Sukses

Unik, Begini Deretan Tradisi Hari Ayah di Berbagai Negara

Tak hanya tanggal, tradisi yang dijalani saat peringatan Hari Ayah juga tak sama, berikut ini ulasan tradisi saat peringatan Hari Ayah di berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya pada tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia. Peringatan ini dibuat sebagai ungkapan kasih sayang dan hormat kepada sosok ayah

Seperti yang kita tahu, tak hanya ibu sosok ayah juga sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Mengingat pentingnya peran dan figur seorang ayah, hal ini patut untuk diapresiasi oleh semua orang. 

Sementara itu peringatan Hari Ayah sendiri memiliki tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Tak hanya tanggal, tradisi yang dijalani saat peringatan Hari Ayah juga tak sama. Dilansir dari laman Hayes & Jarvis, berikut ini ulasan tradisi Hari Ayah di berbagai negara. 

1. Thailand

Di Thailand, Hari Ayah dirayakan bersamaan dengan hari ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej, pada tanggal 5 Desember. Raja sangat dicintai oleh masyarakat Thailand dan dianggap sebagai 'Bapak Bangsa'. Dalam tradisi Hari Ayah di sana setiap orang akan memakai warna kuning pada Hari Ayah, “warna resmi” hari Senin, hari kelahiran Raja. Di sini, anak-anak memulai hari libur dengan menghadiahkan bunga Ganja kepada ayah mereka, yang dianggap sebagai tanaman maskulin.

2. Jepang

Bunga merupakan bagian integral dari perayaan Hari Ayah di Jepang. Anak-anak juga memberikan gelas bir buatan tangan atau sekotak manisan Jepang kepada ayah mereka. Makan siang atau makan malam hampir selalu berupa hidangan kepiting atau udang. Sampanye, botol bir, dan sandal yang dipersonalisasi juga merupakan salah satu hadiahnya, dan para ayah di Jepang juga menyukai hadiah parfum.

3. Meksiko

Di Meksiko, Hari Ayah dirayakan dengan makanan siap saji dan hadiah kepada para ayah atau figur ayah sebagai penghargaan atas semua yang mereka lakukan untuk keluarga mereka. Ada penekanan kuat pada nilai-nilai kekeluargaan ketika merayakan Hari Ayah dengan lomba lari sejauh 21 kilometer di seluruh kota yang berlangsung di Bosque de Tlalpan, Mexico, sebuah area ruang terbuka yang digunakan untuk hiking dan jogging.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Tradisi Hari Ayah di Berbagai Negara Selanjutnya

4. Brasil

Awalnya, orang Brasil merayakan Hari Ayah pada hari St. Joachim, santo pelindung para ayah. Ini adalah hari untuk mengisi perut, di mana masyarakat Brasil mengadakan pesta besar dan barbekyu sepuasnya, dengan menyantap sate daging sapi panggang, babi, ayam, dan sosis, untuk merayakannya.

5. India

India merayakan Hari Ayah dengan mengungkapkan rasa terima kasih dan kasih sayang kepada para ayah di seluruh negeri. Anak-anak memberikan kartu dan bunga kepada ayah mereka untuk menunjukkan kasih sayang mereka. Bersantap di restoran, pergi piknik, atau menonton film adalah cara umum lainnya untuk merayakan Hari Ayah di India. 

Beberapa sekolah dan perkumpulan budaya juga menyelenggarakan program budaya pada Hari Ayah. Ide di baliknya adalah untuk menginspirasi anak-anak agar menghormati ayah mereka dan merawat mereka. Para ayah juga diimbau untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak dan menanamkan dalam diri mereka nilai-nilai luhur dan budi pekerti.

 

3 dari 4 halaman

Deretan Tradisi Hari Ayah di Berbagai Negara Berikutnya

6. Amerika Serikat

Perayaan Hari Ayah di Amerika berlangsung dengan penuh kegembiraan dan antusiasme. Hari tersebut diperingati sebagai waktu berkumpulnya kembali keluarga, karena anak-anak yang tinggal jauh dari keluarga meluangkan waktu untuk merayakan hari tersebut bersama ayah mereka. Memanjakan ayah dengan sarapan di tempat tidur dan hadiah seperti kartu, bunga, coklat, dan dasi adalah cara tradisional untuk merayakannya.

7. Kanada

Hari Ayah di Kanada tidak terbatas pada perayaan orang tua kandung saja. Warga Kanada mengucapkan selamat Hari Ayah kepada sosok pria, teman, dan keluarga, yang penyayang, penuh kasih sayang, atau berpengaruh.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Tradisi Hari Ayah di Berbagai Lainnya

8. Afrika Selatan

Sekali lagi, mirip dengan perayaan Hari Ayah pada umumnya di AS, anak-anak Afrika Selatan memberikan hadiah kepada ayah mereka seperti bunga, kartu, dasi, dan barang baru lainnya. Orang-orang di Afrika Selatan sering berpiknik pada Hari Ayah atau menghabiskan sore hari dengan memancing dengan harapan mendapatkan hasil tangkapan untuk makan malam. Penekanan hari ini adalah merayakan peran ayah dalam kehidupan anak-anak mereka.

9. Nepal

Penduduk asli Lembah Kathmandu di Nepal menghormati ayah mereka pada hari Gokarna Aunsi, yang jatuh pada akhir Agustus dan September, bergantung pada kalender lunar. Artinya 'hari menatap wajah ayah' dan dimulai pada hari bulan baru. Pada hari ini merupakan tradisi untuk menghormati ayah yang tidak lagi bersama keluarganya. Umat ​​​​Hindu pergi ke kuil Siwa Gokarnewor Mahadewa dan umat Buddha pergi ke kuil Jan Bahal.

10. Kosta Rika

Di Kosta Rika, Hari Ayah dirayakan pada tanggal 19 Maret, hari Santo Joseph dan hari Minggu ketiga bulan Juni. Pada bulan Maret, idenya adalah untuk memberikan penghormatan kepada orang suci yang memberikan namanya kepada ibu kota negara, San Jose.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.