Sukses

6 Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur dan Cara Mencegahnya

Jika wajah Anda sembap saat bangun tidur, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah atau sering bangun tidur dengan kondisi wajah yang terlihat bengkak daripada biasanya? Jika iya, tidak usah terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Sebab, hal ini menjadi cukup umum dan biasanya disebabkan oleh beberapa aktivitas atau apa yang dikonsumsi di malam sebelumnya.

Namun, wajah bengkak di pagi hari juga bukan menjadi tanda bahwa Anda cukup tidur dan dalam keadaan segar, dan pastinya Anda mungkin ingin mengatasi masalah tersebut.

"Untungnya, sebagian besar kasus bengkak di pagi hari disebabkan oleh perilaku gaya hidup yang mudah diperbaiki," kata Donna Casey, MD, ahli penyakit dalam di Texas Health Presbyterian Hospital Dallas di Dallas, Texas seperti yang dikutip dari Livestrong, Senin (23/10/2023).

Meskipun hal ini sangat umum, tapi dalam beberapa kasus, wajah bengkak di pagi hari bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. Jadi, jangan diabaikan tanda-tandanya.

Lalu, bagaimana Anda tahu apa yang sedang Anda hadapi kalau mengalami wajah bengkak saat bangun tidur? Petunjuk ini dapat membantu Anda mengetahuinya. Selain itu, pelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan wajah bengkak ini.

1. Konsumsi Makanan Manis atau Asin di Malam Sebelumnya

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, wajah yang bengkak bisa disebabkan oleh apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Misalnya, Anda makan pizza atau kentang goreng, atau makan hidangan penutup besar tadi malam?

"Natrium atau gula dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat membuat wajah Anda bengkak di pagi hari," kata Dr. Casey.

Pembengkakan mungkin sangat parah di sekitar mata Anda, juga perut, tangan dan kaki Anda, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol

Alkohol pada awalnya bertindak sebagai diuretik, yang bisa mendorong Anda untuk buang air kecil lebih banyak. Akibatnya, tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk menampung cairan sebanyak mungkin, sehingga membuat wajah Anda terlihat bengkak dan sembap.

3. Waktu Tidur Berlebihan

Ternyata terlalu banyak tidur tidak baik bagi kesehatan. Sebab, bisa membuat Anda tampak tidak segar. 

“Terlalu banyak tidur dapat menyebabkan retensi cairan di wajah,” ucap Dr. Casey.

Selain itu, berbaring dengan posisi tengkurap selama berjam-jam juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di wajah Anda (bukannya ditarik ke arah kaki Anda karena gravitasi). Ditambah lagi, tubuh akan menyimpan lebih banyak air karena Anda tidak buang air kecil.

3 dari 4 halaman

4. Tidur dalam Posisi Tengkurap

"Tidur dengan posisi tengkurap dapat menyebabkan lebih banyak cairan menumpuk di wajah Anda dibandingkan dengan tidur telentang atau menyamping," kata Dr. Casey. Selain itu, Anda mungkin terbangun dengan sakit leher atau punggung juga.

5. Mendekati Waktu Menstruasi

Fluktuasi hormon yang terjadi beberapa hari atau minggu sebelum menstruasi dapat membuat wajah Anda bengkak dan sembap. Begitu juga dengan bagian tubuh lainnya.

Perubahan suasana hati, mudah tersinggung, mengidam makanan, nyeri payudara, sakit kepala, dan kelelahan adalah hal yang wajar. Ini adalah beberapa gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang paling umum, catat American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

6. Anda Mengalami Infeksi

"Infeksi sinus, infeksi gigi, dan bahkan jerawat parah dapat menyebabkan peradangan pada atau sekitar wajah Anda yang menyebabkan pembengkakan," catat Dr. Casey.

Gejala lain akan bergantung pada jenis infeksi yang Anda alami. Infeksi sinus dapat menyebabkan hidung tersumbat dan nyeri atau tekanan di sekitar hidung atau di bawah mata, sedangkan infeksi gigi biasanya menyebabkan nyeri dan sensitivitas pada mulut.

Jerawat biasanya ditandai dengan jerawat merah yang menyakitkan dan mungkin berisi nanah.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Wajah Bengkak di Pagi Hari

Menghindari wajah bengkak di pagi hari sebenarnya tergantung pada apa yang menyebabkan pembengkakan. Namun secara umum, kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko bengkak di pagi hari. Dr. Casey menyarankan beberapa langkah untuk dicoba, antara lain:

  • Perhatikan asupan garam dan gula

Batasi asupan makanan olahan, camilan kemasan, dan makanan atau minuman manis. Makanan ini cenderung tinggi natrium dan gula, yang mendorong retensi cairan dan dapat menyebabkan bengkak.

Oleh karenanya, coba konsumsi makanan yang membantu mengatasi kembung, seperti buah-buahan dan sayuran.

  • Jika ingin mengonsumsi alkohol, lakukanlah dalam jumlah sedang

Alkohol mendorong tubuh untuk menahan lebih banyak air. Tetaplah minum tidak lebih dari satu hingga dua minuman per hari.‌

  • Tetap terhidrasi

Minumlah banyak air sepanjang hari. Terutama jika Anda akan mengonsumsi sesuatu yang asin atau bergula atau jika Anda akan mengonsumsi alkohol.‌

  • Tinggikan kepala saat tidur

Gunakan dua bantal untuk menopang kepala Anda. Hal ini akan mendorong cairan mengalir ke bawah daripada menggenang di wajah saat Anda tidur.‌

  • Tidur yang cukup, tapi jangan berlebihan

Usahakan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko retensi cairan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.