Sukses

Intip 5 Mall Terbesar dan Terluas di Indonesia, Sampai Bisa Bikin Tersesat

Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan modern yang nyaman, dan tepat untuk dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Berikut daftar mall terbesar dan terluas yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Mall sebagai pusat perbelanjaan modern, menjadi daya tarik utama bagi banyak masyarakat di Indonesia. Tempatnya yang nyaman membuat masyarakat menjadikan mall bukan hanya sekedar destinasi belanja, melainkan juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi hari libur bersama keluarga. 

Tidak hanya belanja, berkunjung ke mall juga bisa menjadi bagian dari hiburan. Di seluruh Indonesia, terdapat banyak mall besar dan megah yang berdiri kokoh, menawarkan berbagai pilihan hiburan mulai dari bioskop, restoran, timezone, hingga pameran seni dan budaya. Masing-masing mall ini menciptakan suasana yang unik dan menarik bagi pengunjungnya, sehingga menjadikannya sebagai destinasi yang sangat populer.

Di dalam setiap mall, kita akan menemukan beragam gerai dari berbagai bidang usaha, mulai dari pakaian, makanan, hingga teknologi. Beberapa mall megah di Indonesia juga telah mendapatkan predikat sebagai mall terbesar dan terluas di tanah air. 

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (2/11/2023), berikut daftar mall terbesar dan terluas yang ada di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Pakuwon Mall Surabaya

Mungkin, sebagian orang berpikir bahwa mall terbesar sudah pasti berada di Ibu Kota DKI Jakarta bukan? Jangan salah, ternyata mal terbesar itu berada di Surabaya. Mal ini memiliki luas lantai mencapai 200.000 meter persegi dengan memiliki tiga lantai dan bangunan seluas 90.000 meter persegi. 

Sedangkan atrium dasar Pakuwon Mall memiliki luas mencapai 1.200 meter persegi dan dilengkapi dengan tiga lantai basement, enam lantai mall, serta satu lantai exhibition hall. Keberadaan berbagai brand ternama di dalamnya membuat mall ini terkenal, dan Pakuwon Mall Surabaya bukan hanya sebagai tempat berbelanja, tapi juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti promosi, pameran, pertemuan, hingga acara pernikahan.

3 dari 11 halaman

2. Tunjungan Plaza

Selain Pakuwon Mall, Surabaya juga memiliki Tunjungan Plaza mall yang terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 8-12, Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari. Tunjungan Plaza memiliki luas 17.000 meter persegi dan terdiri dari enam pusat perbelanjaan yaitu Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI.

Penting untuk dicatat bahwa Tunjungan Plaza juga masih dimiliki oleh Pakuwon Group, sebuah perusahaan properti terkemuka di Surabaya. Pakuwon Group tidak hanya memiliki Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall, mereka juga mengelola bisnis properti lain seperti Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon Town Square.

4 dari 11 halaman

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Summarecon Mall Kelapa Gading, dibangun sejak 1975, telah mengalami tiga kali renovasi dan perluasan pada tahun 1990, 2003, dan 2007. Saat ini mall tersebut memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi, mal ini menduduki peringkat ketiga sebagai mall terbesar di Indonesia. Biasa disebut MKG, mall ini berlokasi di Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya Nomor 13, Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Mall ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung, seperti Gading Food City, Hotel Harris, dan La Piazza Lifestyle Center, serta berbagai pusat perbelanjaan. Summarecon Mall Kelapa Gading dikelola oleh PT Summarecon Agung dan sering mengadakan berbagai acara rutin. Salah satu contohnya adalah Jakarta Fashion and Food Festival yang mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

5 dari 11 halaman

4. Grand Indonesia

Selanjutnya yaitu Grand Indonesia, gedung ini memiliki luas lantai 140.000 meter persegi, terdiri dari tiga area yang berlokasi di Jalan MH Thamrin Nomor 1, RT1/RW5. Area tersebut mencakup mall barat (9 lantai), mall timur (8 lantai), dan skybridge (5 lantai). Grand Indonesia mulai beroperasi pada tahun 2007 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Grand Indonesia menawarkan berbagai fasilitas lengkap, termasuk pusat perbelanjaan pakaian, pusat kuliner, pusat elektronik, toko buku, dan bioskop. Konsep yang diusung oleh Grand Indonesia adalah "Family Friendly Lifestyle Mall," yang berarti mereka menyediakan semua kebutuhan keluarga dalam satu tempat yang nyaman.

Kemudian, mall juga menampung semua merek favorit yakni Ace Hardware, Cotton On, H&M, Gramedia, Uniqlo, Victoria’s Secret, Zara dan masih banyak lagi.

6 dari 11 halaman

5. Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek, terletak di Jalan Letjen S Parman Kav 28, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Mall Taman Anggrek merupakan salah satu mall terbesar di Indonesia. Mall ini beroperasi sejak tahun 1966 dan memiliki luas sekitar 130.000 meter persegi serta memiliki letak yang bersebelahan langsung dengan apartemen.

Mall Taman Anggrek ini sering disebut dengan MTA didirikan oleh Salimin Prawiro Sumarto. Salah satu keunikan dari MTA adalah menjadi mall pertama yang menyediakan layanan arena ice skating indoor.

7 dari 11 halaman

Berapa Total Mall di Jakarta?

Menurut data yang dirilis oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), pada tanggal 16 Januari 2023, terdapat total 96 pusat perbelanjaan di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 76 di antaranya adalah mal, sementara 20 lainnya adalah pusat perdagangan (trade center).

Secara lebih rinci, Jakarta Selatan memiliki pusat perbelanjaan terbanyak, dengan total 28 unit. Di urutan kedua ada Jakarta Pusat yang memiliki 23 pusat perbelanjaan. Jakarta Utara menyusul dengan 18 pusat perbelanjaan. Kemudian di Jakarta Barat, terdapat 15 pusat perbelanjaan. Dan di Jakarta Timur memiliki 12 pusat perbelanjaan.

8 dari 11 halaman

Apa Mall Pertama di Jakarta?

Sarinah adalah mall tertua di Indonesia, resmi beroperasi pada tanggal 15 Agustus 1966. Selain menjadi pusat perbelanjaan modern pertama di Jakarta, Sarinah juga merupakan gedung pencakar langit pertama di Indonesia dengan tinggi 74 meter dan terdiri dari 15 lantai.

Menurut informasi yang terdapat di situs sarinah.co.id yang dilansir pada Selasa, (31/10/2023), proyek pembangunan Sarinah dimulai pada tanggal 17 Agustus 1966 dengan nama PT. Departemen Store Indonesia dan kemudian dikenal sebagai Sarinah. Pada tanggal 10 April 1979, Sarinah secara resmi mengubah namanya menjadi PT. Sarinah (Persero).

9 dari 11 halaman

Apa yang dimaksud Dengan Shopping Mall?

Shopping mall merupakan istilah yang kerap digunakan oleh masyarakat Amerika Serikat untuk merujuk kepada pusat perbelanjaan yang memiliki bentuk bangunan atau kumpulan beberapa bangunan dalam satu lokasi tertentu. Dalam satu pusat perbelanjaan, terdapat sejumlah vendor independen atau beragam toko dengan brand yang berbeda.

10 dari 11 halaman

Apa Mall Terbesar di Asia?

Iran Mall, yang berlokasi di Teheran, saat ini memegang predikat sebagai mal terbesar di Asia. Bahkan, menurut informasi yang tersedia, mal ini juga tergolong sebagai salah satu mal terbesar di dunia.

Diperkirakan, Iran Mall memiliki luas mencapai 1.950.000 meter persegi. Keunikan mall ini terletak pada lokasinya yang berada di pinggiran barat laut Teheran. Selain itu, mall ini menawarkan fasilitas-fasilitas langka yang jarang ditemui di Indonesia seperti arena seluncur, kolam renang, lapangan tenis, dan hotel.

11 dari 11 halaman

Siapa Penemu Mall?

Victor Gruen dikenal sebagai penemu mall pinggiran kota tertutup, untuk memberikan rekomendasi tentang penggunaan area publik tertutup dan pengaturan suhu. Hal ini menjadi tonggak perubahan dalam cara berpikir tentang lingkungan perbelanjaan yang terorganisir, dengan penekanan pada pengaruh psikologisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.