Sukses

7 Strategi Ini Bantu Kamu Menemukan Tujuan Hidup, Apa Saja?

Individu dengan tingkat kesejahteraan dari rasa memiliki tujuan dan kendali yang tinggi dan perasaan bahwa apa yang kamu lakukan bermanfaat, cenderung akan hidup lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Menemukan tujuan hidup kamu lebih dari sekadar hal klise karena mempelajari cara menjalani hidup dengan tujuan dapat menghasilkan rasa kendali dan kepuasan tertentu. Merasa bahwa apa yang kamu lakukan itu bermanfaat dapat dikatakan merupakan kuncil penting menuju kehidupan bahagia. Namun, maknanya akan berbeda-beda pada setiap orang. 

Lantas, bagaimana strategi yang tepat untuk menemukan dan mengarahkan kemudi kamu di lautan yang terkadang bergejolak ini? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind pada Jumat (06/10/23).

Mengapa Kamu Membutuhkan Tujuan?

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbit di Psikologi Terapan, menemukan bahwa individu dengan tingkat kesejahteraan dari rasa memiliki tujuan dan kendali yang tinggi dan perasaan bahwa apa yang kamu lakukan bermanfaat, cenderung akan hidup lebih lama. Penelitian lain menemukan bahwa kesejahteraan mungkin bersifat protektif untuk pemeliharaan kesehatan. Dalam penelitian tersebut, orang-orang dengan kesejahteraan terkat memiliki kemungkinan 30% lebih kecil untuk meninggal selama periode delapan setengah tahun.

Selain itu, ada juga penelitian yang menghubungkan perasaan seolah-olah kamu memiliki tujuan sebagai hasil dari kesehatan yang positif, seperti lebih sedikit risiko terkena stoke dan serangan jantung, tidur lebih nyenyak, dan risiko demensia serta kecacatan lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Research and Personality menemukan bahwa individu yang memiliki tujuan menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan individu yang merasa seolah-olah mereka memiliki tujuan padahal tidak ada artinya.

Kamu tidak harus memilih antara memiliki kekayaan atau menjalani kehidupan yang bermakna. Kamu mungkin menyadari bahwa semakin banyak tujuan yang kamu rasakan, semakin banyak pula uang yang akan kamu peroleh.

Dengan semua manfaat tersebut, menemukan tujuan dan makna dalam hidup kamu jelas merupakan inti dari kepuasan, tetapi hal itu mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran. Prosesnya pasti membutuhkan banyak refleksi diri, mendengarkan orang lain, dan menemukan di mana letak minat kamu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sumbangkan Waktu dan Rezeki

Apabila kamu dapat memupuk hanya satu kebiasaan bermanfaat dalam mencari tujuan, itu sangat membantu orang lain. Para peneliti di Florida State University dan Stanford menemukan bahwa kebahagiaan dan kebermaknaan sedikit tumpang tindih, tetapi berbeda. Kebahagiaan dikaitkan dengan orang yang menjadi penerima sebelum menjadi pemberi sedangkan kebermaknaan sejalan dengan menjadi lebih sebagai pemberi daripada penerima.

Orang yang memberi dalam suatu hubungan dilaporkan memiliki tujuan kehidupan daripada orang yang hanya menerima. Perilaku altruistik bisa termasuk menjadi sukarelawan untuk organisasi nirbala, menyumbangkan uang untuk kegiatan yang kamu pedulikan atau sekadar membantu orang-orang di sekitar kamu.

Misalnya, kamu memutuskan untuk menghabiskan dua hari dalam sebulan untuk menyajikan makanan di dapur umum atau kamu secara sukarela mengantar tetangga yang lanjut usia ke toko bahan makanan. Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain dapat membuat kamu merasa seolah-olah hidup kamu memiliki makna.

3 dari 5 halaman

2. Dengarkan Setiap Masukan

Terkadang sulit untuk mengenali hal-hal yang membuat kamu bersemangat. Lagi pula, kamu mungkin suka melakukan banyak hal berbeda dan hal-hal yang kamu sukai mungkin sudah tertanam dalam hidup kamu sehingga kamu tidak menyadari betapa pentingnya hal tersebut.

Untungnya, orang lain mungkin bisa memberi kamu sedikit wawasan. Kemungkinan besar kamu sudah menunjukkan hasrat dan tujuan kamu kepada orang-orang di sekitar kamu tanpa menyadarinya.

Kamu mungkin memilih untuk menjangkau orang-orang dan menanyakan apa yang mengingatkan mereka pada kamu atau apa yang mereka pikirkan ketika kamu memasuki pikiran mereka. Apakah orang lain menganggap kamu sebagai penghibur yang hebat atau mereka mengatakan kamu memiliki hasrat untuk membantu orang lanjut usia, mendengar orang lain mengatakan apa yang mereka perhatikan tentang kamu mungkin akan memperkuat minat yang sudah kamu miliki.

 

4 dari 5 halaman

3. Kelilingi Diri Kamu dengan Orang yang Positif

Seperti kata pepatah, kamu adalah perusahaan yang kamu pelihara. Apa kesamaan yang kamu miliki dengan orang-orang yang kamu pilih untuk berada di dekat kamu? Jangan memikirkan rekan kerja atau anggota keluarga yang kamu rasa wajib untuk ditemui. Pikirkanlah tentang orang-orang yang kamu pilih untuk menghabiskan waktu bersama di luar pekerjaan dan di luar acara keluarga.

Orang-orang disekitar kamu mengatakan sesuatu tentang kamu. Apabila kamu dikelilingi oleh orang-orang yang membuat perubahan positif, kamu mungkin bisa mengambil insipirasi dari mereka.

Di sisi lain, bila orang sekitar kamu adalah individu negatif yang menjatuh kamu, mungkin kamu ingin melakukan beberapa perubahan. Sulit untuk merasa bersemangat dan memiliki tujuan ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tidak tertarik untuk memberikan kontribusi positif.

4. Mulai Percakapan dengan Orang Baru

Sangat mudah untuk menelusuri media sosial saat kamu sendirian di kereta bawah tanah atau duduk di coffeeshop menunggu teman. Tahan keinginan itu. Sebaliknya, luangkan waktu untuk berbicara dengan orang-orang di sekitar kamu.

Tanyakan apakah mereka sedang mengerjakan proyek atau apa yang ingin mereka lakukan untuk bersenang-senang. Bicarakan dengan mereka tentang organisasi tempat mereka terlibat atau apakah mereka ingin menyumbang untuk tujuan tertentu.

Meski memulai percakapan dengan orang asing mungkin terasa canggung pada awalnya, berbicara dengan orang-orang di luar lingkaran sosial terdekat kamu dapat membuka mata kamu terhadap aktivitas, tujuan, atau peluang karier yang bahkan tidak pernah kamu duga keberadaannya. Kamu mungkin menemukan aktivitas baru untuk dijelajahi atau tempat berbeda untuk dikunjungi. Aktivitas tersebut mungkin menjadi kunci untuk membantu kamu menemukan tujuan hidupmu.

5 dari 5 halaman

5. Jelajahi Minat Kamu

Apakah ada topik yang sering kamu bicarakan di pembaruan status di Twiter? Apakah kamu rutin membagikan artikel tentang perubahan iklim atau pengungsi? Apakah di Instagram ada foto kamu yang sedang melakukan aktivitas tertentu berulang kali, seperti berkebun atau tampil dalam acara tertentu?

Pertimbangkan percakapan yang paling kamu sukai dengan orang lain saat kamu bertemu langsung. Apakah kamu suka berbicara tentang sejarah? Atau apakah kamu lebih suka berbagi tips menghemat uang terbaru yang kamu temukan?

Hal-hal yang kamu suka bicarakan dan hal-hal yang kamu sukai untuk dibagikan di media sosial mungkin mengungkapkan hal-hal yang memberi kamu tujuan hidup.

6. Pertimbangkan Keadilan yang Mengganggu Kamu

Banyak orang mempunyai tujuan atau proyek yang mereka minati seputar ketidakadilan di dunia. Adakah sesuatu yang membuat kamu begitu tidak senang memikirkannya sehingga sangat mengganggumu?

Mungkin saja kesejahteraan hewan, isu hak-hak sipil tertentu, atau obesitas pada masa kanak-kanak. Mungkin gagasan tentang warga lanjut usia yang menghabiskan liburan sendirian membuat kamu menangis atau kamu berpikir bahwa pengguna narkoba memerlukan lebih banyak kesempatan rehabilitasi.

Kamu tidak harus terlibat dalam tujuanmu secara penuh waktu. Kamu mungkin mendapati karier kamu memberikan kemampuan untuk membantu tujuan yang kamusukai. Atau kamu mungkin menyadari bahwa kamu bisa menyumbangkan waktu untuk memberikan sumbangan pada tujuan yang kamu yakini.

7. Temukan Apa yang Kamu Suka Lakukan

Di sisi lain, sekadar memikirkan apa yang benar-benar kamu sukai dapat membantu kamu  menemukan tujuanmu juga. Apakah kamu benar-benar menyukai teater musikal? Keterampilan kamu mungkin paling baik digunakan dengan cara menghadirkan pertunjukan langsung kepada anak-anak yang dapat memperoleh manfaat dari paparan seni.

Apakah menganalisis data adalah sesuatu yang menurut kamu menyenangkan? Kelompok mana pun dapat menganggap keterampilan tersebut sebagai aset yang sangat berharga. Pertimbangkan jenis keterampilan, bakat, dan minat yang kamu bawa. Kemudian, pikirkan bagaimana kamu dapat mengubah minat kamu menjadi sesuatu yang berarti bagi kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.