Sukses

Tepergok Hoaks, Jamie Lee Curtis Hapus Foto Bela Israel Setelah Diserang Netizen

Jamie Lee Curtis menghapus unggahannya yang mendukung Israel setelah diserang netizen

Liputan6.com, Jakarta Jamie Lee Curtis terpaksa menghapus postingannya yang berisi bentuk solidaritas dengan Israel setelah dituduh melakukan hoaks.

Aktris pemenang Oscar berusia 64 tahun itu telah berbagi banyak konten yang mengungkapkan dukungannya terhadap Israel setelah kelompok militan Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap negara tersebut dari Gaza pada hari Sabtu.

Menurut laporan News.com.au, di antara postingannya terdapat foto anak-anak yang ketakutan menatap rudal di langit, yang diposting Curtis di samping bendera Israel.

“Teror dari langit,” tulisnya, dalam upaya untuk mendorong dukungan bagi negara Timur Tengah itu.

Namun, fotografer di balik gambar tersebut, Samar Abu Elouf, menyatakan bahwa foto tersebut sebenarnya menunjukkan anak-anak Palestina di Gaza, yang terlihat berlari dari bom yang diluncurkan balik oleh Israel.

Elouf membagikan foto yang kuat tersebut di halaman Instagram miliknya, dengan menulis, “Keluarga Palestina mencari perlindungan bersama anak-anak mereka dari Perjalanan Gaza bagian utara ke sekolah-sekolah UNRWA di Kota Gaza. Anak-anak takut dengan suara bom yang mendengarnya selama kehadiran mereka karena peristiwa di perbatasan Jalur Gaza.”

Curtis bukan satu-satunya tokoh penting yang dirisak netizen atas postingannya terkait serangan di Israel. Kylie Jenner juga sempat membagikan foto bendera Israel yang diunggah di akun Instagramnya, dengan pesan, “Sekarang dan selamanya, kami berdiri bersama rakyat Israel!”

Dia dengan cepat menghapus postingan kontroversial tersebut, yang ditampilkan di Instagram Story-nya kurang dari satu jam.

“Bayangkan meminta Kylie Jenner untuk memberi tahu kita lebih banyak tentang konflik politik dan teritorial antara Israel dan Palestina sejak tahun 1948 dan mari kita lihat apa yang dia katakan,” tulis salah satu pengguna Twitter.

“Jika jurnalisme sejati ada, orang berikutnya yang diajak bicara dengan Kylie Jenner akan meminta pendapatnya tentang ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan tidak memutuskan kontak mata sampai dia dapat merangkai satu kalimat yang koheren karena dia ingin terlihat mengambil sikap terhadap 400 juta pengikutnya,” kata yang lain.

“Seseorang meminta Kylie Jenner untuk menunjuk Israel di peta,” tambah yang ketiga.

Selebritas lain yang berbagi postingan pro-Israel termasuk Ashley Tisdale, Sofia Richie, dan Nina Dobre.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Serangan mendadak Hamas

Untuk diketahui, Hamas meluncurkan ribuan roket dari Gaza dalam serangan mendadak yang dimulai pada hari Sabtu, menewaskan ratusan orang dan menawan sejumlah besar orang.

Setidaknya 600 warga Israel telah terbunuh dan lebih dari 2000 orang terluka, menurut media negara tersebut. Di antara korban tewas terdapat 44 tentara.

Pada hari Sabtu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan negaranya “berperang” dengan Hamas ketika mereka memerangi militan di Israel selatan dan melancarkan serangan udara di Gaza.

Di tempat lain, Mayor Jenderal Israel Ghasan Alyan berkata: “Hamas membuka gerbang neraka di Jalur Gaza, Hamas membuat keputusan dan Hamas akan memikul tanggung jawab dan menanggung akibatnya.”

Hamas ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Australia dan banyak negara lain, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

3 dari 5 halaman

Jamie Lee Curtis hingga Gal Gadot, Begini Respons Selebritas Dunia Atas Serangan Hamas ke Israel

Selebritas seperti Jamie Lee Curtis, Gal Gadot, Amy Schumer dan Guy Oseary melalui media sosial berbagi simpati mereka terhadap Israel setelah kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan darat dan udara di Jalur Gaza pada Sabtu pagi.

Media Israel, mengutip pejabat layanan penyelamatan, mengatakan sedikitnya 250 orang tewas dan 1.500 lainnya luka-luka. Ini menjadikannya serangan paling mematikan di Israel dalam beberapa dekade, Associated Press melaporkan Sabtu sore.

Seperti dilaporkan oleh The Hollywood Reporter, Gal Gadot, yang pernah berbicara mendukung Israel di masa lalu, mengunggah tangkapan layar berita yang menyatakan bahwa tentara dan warga sipil Israel telah disandera oleh militan. 

Dalam keterangannya, dia menulis bahwa “setidaknya 250 orang Israel telah dibunuh dan puluhan perempuan, anak-anak dan orang tua disandera di Gaza, oleh kelompok militer Palestina Hamas.”

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

Seperti Ini Cara Hamas Mengakali Iron Dome Israel, Pertahanan Udara yang Hampir Tak Bisa Ditembus

Israel sedang berperang menyusul serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok Hamas. Lebih dari 5.000 roket ditembakkan ke arah Israel dari Jalur Gaza yang dikuasai Hamas hanya dalam 20 menit setelah Israel mengumumkan Operation Al-Aqsa Flood.

Sirene serangan udara di seluruh Israel memecah keheningan pagi dan sistem Iron Dome, salah satu sistem pertahanan udara terbaik di dunia, kembali beraksi. Menurut laporan NDTV, dalam visual yang dramatis, Iron Dome menghancurkan roket di udara dan langit diterangi dengan semburan suar. Namun kali ini, skala serangannya belum pernah terjadi sebelumnya.

Apa itu sistem Iron Dome?

Sistem Iron Dome adalah sistem pertahanan udara jarak pendek darat-ke-udara yang dikerahkan di beberapa wilayah negara untuk melawan serangan roket, mortir, peluru artileri, dan Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) dalam jarak dekat.

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Jika Konflik Hamas dan Israel Menjalar ke Iran, Kenaikan Harga Minyak Dunia Tak Terbendung

Harga minyak dunia melonjak 4 persen ketika konflik Israel-Hamas memasuki hari ketiga menyusul serangan mendadak Israel oleh kelompok militan Palestina tersebut.

Mengutip CNBC International, Senin (9/10/2023) harga minyak berjangka Brent diperdagangkan 4,53 persen lebih tinggi sebesar USD 88,41 per barel pada hari Senin.

Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 4,69 persen menjadi USD 88,67 per barel.

Pada Sabtu 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan infiltrasi multi-cabang ke Israel melalui darat, laut dan udara menggunakan paralayang.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah ribuan roket dikirim dari Gaza ke Israel.

Laporan NBC News menyebut, peristiwa itu menelan setidaknya 700 korban jiwa. Kementerian Kesehatan Palestina sejauh ini mencatat 313 kematian.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.