Sukses

7 Bahan Alami Ini Membantu Menghilangkan Karang Gigi, Ada Kulit Jeruk hingga Cengkeh

Berikut ini deretan cara alami menghilangkan karang gigi dan membuat gigi kembali putih bersinar.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit permasalahan gigi dan mulut yang dialami oleh banyak orang. Selain bau mulut, karang gigi adalah sesuatu yang kita takuti. Ini adalah bentuk plak yang lebih buruk dan terjadi ketika Anda melupakan aturan dasar menjaga kesehatan gigi yaitu menyikat, membersihkan gigi, dan membilas. 

Jika karang gigi tidak dihilangkan, karang gigi akan menjadi kasar dan dapat menyebabkan penyakit gusi. Belum lagi sangat tidak enak dilihat saat Anda membuka mulut. Dilansir dari Brightside, Sabtu (14/10/2023) berikut ini deretan cara alami menghilangkan karang gigi dan membuat gigi kembali bersinar.

1. Soda kue dan garam

Mulailah dengan metode menghilangkan karang gigi yang sederhana namun efektif ini. Soda kue adalah bahan kuat yang memiliki efek antibakteri dan juga membantu memutihkan gigi.

Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan sedikit garam dan taruh sebagian campuran ini pada sikat gigi Anda. Sebagai alternatif, tambahkan ke pasta gigi biasa Anda. Jangan menyikat gigi dengan baking soda lebih dari sekali seminggu karena dapat menyebabkan kerusakan enamel.

2. Kulit jeruk

Pernah bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan sisa kulit jeruk? Sekarang Anda tahu. Buah jeruk umumnya baik dalam menghilangkan noda plak karena mengandung asam. Anda bisa langsung menggosokkan kulitnya pada gigi Anda selama 2-3 menit atau membuat pasta dan mengoleskannya pada gigi Anda. Apapun yang Anda pilih, bilas mulut Anda dengan air hangat sesudahnya. Ulangi beberapa kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Biji wijen

Biji wijen bermanfaat dalam banyak hal. Rupanya selain untuk membumbui salad ini juga bisa membantu menghilangkan karang gigi. Mereka bertindak sebagai scrub alami, sekaligus memoles dan membersihkan gigi.

Ambil satu sendok makan penuh biji wijen ke dalam mulut Anda dan kunyah dengan baik. Anda perlu mencoba membuat semacam pasta dan tidak menelannya dalam prosesnya. Kemudian sikat gigi Anda dengan pasta ini dan sikat gigi. Lakukan ini dua kali seminggu.

4. Minyak kelapa

Hal lain yang bisa Anda dapatkan di lemari dapur Anda adalah minyak kelapa. Minyak menyerap kotoran di mulut dan juga memiliki efek antibakteri terhadap mikroorganisme yang hidup di dalamnya. Kumur 1-2 sdm minyak di mulut Anda selama 10-15 menit, lalu keluarkan dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

3 dari 3 halaman

5. Stroberi dan tomat

Baik tomat maupun stroberi kaya akan Vitamin C dan Anda dapat menggunakannya jika Anda tidak menyukai jeruk. Potong salah satunya, buat bubur, dan oleskan pada gigi. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas mulut Anda.

6. Lidah buaya dan gliserin 

Campurkan 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin nabati, 10 tetes minyak esensial lemon, dan 4 sdm soda kue dalam 1 gelas air untuk mendapatkan pasta halus. Sikat gigi Anda dengan pasta ini sekali sehari sampai karang gigi mulai berkurang. Kemudian ulangi setiap 3-4 hari sekali. Lidah buaya membantu penyembuhan gigi dan gusi, dan minyak esensial lemon melawan bakteri. 

7. Cengkeh 

Rempah ini sudah lama digunakan sebagai obat pereda sakit gigi. Ini juga melawan mikroba di mulut Anda. Haluskan cengkeh (atau cari bubuk yang sudah jadi), tambahkan sedikit minyak zaitun, dan oleskan campuran tersebut pada area yang bernoda di gigi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.