Sukses

5 Jus Buah Segar Penurun Kolesterol Paling Ampuh, Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Kolesterol adalah komponen yang esensial bagi tubuh dalam pembuatan sel dan hormon. Namun, jika jumlahnya melebihi batas yang seharusnya, maka dampak buruk terhadap kesehatan dapat muncul. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, selain menggunakan obat-obatan medis, Anda juga dapat mencoba beragam jus yang berasal dari buah segar.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol merupakan lemak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh  berfungsi untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan fungsi dinding sel dan hormon dalam tubuh. Lemak kolesterol yang normal dalam tubuh adalah berkisar antara 250 hingga 300 mg. Apabila kolesterol yang ada di tubuh melebihi angka normal, maka akan menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol  tinggi. Selain dengan mengonsumsi obat dan terapi medis, ternyata mengkonsumsi jus sayur dan buah-buahan tertentu juga dapat menurunkan kolesterol dengan ampuh.

Melansir dari lama resmi halosehat.com pada Senin, (30/10/2023), berikut rekomendasi jus penurun kolesterol paling ampuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Buah Bit

Jus penurun kolesterol yang pertama yaitu jus buah bit. Buah bit mengandung senyawa batae-yanin yang mampu menurunkan proses oksidasi kolesterol jahat agar terhindar dari penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

Cara mengonsumsi jus buah bit ini sangatlah mudah. Cukup diblender dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3 dari 11 halaman

Buah Apel

Apel merupakan buah dengan kandungan pektin yang banyak. Pektin adalah serat larut yang ditemukan di dalam beberapa buah dan sayur. Pektin dapat membantu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan. Selain itu buah apel juga kaya akan serat larut yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Seseorang bisa mengonsumsi apel dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus. Namun, ketika seseorang akan membuat jus apel, disarankan untuk tidak menambahkan gula ke dalam jusnya.

4 dari 11 halaman

Jus Tomat

Tomat memiliki sejumlah nutrisi yang dapat membantu menangani masalah kolesterol tinggi. Komponen utama yang bermanfaat dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh adalah likopen, sebuah antioksidan yang memberikan warna merah pada buah tomat.

Di samping kandungan likopen, tomat juga mengandung vitamin C, potasium, serta serat yang mendukung pemeliharaan dan pengendalian kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah.

Perpaduan nutrisi ini menjadikan jus tomat sebagai alternatif yang baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengatasi kolesterol tinggi.

Untuk membuat jus yang membantu menurunkan kolesterol ini, langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah mencuci tomat, memotongnya menjadi potongan kecil, dan menghaluskannya dengan menggunakan blender.

5 dari 11 halaman

Buah Mangga

Mangga merupakan buah yang mengandung zat antioksidan kuat yang bernama Zeaxanthin dan beta karoten, Vitamin A, serat, Vitamin B6, Vitamin C Asam folat, Vitamin K dan beberapa mineral penting seperti tembaga, Kalium, Zat besi dan lain-lain. 

Dengan kandungan vitamin dan nutrisi tersebut, mangga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol yang tinggi pada tubuh. Penderita kolesterol bisa mengkonsumsi jus mangga sebanyak satu gelas per hari. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jus mangga terlalu banyak karena dapat memicu peningkatan gula darah.

6 dari 11 halaman

Jus Delima

Rekomendasi jus penurun kolesterol secara ampuh selanjutnya yaitu jus delima. Delima mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lain. Hal ini sangat bermanfaat untuk melindungi jantung termasuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi jus delima tanpa ada tambahan gula. Ha ini karena gula dapat menambah kalori pada jus sehingga manfaat untuk jantung menjadi berkurang.

7 dari 11 halaman

Apakah Jus Sayuran Bisa Menghilangkan Kolesterol?

Melansir dari laman resmi halosehat.com, selain buah-buahan, mengkonsumsi jus sayuran juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Jenis sayuran yang dapat menurunkan kolesterol yaitu sayuran berdaun hijau.

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas, menunda penuaan, dan menjaga pembuluh darah tetap lentur serta sehat.

8 dari 11 halaman

Apa Saja Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi?

Orang yang mempunyai kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya dapat ditandai dengan ciri-ciri berikut ini : 

  • Terdapat benjolan di sekitar mata
  • Sering merasa ngantuk
  • Mengalami stres
  • Kenaikan berat badan
  • Sering kram di malam hari
  • Nyeri dadaNyeri pada tungkai kaki
9 dari 11 halaman

Kolesterol Pantangan Makannya Apa?

Orang yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena sangat berbahaya. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada mentega, keju, dan minyak kelapa. Sedangkan minyak trans biasanya ditemukan pada makanan olahan seperti makanan cepat saji, camilan, kue kering, dan makanan ringan yang digoreng.

Selain makanan yang berlemak, penderita kolesterol juga harus menghindari makanan cepat saji, makanan olahan, dan daging yang berlebihan.

10 dari 11 halaman

Apa Ciri-Ciri Kolesterol Rendah?

Tidak hanya kolesterol tinggi saja yang dapat membahayakan kesehatan, memiliki kandungan kolesterol yang rendah juga tidak baik bagi kesehatan. Ciri-ciri orang mempunyai kolesterol rendah diantaranya adalah, perubahan pada suasana hati, perubahan pada pola makan dan pola tidur, sering merasa kebingungan, gugup, sulit mengambil keputusan, dan merasa jengkel dan gelisah.

11 dari 11 halaman

Apa yang Menyebabkan Kolesterol Naik?

Dalam tubuh manusia, semua mengandung kolesterol atau lemak. Lemak kolesterol yang normal dalam tubuh adalah berkisar antara 250 hingga 300 mg. Namun, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh. Makanan yang tidak sehat diantaranya adalah, makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, seperti kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim atau santan.

Selain makanan, penyebab kolesterol naik juga dapat disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, seperti kurang olahraga, kebiasaan merokok atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini