa yaitu : Peninjau Kembali (PK) yang ditujukan pada Mahkamah Agung (MA) Kasasi melalui Jaksa Agung.

10 dari 11 halaman

Apa Perbedaan Hukuman Mati dan Hukuman Seumur Hidup?

Hukuman mati merupakan bentuk hukuman yang dijatuhkan pengadilan oleh majelis hakim sebagai bentuk hukuman terberat akibat perbuatan seseorang. Sedangkan hukuman seumur hidup merupakan bentuk hukuman yang dijatuhkan kepada seseorang dengan memenjarakannya selama masa atau umur hidupnya.

11 dari 11 halaman

Apa itu Remisi Pidana?

Remisi adalah suatu pengurangan hukuman yang diberikan kepada orang terpidana jika ia berkelakuan baik selama masa tahanan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini