Sukses

7 Tips Mencuci Pakaian Gelap Agar Tidak Luntur

Memiliki pakaian gelap, tentu tidaklah mudah dalam merawatnya. Baju dengan warna hitam atau gelap seringkali gampang memudarkan warna saat dicuci. Inilah 7 tips yang dapat kamu terapkan ketika mencuci pakaian gelap, agar warnanya bisa bertahan lama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memiliki pakaian berwarna gelap, pasti kita tidak mau jika warna tersebut menghilang atau luntur, dan ingin mempertahankan warnanya selama mungkin. Dalam hal ini, ada banyak yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan warna dari pakaian gelap tersebut.

Jika sebuah pakaian gelap mulai memudarkan warnanya, seorang pakar laundry Nicole Gibson dari Soka Australia, telah berbagi trik cerdas yang dapat membantu menyelamatkan pakaianmu. Ia mengatakan, kamu hanya perlu dua hingga tiga cangkir kopi hitam, kemudian dituangkan ke dalam ember atau bak berisi air dingin.

“Semakin gelap kopinya, semakin baik hasilnya,” ujarnya dalam caption pada sebuah video pendek yang diunggahnya.

Langkah selanjutnya ialah rendam pakaianmu selama satu malam dan cuci keesokan harinya dengan sedikit deterjen. Langkah terakhir yaitu keingkan di tempat yang teduh.

"Pakaian tersebut mungkin memiliki sedikit bau kopi, jadi keringkan di tempat yang berangin jika ini mengganggu Anda," tambah Gibson.

Merangkum dari Honey Nine, adapun trik lain untuk mencegah pakaian hitam atau gelap agar tidak memudarkan warnanya.

1. Cuci terbalik

Meskipun mencuci pakaian dengan cara yang benar mungkin akan membuat pakaian lebih mudah dilipat, mencuci bagian dalam ke luar akan membuat warna gelap tetap cerah lebih lama.

“Mencuci pakaian dari dalam ke luar memungkinkan bagian dalam pakaianmu terkena dampak paling besar dari gejolak dan pemudaran warna yang terjadi selama siklus pencucian. Hal ini membantu melindungi pewarna luar dari baju atau celana dengan mengurangi gesekan dan kontak, sambil tetap memastikan pewarnaan yang menyeluruh," saran dari merek mesin cuci Whirlpool dalam postingan blog.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Sering Dicuci

Semakin sering kamu mencuci sesuatu, semakin besar kemungkinan pewarna keluar dari pakaian. Jadi cobalah mengangin-anginkan pakaian berwarna gelap, daripada mencucinya setiap kali memakainya.

Jika kamu hanya mengenakan sesuatu dalam waktu singkat, dan tidak berkeringat atau berada di tempat yang sangat kotor, kamu mungkin dapat memakainya kembali sebelum dicuci. Menyimpan pakaian berwarna hitam saat dicuci akan memastikan warnanya tidak luntur pada pakaian yang berwarna lebih terang.

Lalu, jika memiliki handuk hitam baru, Gibson menyarankan untuk mencuci atau merendamnya dengan pakaian hitam lain, karena pewarna mudah luntur dari handuk hitam. Langkah ini bisa menguatkan warna keduanya.

3. Gunakan Air dingin

Saat mencuci pakaian gelap, jangan sekali-kali menggunakan air panas atau hangat, hal ini berisiko lebih besar terhadap pelunturan warnanya. Maka dari itu, gunakanlah air dingin ketika mencuci pakaian berwarna gelap, karena memiliki risiko kecil terjadinya pemudaran warna.

4. Tambahkan Garam

Untuk membantu mencegah warnanya luntur saat dicuci, tambahkan satu sendok makan garam ke dalam mesin cuci. Ini akan membantu mengunci warna dan mencegah pewarna luntur selama siklus pencucian.

3 dari 3 halaman

5. Kurangi Penggunaan Deterjen

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan deterjen untuk pakaian berwarna hitam, yaitu gunakan sedikit saja dan gunakan cairan sebagai pengganti bedak. Deterjen bubuk berpotensi meninggalkan residu pada pakaian sehingga membuatnya terlihat lebih kusam.

6. Keringkan di Tempat Teduh

Mengeringkan dengan udara memang bagus, tetapi sinar matahari merupakan pemutih alami yang dapat memudarkan warna seiring berjalannya waktu, jadi tempat yang teduh adalah pilihan terbaik.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah balik bagian dalam pakaianmu ke luar, dan gantung menghadap matahari. Hal tersebut dapat mengurangi pelunturan warna.

7. Baca tagnya

Saran perawatan terbaik untuk sebuah pakaian selalu terletak pada labelnya. Informasi di sana akan memberi tahu tentang suhu air, siklus pencucian, dan praktik pengeringan terbaik untuk menjaga kualitas dari pakaian tersebut.

Karena itu, kamu harus mulai membaca tiap label dari pakaian yang kamu beli, dan mengikutinya agar pakaian tersebut dapat bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.