Sukses

Asal Usul dan 6 Ide Seru Meriahkan Halloween di Rumah

Perayaan Halloween telah dilakukan selama berabad-abad lalu. Namun, bagaimana asal-usulnya? Ada 6 ide yang bisa kamu lakukan untuk merayakannya di rumah bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Halloween menjadi perayaan yang paling ditunggu-tunggu pada bulan Oktober. Hari spesial ini telah ada selama lebih dari seribu tahun. Perayaan ini awalnya merupakan perayaan keagamaan, yang menjadi semakin populer selama berabad-abad, hingga unsur keagamaannya sendiri hilang. Saat ini, Halloween dianggap sebagai hari libur untuk berdandan dan bersenang-senang, terutama untuk anak-anak.

Asal-usul Halloween

Asal muasal Halloween dapat ditelusuri kembali ke festival Celtic kuno yang dikenal sebagai Samhain, yang diadakan pada tanggal 1 November dalam kalender kontemporer. Dipercaya bahwa pada hari itu, arwah orang mati kembali ke rumahnya masing-masing, sehingga orang-orang mengenakan kostum dan menyalakan api unggun untuk mengusir roh jahat. Dengan cara ini, kiasan Halloween yang populer seperti penyihir, hantu, dan goblin dikaitkan dengan hari raya

Meskipun hari libur dimulai di wilayah Celtic di Irlandia, Inggris, dan Prancis, hari raya ini dengan cepat menyebar ke belahan dunia lain. Penjajah Amerika pertama di New England dilarang merayakannya karena alasan agama, meskipun perayaan ini cukup populer di koloni Selatan.

Melansir dari laman Britannica, pada tahun 1800-an, festival musim gugur yang menandai panen musiman memasukkan unsur-unsur Halloween, dan para imigran Irlandia yang melarikan diri dari Kelaparan Kentang membawa banyak tradisi yang masih ada hingga saat ini.

Kebiasaan trik-or-treat, di mana anak-anak mengenakan kostum dan meminta suguhan dari tetangga, menjadi populer di Amerika Serikat pada awal abad ke-20 ketika komunitas Irlandia dan Skotlandia menghidupkan kembali kebiasaan “menyamar” di dunia lama, yang mana seseorang akan mengenakan kostum dan menceritakan lelucon, membacakan puisi, atau melakukan trik lain dengan imbalan sepotong buah atau camilan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Merayakan Halloween di Rumah

Mendekorasi rumah selalu menjadi aktivitas keluarga yang menyenangkan, tidak peduli hari libur atau acara apa pun. Saat merayakan Halloween, kamu bisa memasang jaring laba-laba palsu, tengkorak, hantu, atau dekorasi seram lainnya di sekitar rumah untuk membangkitkan semangat perayaan pada anak.

Lampu ungu dan orange memberikan suasana rumah seram yang sempurna. Ide dekorasi ini akan menghasilkan tradisi hebat yang dapat berlanjut selama bertahun-tahun di masa depan. Sedikit tips, ketika sedang mendekorasi rumah kamu bisa memutar lagu seram agar suasana Halloween lebih terasa nyata.

2. Rancang Kostum Sendiri

Berdandan dengan kostum kreatif memang menyenangkan. Bahkan jika kamu tidak berencana untuk pergi ke pesta Halloween, atau melakukan trick-or-treat, anak-anak akan senang dengan berpura-pura menjadi karakter favoritnya.

Selain itu, mereka akan menikmati kreativitas dalam mencari bahan di sekitar rumah untuk digunakan sebagai kostum. Keluarkan aluminium foil, seprai putih, topi lucu, dan kotak karton untuk melihat kostum seperti apa yang bisa kamu buat!

Ambil beberapa foto kostum kamu dengan anak-anak untuk ditunjukkan kepada teman serta keluarga. Untuk foto Halloween yang bagus, tambahkan pencahayaan oranye, merah, atau ungu di latar belakang!

3 dari 3 halaman

3. Mengukir Labu

Salah satu hiburan Halloween yang paling berkesan adalah mengukir labu! Labu adalah bagian penting dari musim gugur dan perayaan Halloween. Keluarkan perlengkapan ukiran dan perlengkapan dekorasi, rancanglah jack-o-lantern.

Jika kamu sedang malas untuk berkreasi lewat ukiran, kamu bisa mengganti agenda dengan mengecat labu saja.

4. Buatlah Camilan

Puaskan selera manis anak-anak dengan membuat camilan bertema seram. Cobalah membuat kue berbentuk hantu atau muffin laba-laba untuk dibagikan kepada keluarga. Untuk inspirasinya, kamu bisa mencarinya pada mesin pencarian Google.

5. Bagikan Cerita Seram

Tidak ada cara yang lebih baik untuk merasakan semangat Halloween selain dengan bertukar cerita menakutkan. Ceritakan narasi seram yang ramah keluarga untuk anak-anak. Berkerumunlah di sekitar api unggun atau gunakan senter untuk menambahkan efek ekstra menakutkan.

Pesta Halloween tidak akan lengkap tanpa musik untuk membangkitkan semangat si kecil! Monster kecilmu akan bersenang-senang bernyanyi bersama lagu Halloween.

6. Maraton Film Menakutkan Ramah Keluarga

Jika dekorasi, kostum, dan pencahayaan seram belum cukup, kamu juga bisa menonton beberapa film Halloween yang ramah anak! Ambil popcorn dan selimut, nikmati film Halloween klasik yang ramah keluarga bersama anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.